Penting! Lakukan 5 Hal ini Saat Serah Terima Mobil Baru

tips how to buy car

JAKARTA, Carvaganza -- Setelah membeli kendaraan, serah terima unit baru adalah saat yang paling membahagiakan. Mobil gress datang ke rumah Anda tentunya menyenangkan. Tapi bukan berarti Anda harus melupakan pengecekan. Jangan sampai Anda kecewa karena ada hal yang kurang saat melakukan serah terima dengan pihak dealer.

Pihak dealer memiliki standarisasi untuk pengiriman unit mobil ke konsumen. Di Mitsubishi, ada proses yang disebut dengan Pre Delivery Inspection (PDI). Dimana dealer harus memastikan unit yang dikirim ke konsumen tidak mengalami masalah dan kondisinya benar-benar baru dan tidak ada masalah sekecil apapun. Konsumen Mitsubishi bisa mengecek proses PDI ini melalui aplikasi aplikasi “My Mitsubishi Motors ID” (MMID). Apabila kondisi kendaraan sudah sesuai, konsumen melakukan checklist “konfirmasi terima kendaraan”.

Proses PDI ini pihak dealer melakukan proses poles bodi kendaraan, pemasangan kaca film dan aksesoris resmi sesuai permintaan konsumen. Jika didapati ada kendala kerusakan atau kekurangan pada kendaraan yang baru dikirim, konsumen berhak meminta penanganan agar kondisi sesuai dengan permintaan. Melalui aplikasi ini Anda juga bisa mengaktifkan garansi kendaraan dengan mudah hanya melalui smartphone.

Tapi Anda sebagai konsumen juga memiliki hak untuk melakukan pengecekan ulang sebelum menandatangani serah terima mobil baru melalui aplikasi MMID ini. Biasanya konsumen terbuai dengan mobil baru yang harusnya bebas dari masalah dan semuanya masih mulus, tapi yang namanya produksi massal tidak mungkin semuanya sempurna. Untuk itu diwajibkan pengecekan sebelum mobil resmi diserahkan kepada Anda sebagai konsumen.

tips how to buy car

Berikut ini beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat serah terima mobil baru dari dealer.

1. Minta pengiriman di siang hari

Memang dari pihak dealer selalu mengutamakan pengiriman mobil ke konsumen di siang hari, namun ada juga karena keterbatasan konsumen harus bekerja sehingga dikirimnya malam hari setelah pulang kerja. Hal ini sebaiknya Anda hindari, usahakan serah terima unit dilakukan siang hari. Tujuannya untuk Anda bisa melakukan pengecekan dengan seksama di saat hari masih terang.

2. Cek seluruh kondisi eksterior

Pastikan Anda melakukan pengecekan di setiap sisi kendaraan, terutama di bagian luar. Periksa apakah kondisi bodi mobil dan cat sesuai ekspektasi Anda. Jika ada yang dirasa kurang memuaskan seperti ada baret atau jarak bodi yang renggang maka Anda bisa langsung tanyakan ke pihak dealer dan meminta pertanggungjawaban dari mereka.

3. Periksa bagian kabin

Setelah memastikan kondisi luar mobil aman, maka jangan lupa cek kondisi bagian dalam kabin. Umumnya mobil baru akan dikirimkan lengkap dengan plastik pembungkus di bagian dalam mobil. Lepaskan semua pembungkus ini untuk memastikan tidak ada noda atau barang yang kurang lengkap. Periksa juga kondisi ban cadangan dan semua kelengkapan buku manual serta toolkit dan APAR ada di dalam mobil.

4. Cek fitur dan lampu-lampu

Berikutnya yang harus diperiksa adalah fitur dan perangkat di dalam mobil berfungsi normal. Cek semua fitur seperti lampu-lampu berfungsi normal, perangkat audio, hingga ke fungsi pendingin atau AC mobil. Jika semua berfungsi normal dan tidak ada bunyi-bunyi atau masalah lain maka mobil bisa dilakukan pengetesan.

Saat proses serah terima ini juga dari pihak dealer wajib untuk memberikan pengetahuan dasar mengenai kendaraan baru kepada konsumen, biasanya mengenai cara pengoperasian, dan fitur-fitur umum. Maka itu Anda sebagai konsumen harus memperhatikan dengan seksama apa saja yang diterangkan dan memastikan semua fitur berfungsi dengan baik.

Untuk proses serah terima mobil Mitsubishi, Anda juga sudah bisa melakukan aktivasi garansi kendaraan secara langsung dari smartphone. Selain bisa melacak proses pemesanan kendaraan sampai serah terima, dengan aplikasi MMID Anda akan dipandu oleh sales yang bertugas untuk aktivasi garansi mobil baru Anda dari aplikasi.

5. Lakukan tes jalan

Sebelum serah terima, cek juga kondisi odometer mobil baru, memang tidak mungkin posisinya berada di 0 km, tapi jarak tempuh yang wajar adalah di bawah 50 km. Jangan lupa tes jalan untuk memastikan tidak ada bunyi-bunyi di sektor kaki-kaki dan juga mesin yang mengganggu.

Terakhir adalah memastikan semua surat-surat seperti STNK dan plat nomor sudah lengkap dan sesuai dengan nomor rangka serta nomor mesin mobil Anda. Pastikan juga data-data yang ada di STNK sesuai dengan data kependudukan Anda, karena jika ada perbedaan maka harus melakukan pengurusan ulang yang memakan waktu dan biaya lagi.

Satu lagi, setelah mobil dinyatakan aman dan Anda sudah melakukan proses serah terima maka jangan lupa untuk membaca buku manual kendaraan ya. Agar Anda memahami jika ada masalah yang terjadi di kemudian hari. Pihak dealer pun akan menjelaskan mengenai hak dan kewajiban pemilik kendaraan sesuai yang tertera pada buku pedoman pemilik kendaraan dan buku service pemilik kendaraan.

Jangan lupa juga untuk melakukan perawatan berkala di bengkel resmi ya agar mendapatkan hak perawatan dan garansi bagi kendaraannya. Apalagi untuk kendaraan Mitsubishi seperti Xpander dan Xpander Cross pasti mendapatkan servis gratis sampai 50 ribu km atau 2 tahun. (SETYO ADI/RAJU)

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Mitsubishi Pilihan

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya