Porsche Macan EV Siap World Premiere Pekan Ini di Singapura

Macan EV akan debut global pekan ini, dari Singapura.

Porsche Macan

JAKARTA, Carvaganza - Pekan ini menjadi milestone penting bagi Porsche. Karena salah satu model terlarisnya, Macan, akan lahir generasi terbarunya yang menjadi terobosan bagi Porsche sendiri. Porsche Macan akan hadir dalam versi full electric untuk pertama kalinya.

Ini akan menjadi model SUV pertama dari Porsche yang punya penggerak tenaga listrik sepenuhnya. Kami dari Oto Media Group akan menyaksikan langsung world premiere Macan EV di Singapura, pada 25 Januari 2024.

Porsche Macan terbaru kini mengusung teknologi listrik. Ini telah menjadi rencana jangka panjang Porsche menyongsong era baru kendaraan ramah lingkungan, terutama tren global yang mengalami demam EV dalam beberapa tahun terakhir.

Porsche Macan

Tidak ada yang disembunyikan Porsche. Pada beberapa keterangan resmi, Porsche bahkan sudah membuka selubung spesifikasi yang akan diberikan pada Macan terbaru. Porsche menyematkan baterai lithium-ion pada bagian bawah kendaraan dengan kapasitas 100 kWh. Arsitektur Premium Platform Electric (PPE) 800 volt pada Macan terbaru memungkinkan pengisian daya cepat.

Baca Juga: Hyundai Ioniq 5 N Dapat Paket Performa, Tampang Jadi Ganas

Lewat pengisian DC di stasiun pengisian daya 800 volt mencapai 270 kW. Mobil ini dapat menyerap daya dari 10 hingga 80 persen kurang dari 22 menit pada stasiun pengisian daya 400 volt. Porsche mendesain baterai 800 volt menjadi dua bagian, ini memungkinan pengisian daya lebih efisien hingga 150 kW. Pengisian arus AC sendiri dapat dilakukan hingga 11 kW.

Macan terbaru hadir dengan penggerak empat roda dengan motor belakang yang menjadi sumber daya utama. Motor ini memberikan daya lebih dari 450 kW, atau sekitar 603 hp. Kehadiran Porsche Traction Management juga mengelola torsi lebih dari 1.000 Nm yang dipasangkan fitur Launch Control secara real time pada varian teratas.

Kesenangan berkendara juga didapat dari sistem Porsche Active Suspension Management. Teknologi ini hadir pada peredam dua katup, suspensi udara, kunci transversal rear-axle dan kemudi rear axle dengan sudut kemudi hingga lima derajat.

Porsche Macan

Beberapa komponen PAA antara lain spoiler belakang yang bisa memanjang secara otomatis, penutup pendingin aktif pada lubang udara depan. Ada juga juga variabel bagian bawah bodi mobil yang dibuat rata dan tertutup seperti mobil balap hingga area as roda belakang, tambahan fairing yang fleksibel, membantu mengoptimalkan sisi aerodinamis Macan terbaru.

Bagian interiornya juga menyematkan sisi kemewahan Porsche. Pada beberapa gambar teaser awal, Macan terbaru menghadirkan tiga layar utama pada dashboard. Ukuran meter cluster sebesar 12,6 inci, head unit sebesar 10,9 inci serta kehadiran head up display untuk kemudahan berkendara.

Desain Ikonik

Michael Mauer, Vice President Style Porsche mengungkapkan pengembangan yang diharapkan dari Macan listrik ini. Menurutnya model terbaru berperan penting membentuk identitas produk Porsche utamanya dalam era kendaraan listrik.

Menurut Mauer, setiap sports car punya ciri khas yang menjadi identitasnya, terutama bila berada dalam keluarga Porsche. Tantangannya adalah bagaimana membuat model baru ini terasa sisi kebaruannya. Maka pendekatan yang dipilih adalah "quintessentially Porsche" dan "innovative" yang mengerucut pada kata "Focus", "Tension" dan "Purpose".

"Kami telah menghadirkan generasi pertama pada 2013 dan secara konsisten memberikan pembaruan. Ini membuat identitas Macan dikenal secara global. Misi kami pada tiap produk baru adalah mencapai keseimbangan antara karakteristik desain dan elemen baru. Konsistensi visual penting bagi merek kami. Ini membuat kami bertanya, Seberapa baru produk terbaru ini dan membuat bentuk yang tidak berlebihan namun tepat," ucap Mauer dalam keterangannya, Senin (22/1/2024).

Porsche Macan EV

Lebih lanjut, Mauer mengungkapkan, Porsche tidak akan memberikan terlalu banyak perbedaan antara model listrik dan model bermesin konvensional. Porsche adalah Porsche, ini juga yang membuat tim desain tidak meninggalkan DNA Porsche pada model terbaru Macan.

"Macan baru jelas sekali adalah sebuah Porsche – dan Macan – pada pandangan pertama. Menurut saya, pada dasarnya kami telah mempertahankan proporsi yang, bagi Porsche, menjadi ciri mobil sport di segmennya. Desainnya telah dipertajam baik luar maupun dalam – model baru ini memiliki kesan lebih sporty dan dinamis. Dan kenikmatan berkendara pasti tercermin dari desainnya," ucap Mauer

Tidak sabar untuk melihat kehadiran Porsche Macan EV terbaru. Simak terus laporan langsung world premiere Porsche Macan hanya di Oto.com, Carvaganza.com, dan Zigwheel.co.id, langsung dari Singapura.
(SETYO ADI / WH)

Baca Juga: Mazda6 Stop Produksi Tahun Ini, Fokus Pada Model CX

Pelajari lebih lanjut tentang Porsche Macan

  • Tampak Depan Bawah Porsche Macan
  • Tampak samping Macan
  • Tampak Depan Porsche Macan
  • Tampak belakang Macan
  • Tampak atas Macan
  • Tampak Grille Macan
  • Lampu depan Macan
  • lampu belakang Macan
  • Porsche Macan Drivers Side Mirror Front Angle
  • handle pintu Macan
  • Pelek Macan
  • Knalpot Macan
  • Tampak belakang Macan
Porsche Macan
Rp 2,1 - 2,7 Milyar

Mobil Porsche Lainnya

  • Porsche 911
    Porsche 911
  • Porsche Panamera
    Porsche Panamera
  • Porsche 718
    Porsche 718
  • Porsche Taycan
    Porsche Taycan
  • Porsche Macan
    Porsche Macan
  • Porsche Cayenne
    Porsche Cayenne

Featured Articles

Read All

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Porsche Pilihan

  • Upcoming

Pilihan mobil untuk Anda

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Artikel Feature