GAC Aion Y Plus Meluncur Bulan Depan, Speknya Saingi ZS EV dan Atto 3

Akan lebih dulu diluncurkan sebelum GIIAS 2024, mengisi segmen crossover EV.

GAC Aion Y Plus

JAKARTA, Carvaganza - GAC Aion telah memastikan akan meluncurkan produknya di Indonesia tahun ini, meramaikan deretan pendatang baru dari Cina untuk segmen elektrifikasi. Hadir ke Tanah Air melalui PT Indomobil Energi Baru, model yang disebut akan dilansir yaitu Aion Y Plus, berwujud crossover.

“Rencananya dalam waktu dekat, kami ingin meluncurkan Aion Y Plus, dan saat GIIAS kami akan memperkenalkan produk baru lainnya. Saat peluncuran nanti sudah disertai informasi harga, sehingga konsumen bisa langsung melakukan pemesanan,” ujar Andry Ciu, Chief Executive Officer PT Indomobil Energi Baru, Selasa (20/5).

GAC Aion Y Plus

Spesifikasi dan Fitur Aion Y Plus

Aion Y Plus, yang telah lebih dulu diperkenalkan di Thailand, dijadwalkan akan hadir di Indonesia pada Juni, sebulan sebelum digelarnya GIIAS 2024. Mobil listrik dengan kapasitas lima penumpang ini masih diimpor secara CBU (Completely Built Up). Dengan dimensi panjang 4.535 mm, lebar 1.870 mm, tinggi 1.650 mm, dan wheelbase 2.750 mm, Aion Y Plus menawarkan ruang kabin yang luas.

Di Thailand, Aion Y Plus tersedia dalam dua varian: 490 Elite dan 550 Ultra. Kedua varian ini dilengkapi dengan motor sinkron magnet permanen yang menghasilkan tenaga 150 kW dan torsi 225 Nm. Baterai lithium iron phosphate (LFP) dengan kapasitas 63,2 kWh pada varian 490 Elite memberikan jangkauan hingga 490 km (NEDC), sementara baterai 68,2 kWh pada varian 550 Ultra memberikan jangkauan hingga 550 km (NEDC).

Baca Juga: Restomod Datsun 240Z Ini Pertahankan Aura Klasik, Digarap Selama 2 Tahun

Kecepatan tertinggi Aion Y Plus dibatasi hingga 150 km/jam, dengan akselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 8,5 detik hingga 9 detik. Waktu pengisian daya AC (versi lambat) membutuhkan 9-10 jam untuk mencapai kapasitas penuh, meski detail mengenai jenis soket yang digunakan belum diumumkan.

Desain dan Fitur Interior

Aion Y Plus menampilkan berbagai fitur eksterior canggih seperti LED Headlight dengan DRL dan rear fog light, side mirror dengan indikator lampu sein, power adjustable side mirrors, power folding side mirrors, heated side mirrors, front rain sensing wipers, dan electric hidden door handles.

GAC Aion Y Plus

Di bagian interior, mobil ini dilengkapi dengan I PEDAL (Electronic Pedals), keyless entry, LCD instrument cluster 10,25 inci, layar sentuh 14,6 inci, sistem telepon handsfree Bluetooth, enam speaker, AC otomatis, filter udara (PM2.5), ventilasi AC di baris kedua, setir berlapis microfiber leather, sistem audio & video, setir multifungsi, kursi berlapis PVC leather, kursi pengemudi dengan pengaturan listrik 6 arah, panoramic sunroof dengan tirai elektrik, kursi baris kedua yang dapat dilipat 40/60, ambient light, soket daya 12V di baris depan, port USB di baris depan dan kedua, cermin dalam dengan port USB (5V), dan jendela depan dan belakang dengan one-touch up & down (anti-pinch).

Keamanan dan Keselamatan

Aion Y Plus dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan, termasuk ban serep sementara, sistem pengereman anti-lock (ABS), program stabilitas elektronik (ESP), sistem pemulihan energi pengereman, dual front airbags, front side airbags, side curtain airbags, seat belts dengan force limiters di baris depan, alarm seatbelt, isofix child safety seat anchors, auto hold, sistem kontrol traksi (TCS), sistem pemantauan tekanan ban tidak langsung, cruise control, rear parking sensors, dan kamera 360 HD view.

GAC Aion Y Plus

Persaingan di Pasar

Aion Y Plus merupakan mobil listrik crossover yang akan bersaing dengan model seperti MG ZS EV dan BYD Atto 3 di pasar Indonesia. Berdasarkan desain dan dimensinya, Aion Y Plus juga dapat masuk ke segmen Small MPV Crossover.

Dengan berbagai fitur unggulan dan spesifikasi yang kompetitif, Aion Y Plus diharapkan dapat menarik perhatian konsumen dan memperkuat posisi PT Indomobil Energi Baru di pasar mobil listrik Indonesia.
(ZENUAR YOGA / WH)

Baca Juga: Sedan Listrik Avatr 012 Meluncur Edisi Terbatas Kolaborasi dengan Dior dan Fendi

Pelajari lebih lanjut tentang GAC Aion Y Plus

Featured Articles

Read All

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza