Pemain Baru di Kelas SUV Listrik, Ini Keunggulan GAC Aion Y Plus

Menawarkan konfigurasi kabin yang fleksibel dan fitur canggih melimpah.

Aion Y Plus

JAKARTA, Carvaganza – Pasar kendaraan listrik Tanah Air resmi kedatangan produk kendaraan listrik asal Tiongkok, GAC Aion. Pada masa perkenalannya Aion Y Plus menjadi salah satu model pertama yang diboyong mengisi segmen SUV kompak bertenaga listrik murni. Bahkan pabrikan tersebut telah merilis harga resmi untuk Aion Y Plus yang dimulai dari Rp410 juta – 475 juta untuk dua pilihan varian. Harga tersebut sekaligus mengganggu sejumlah kompetitor lain seperti BYD Atto 3 hingga Omoda E5 yang dijual dengan banderol serupa.

Namun Aion Y Plus tidak hanya menawarkan harga yang kompetitif di kelasnya, ia juga membawa sejumlah kelengkapan yang menarik untuk konsumen. Bahkan secara gamblang, GAC Indonesia menyampaikan fitur dan teknologi yang dibenamkan pada Aion Y Plus telah disesuaikan dengan kebutuhan pengendara di Tanah Air. Berikut ini adalah sejumlah perbekalan yang dimiliki Aion Y Plus untuk bersaing bersaing di segmen SUV kompak bertenaga listrik.

Aion Y Plus

Eksterior

Meski mengisi segmen SUV, namun sentuhan atletis pada eksterior Aion Y Plus ini terbilang minim. Aksen SUV terdapat pada penyematan spatbor berbentuk boxy dan menggunakan aksen gelap kontras dengan warna bodi. Selain itu terdapat pula roof rail di bagian atap yang bisa dimanfaatkan untuk membawa kebutuhan barang bawaan. Sementara keempat rodanya dibalut dengan velg besar berukuran 18 inci menggunakan desain lima palang berkelir hitam.

Baca Juga: Menperin Dukung Neta Jadikan Indonesia Pusat Produksi EV Setir Kanan

Sentuhan lainnya terbilang modern mulai dari fascia depan yang khas dengan kendaraan listrik serta penggunaan lampu depan Angel's Wing yang terintegrasi dengan sein dan lampu siang hari (DRL). Pabrikan menyediakan lima pilihan warna eksterior serta pilihan warna two tone untuk memberikan sentuhan yang lebih modern lagi pada Aion Y Plus.

Aion Y Plus

Interior

Beralih ke interiornya, Aion Y Plus menawarkan ruang kabin yang lega berkat jarak sumbu roda yang mencapai 2.750 mm. Hal tersebut memberikan ruang kaki yang cukup lega hingga 1.022 mm dan meningkatkan kenyamanan penghuni kabin khususnya saat melakukan perjalanan ke luar kota. Di samping itu, Aion Y Plus juga menghadirkan sejumlah material soft touch kulit yang di beberapa bagian kabin seperti lingkar kemudi, dashboard, doortrim hingga seluruh joknya. Bahkan konsumen bisa memilih dua tema interior yang terdiri dari Fairy Wonderland dan Enchanted Forest.

Layanan hiburannya terpusat pada layar berukuran 14,6 inci yang menghadirkan beragam menu mulai dari pemutar musik, radio hingga sambungan ke smartphone melalui Bluetooth. Melalui layar tersebut, konsumen juga bisa mengoperasikan fitur di dalam kabin seperti membuka jendela, pintu bagasi, fungsi ADAS hingga mode berkendara yang terdiri dari Eco, Comfort dan Sport. Selain itu, hadir pula lampu ambient light dengan 32 warna pencahayaan dan 8 tingkat kecerahan yang bisa mengikuti irama lagu. Aion Y Plus juga memiliki konfugirasi pintu baris kedua yang bisa dibuka hingga 90 derajat dan memudahkan akses keluar masuk bagi penumpang ke dalam kabin.

Aion Y Plus

Performa

Pabrikan menghadirkan dua pilihan varian yang terdiri dari Execlusive dan Premium untuk konsumen di Indonesia. Aion Y Plus Execlusive dibekali baterai berkapasitas 50,6 kWh yang mampu berjalan sejauh 410 km. Sementara varian Premium dibekali baterai berkapasitas 63,2 kWh yang bisa diajak berjalan sejauh 490 km dengan sekali pengisian daya penuh. Menariknya di atas kertas, kedua varian tersebut memiliki angka performa yang sama yakni tenaga maksimal 201 hp dan torsi puncak yang mencapai 225 Nm. Aion Y Plus dibekali dengan baterai Magazine LFP Liquid Cooled yang diklaim lebih aman dari kemungkinan terbakar.

Demi menghadirkan pengendaraan yang dinamis, Aion Y Plus juga menghadirkan mode berkendara yang terdiri dari Eco, Normal dan Sport. Bahkan tersedia pula menu i-Pedal yang memungkinkan pengendara melakukan deselerasi dan akselerasi melalui satu pedal akselerator. Melalui peranti tersebut diklaim dapat meningkatkan efisiensi baterai saat melakukan perjalanan jarak jauh maupun dalam kondisi stop & go.

Tersedia pula sejumlah fitur ADAS yang terdiri dari Adaptive Cruise Control with Stop and Go, Traffic Jam Assist, Front Collision Warning, Automatic Emergency Brake, Lane Departure Warning, Lane Keeping Assist. Bahkan tersedia pula fitur keselamatan standar seperti Auto Hold, Traction Control hingga 360 View Camera System untuk melihat kondisi kendaraan.
(ALVANDO NOYA / WH)

Baca Juga: GAC Rilis Harga Aion Y Plus Mulai Rp415 Juta, Jadi Lawan Atto 3 dan ZS EV

Pelajari lebih lanjut tentang GAC Aion Y Plus

  • Tampak Depan Bawah GAC Aion Y Plus
GAC Aion Y Plus
Rp 415 - 475 Juta Cicilan mulai dari : Rp 9,47 Juta

Mobil GAC Lainnya

  • GAC Aion Hyptec HT
    GAC Aion Hyptec HT
  • GAC Aion Y Plus
    GAC Aion Y Plus
  • GAC Aion ES
    GAC Aion ES

Don't Miss

Featured Articles

Read All

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil GAC Pilihan

Pilihan mobil untuk Anda

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza