Nissan Silvia Mau Diproduksi Lagi Jadi Mobil Listrik

  • Silvia EV
  • Silvia EV
  • Nissan Silvia

YOKOHAMA, Carvaganza – Berbicara tentang kendaraan JDM pasti kita tidak akan lupa memasukan Nissan Silvia yang pertama kali diproduksi pada 1960. Nissan Silvia pada generasi pertamanya memiliki desain yang cukup ikonik dan memiliki konfigurasi mesin depan 4 silinder serta penggerak roda belakang. Selain itu ia memiliki banderol yang sangat mahal karena dibangun dengan teknik semi handicraft dan unit produksi yang sangat terbatas. 

Setelah sukses pada generasi pertamanya Nissan melanjutkan pengembangan Silvia dengan menggunakan sasis S10 dan mengambil DNA Skyline di era 1970an. Selanjutnya Nissan Silvia dijual ke luar Jepang dengan sasaran pertama pasar Amerika yang menggunakan chassis S14. Meski demikian Silvia tidak meninggalkan desain dasar sebagai sportscar ikonik dengan konfigurasi dua penumpangnya. 

Lebih jauh lagi, belum lama ini Nissan kembali menggegerkan pecinta JDM dengan menghadirkan Silvia yang memiliki tampilan modern. Vice President Design Nissan Eropa, Matthew Weaver yang ditunjuk untuk membuat Nissan Silvia versi modern menampilkan sebuah sportscar yang legendaris namun memiliki desain yang kekinian. 

Silvia EV

Pada versi modernnya ini, Nissan Silvia memiliki garis tubuh yang sangat menonjol dan membentang dari lampu belakang hingga ke bumper depan. Kemudian pada fascia depannya terlihat bilah-bilang grille yang menyatu dengan lampu depan bersegi empat. Pada bagian lain juga terlihat sudut jendela yang dibuat dengan desain coupe dan DNA Silvia masih tetap dipertahankan pada bagian belakang khususnya desain pintu bagasi. Namun desain lampu belakangnya yang sangat tipis membuatnya terlihat jadi lebih modern dan kekinian. 

Baca Juga: Gotcha! Hyundai Ioniq 5 N 2022 Melakukan Pengujian di Nurburgring

Gambar yang masih dalam format rendering ini menampilkan Nissan Silvia dengan desain eksterior yang lebih berani khususnya tampilan pilar A dan B yang menggunakan kelir gelap. Selain itu, berkat penggunaan roda dengan ukuran besar membuatnya terlihat lebih maskulin dengan posisi roda yang terlihat sedikit keluar dari spakbor. 

Meski masih dalam proses pengembangan digital namun tersiar kabar bahwa Nissan Silvia model terbaru ini akan dibekali dengan motor listrik. Oleh karena itu kisi-kisi udara yang biasanya terdapat pada grille dan saluran pembuangan tidak akan tersedia di fascia depan. 

Nissan Silvia

Nissan memang dikenal sedang melakukan pengembangan besar-besaran kendaraan listrik mulai dari Nissan Leaf, Nissan Kicks e-Power dan Nissan EV36 Zero yang diluncurkan pada Juli 2021 lalu. Diharapkan dengan hadirnya Nissan Silvia EV akan melengkapi jajaran kendaraan listrik Nissan di segmen sportscar.
ALVANDO NOYA / WH 

Baca Juga: Bolehkah Mobil Listrik Dicuci Dengan Air? Begini Faktanya

Sumber: MotorTrend

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Nissan Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Review
  • Artikel Feature