Beranda Updates Mobil Listrik VW Cetak Rekor Baru di Nurburgring

Mobil Listrik VW Cetak Rekor Baru di Nurburgring

NURBURG, 7 Juni 2019 – Tahun lalu Volkswagen (VW) membuat geger dunia motorsport dengan memecahkan rekor Pikes Peak International Hillclimb dengan mobil balap listrik ID.R. Setahun berselang, hal yang sama diulangi oleh pabrikan Jerman itu.

Kali ini, VW ID.R menjadi pemegang rekor baru di Nurbugring, Jerman, sebagai mobil listrik tercepat. ID.R berhasil menorekan waktu lap 6 menit 5,336 detik di sirkuit sepanjang 20 kilometer lebih itu.

ID.R berhasil mengungguli rekor mobil listrik tercepat di Nurburgring yang sebelumnya dicetak oleh NIO EP9, dengan margin hingga 40,564 detik.

Dibandingkan dengan ID.R yang digunakan untuk Pikes Peak tahun lalu, ID.R di Nurburgring telah mengalami berbagai modifikasi. Salah satu yang paling menonjol adalah ubahan aerodinamika demi memenuhi tuntutan downforce tinggi di Nurburgring.

VW memecahkan rekor ini dengan mengandalkan kemampuan mengemudi Romain Dumas di balik kemudi ID.R. Dumas, pembalap kawakan yang juga pernah juarai World Endurance Championships bersama Porsche, adalah orang yang sama di balik rekor ID.R di Pikes Peak.

Meski sukses menjadi mobil listrik tercepat, namun ID.R belum bisa menaklukkan rekor tercepat untuk mobil prototipe di Nurburgring. Rekor ID.R masih 14 detik lebih lambat dari milik Porsche 919 Hybrid EVO, yang mencatat rekornya pada tahun lalu.

Dari video on-board yang dirilis VW, tampak ID.R sanggup melahap kencang rangkaian tikungan di Nurburgring dengan mudah. Dibandingkan 919 Hybrid EVO, kelemahan ID.R ada pada top speed saat melalui lintasan lurus panjang, yang hanya mencapai 250 km/jam sedangkan Porsche sanggup menembus 369 km/jam.

Mau lihat videonya? Ini dia…

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza