Pengembangan Porsche 911 Hybrid Hampir Rampung, Siap Debut Tahun Ini

Versi hybrid disebut akan hadir di semua varian mesin 911 yang ada saat ini.

Porsche 911 Hybrid

STUTTGART, Carvaganza – Porsche dikabarkan segera merilis model 911 bertenaga hybrid terbarunya pada akhir Mei 2024 mendatang. Hal tersebut sejalan dengan pengujian model tersebut yang dikabarkan rampung termasuk pengujian di Nurburgring yang mencatatakan waktu 7 menit 16,934 detik.

Angka tersebut sekaligus menggugurkan model pendahulunya meski tidak disebut secara spesifik apakah 911 atau 718. Selain itu, teknologi hybrid yang dibenamkan pada 911 terbaru ini diklaim sebagai sistem hybrid yang inovatif dan mampu memberikan respons yang lebih dinamis.

Kehadiran 911 bertenaga elektrifikasi ini merupakan satu dari empat model yang akan diluncurkan Porsche hingga 2027 mendatang. Pabrikan akan berkomitmen untuk mewujudkan jajaran kendaraan yang tidak hanya memiliki performa maksimal tetapi juga menghasilkan emisi nol demi kebaikan lingkungan. Generasi terbaru dari 911 sendiri akan menggabungkan mesin 6-silinder turbocharged yang dipadukan dengan motor listrik yang ditugaskan untuk menggerakan roda depan.

Porsche 911 Hybrid

Selain itu, motor starter juga akan terintegrasi ke dalam gearbox otomotatis yang memberikan peningkatan daya listrik dan tenaga pada performanya. Pabrikan juga mendesain motor listrik berdaya 400 V baru ini dapat menghasilkan cadangan energinya sendiri dengan menggunakan mesin sebagai generator. Ditambah dengan teknis umum kendaraan hybrid seperti penyimpanan daya dari panas dan deselerasi atau pengereman kendaraan.

Baca Juga: Hyundai Ioniq 5 N Memang Kencang, Tapi Juga Punya Kelebihan Berikut Ini

Hal tersebut mungkin terjadi karena pabrikan mendesain secara khusus baterai lithium-ion untuk dibenamkan pada 911 hybrid terbaru. Kapasitas energinya memang dibawah rata-rata kendaraan sejenis seperti Ferrari maupun Mercedes-AMG tetapi baterai ini mampu melakukan pengisian dan pengosongan energi yang cepat. Bahkan pabrikan juga mengklaim teknologi hybrid yang diterapkan ini jauh berbeda dengan Turbo-E Hybrid dan Turbo S E-Hybrid yang saat ini digunakan oleh Cayenne dan Panamera.

“Kami tidak menyia-nyiakan peluang selama pengembangan dan menguji 911 baru dalam berbagai kondisi di seluruh dunia. Dari suhu yang sangat dingin hingga panas yang terik, seperti yang terjadi pada tahap akhir pengujian di Dubai. Baik pada beban drivetrain yang tinggi dalam kondisi yang menantang di jalur pegunungan atau dalam lalu lintas yang macet di lingkungan perkotaan, 911 baru telah mengatasi tantangan tersulit sekalipun dengan penuh percaya diri,” kata Frank Moser, Vice President Corporate Quality at Porsche AG.

Porsche 911 Hybrid

Selain keluarga 911 bermesin hybrid, Porsche juga dikabarkan segera meluncurkan suksesor dari GT2 RS yang mampu menghasilkan tenaga 811 hp. Pengembangan model satu ini juga melibatkan beberapa divisi lain seperti Porsche Motorsport, Rimac dan juga divisi produksi. Meski demikian, pabrikan masih merahasiakan terkait data teknis maupun spesifikasi detail soal seluruh model terbarunya.

Namun sejumlah pihak menduga, 911 Carrera dan Carrera S akan tetap mempertahankan mesin boxer 3.0 liter turbocharged dan dikawinkan dengan sistem hybrid. Sementara jajaran GTS akan mengadopsi mesin 6-silinder berkapasitas 4.0 liter yang disedot secara alami menggantikan unit turbo 3.0 liter. Sedangkan model 911 lain dengan varian berperforma tinggi akan disematkan mesin baru 3.6 liter twin-turbo dan menjadi standar baru di jajaran elektrifikasi Porsche.

Sementara itu, generasi hybrid 911 ini akan masuk dalam versi facelift saja yang berarti tidak ada pembaruan berarti pada bagian interior dan eksterior. Nampaknya pabrikan akan fokus pada pengembangan teknologi hybrid serta pengenalan performa kendaraan dengan nol emisi.
(ALVANDO NOYA / WH)

Baca Juga: GAC Aion Y Plus Meluncur Bulan Depan, Speknya Saingi ZS EV dan Atto 3

Sumber: Autocar

Pelajari lebih lanjut tentang Porsche 911

  • Tampak Depan Bawah Porsche 911
  • Tampak belakang 911
  • Porsche 911 Front Side View
  • Tampak belakang tengah 911
Porsche 911
Rp 3,3 - 5,9 Milyar

Mobil Porsche Lainnya

  • Porsche 911
    Porsche 911
  • Porsche Panamera
    Porsche Panamera
  • Porsche 718
    Porsche 718
  • Porsche Taycan
    Porsche Taycan
  • Porsche Macan
    Porsche Macan
  • Porsche Cayenne
    Porsche Cayenne

Featured Articles

Read All

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Porsche Pilihan

  • Upcoming

Pilihan mobil untuk Anda

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Artikel Feature