Pakai Energi Terbarukan, Konsep Pabrik Porsche di Leipzig Jadi Factory of The Year

Konsep smart factory Porsche di Leipzig manfaatkan energi terbarukan untuk operasionalnya.

Porsche Leipzig

LEIPZIG, Carvaganza – Pabrik Porsche di Leipzig meraih penghargaan Factory of The Year dari Kearney, Süddeutscher Verlag Veranstaltungen dan majalah perdagangan Produktion. Pendekatan Smart Factory yang diterapkan di pabrik Porsche ini sukses menghasilkan proses produksi yang efisien dan hemat sumber daya. Di samping itu, lokasi pabrik yang strategis juga dinilai sebagai salah satu poin penting dari keberhasilan Porsche dan menggugurkan 100 pabrik yang ada di dunia.

Pabrik Porsche Leipzig sendiri berada memproduksi seluruh line up kendaraan mulai dari bermesin ICE, hybrid hingga EV. Seluruhnya dilakukan dalam satu line dan menggunakan teknologi yang canggih sehingga dapat memaksimalkan waktu perakitan. Pabrik ini memangkas proses penyambungan sasis dan bodi menggunakan kinerja robotik yang presisi. Selain itu, pemasangan baterai ke mobil listrik juga menggunakan robot dengan kamera yang telah terintegrasi bersamaan dengan sistem pengukuran otomatis untuk memeriksa ulir sekrup.

Sedangkan untuk proses pengecetan, pabrikan menggunakan dua robot yang dapat mengaplikasikan cat ke bodi dalam waktu 70 detik. Termasuk permukaan luar bodi mobil dengan pola garis-garis tipis. Smart Factory yang diterapkan di pabrik Porsche ini juga bertujuan untuk mengurangi dampak buruk pada lingkungan sebanyak mungkin.

Porsche Leipzig

Sejak tahun 2017, pabrik Leipzig hanya menggunakan listrik yang bersumbder dari energi terbarukan. Bahkan dari 2021 lalu, produksi di pabrik Leipzig sudah bebas dari CO2 dan berupaya menerapkan konsep tersebut di seluruh pabriknya pada 2030 mendatang. Sebagian listrik yang dibutuhkan diproduksi oleh pabrik itu sendiri, dengan empat sistem fotovoltaik terpasang dengan total output sekitar 9,4 MWp (megawatt peak).

Baca Juga: Bentley Tunda Debut Mobil Listrik, Hybrid Lebih Banyak Peminat

Selain produksi yang hemat sumber daya, Porsche juga telah membuat komitmen sosial yang luas di sekitar wilayah Leipzig. Produsen mobil sport ini mendukung proyek-proyek di kawasan yang berkaitan dengan pendidikan, kebudayaan, masalah sosial, olahraga dan lingkungan. Strategi pabrik juga mencakup proyek untuk melestarikan keanekaragaman spesies di lokasi tersebut selama lebih dari 20 tahun.

Factory of The Year

Di lahan off-road seluas kurang lebih 132 hektar, pabrik ini menerapkan konsep padang rumput penggembalaan berbasis alam. Selain sapi Heck dan kuda poni Exmoor, Porsche juga telah memperkenalkan sekitar tiga juta lebah madu ke lokasi tersebut, yang kawasan alaminya juga menyediakan ruang hidup bagi banyak hewan dan tumbuhan liar.

Pabrik Porsche di Leipzig mulai beroperasi sejak 2002 silam dan dijadikan sebagai tempat produksi Porsche kedua setelah kantor pusat perusahaan di Stuttgart-Zuffenhausen. Pabrik tersebut merupakan penggerak perekonomian dan menyediakan lapangan kerja di wilayah Jerman tengah. Lebih dari 4.600 karyawan membuat model Macan dan Panamera di sini. Pabrik ini juga merupakan rumah bagi Porsche Experience Center dengan trek bersertifikasi FIA dan jalur off-road.
(ALVANDO NOYA / WH)

Baca Juga: Toyota Janji Hadirkan Lebih Banyak Pilihan Model Elektrifikasi di Indonesia

Featured Articles

Read All

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Porsche Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Artikel Feature