MINI Listrik Bakal Dirilis Sehabis Lebaran 2022, Begini Prediksi Speknya

MINI Electric

JAKARTA, Carvaganza – Pasar mobil listrik bakal semakin ramai. Yang terbaru datang dari BMW Group Indonesia yang bakal meluncurkan mobil listrik MINI di Tanah Air. Namun Jodie O’Tania selaku Director of Communications BMW Group Indonesia tidak bersedia menyebutkan kapan mobil tersebut akan dirilis berikut detailnya akan seperti apa.

KEY TAKEAWAYS

  • BMW Group Indonesia bakal merilis MINI Electric dalam waktu dekat ini

    Tanggalnya belum bisa dipastikan dan pihak BMW juga belum mengumumkan detail spek kendaraan.
  • Diprediksi berapa tenaga maksimal yang dihasilkan dari motor listrik MINI listrik?

    Sampai 181 hp dan torsi puncak hingga 270 Nm. Motor listrik diset untuk menggerakan roda depan kendaraan.
  • Jodie hanya menyatakan MINI Electric dipastikan dijual di Indonesia setelah Lebaran tahun ini. Ia mengatakan bahwa pihaknya tengah mempersiapkan segala sesuatu terkait peluncuran MINI Electric di pasar domestik.

    "MINI (Electric) sebentar lagi ada undangan (peluncurannya). MINI Electric sebentar lagi meluncur, itu sudah pasti," kata Jodie, di fasilitas BMW Ultima, di kawasan Ciater, Tangerang Selatan, Rabu (27/4).

    MINI Electric

    Di akhir Januari 2022 lalu, Jodie pernah mengumumkan jika pihaknya akan meluncurkan 3 mobil listrik di tahun ini. Rinciannya adalah BMW i4 dan iX, sementara satu lagi adalah MINI Electric. Namun informasi terbaru, BMW Group Indonesia akan memprioritaskan MINI lebih dulu karena pertimbangan stok unit yang dinilai cukup untuk memenuhi demand dari konsumen di Tanah Air.

    "Untuk BMW saya belum bisa kasih informasi kapan, karena ini berkaitan lagi dengan stok dan suplai. Sebab ketika kita ingin meluncurkan kendaraan listrik BMW, seharusnya kita sudah memastikan stoknya cukup untuk pelanggan. Karena jika stok terbatas, kita merasa itu tidak ideal," ujarnya.

    Adapun kendala stok dan suplai dari calon produk listrik dari BMW disebabkan oleh krisis chip semikonduktor. Nah dalam bahasa yang lebih mudah dicerna, daripada tak bisa memenuhi permintaan, pihak BMW Group Indonesia memilih menunda peluncuran dan memilih MINI Electric yang disebut stoknya tersedia sesuai permintaan konsumen.

    Baca juga: MINI Cooper Dapat Facelift, Lebih Modern Tapi Maskulin

    MINI Electric

    Di kesempatan yang sama, Vice President of Customer Support BMW Group Indonesia Ariefin Makaminan menjelaskan jika secara stok MINI Electric mampu mengakomodasi permintaan konsumen. Selain itu pertimbangan lainnya adalah jaringan diler tak sebesar BMW sehingga kualifikasi purna jual bisa dijaga.

    "Bukan hanya chip, tapi jaringan yang coba kita bangun. MINI mungkin lebih cepat dan secara stok ada, dan kedua MINI diler tidak terlalu banyak hanya ada 2 yakni Plaza dan Maxindo. Alhasil untuk melatih sales dan teknisi buat menangani MINI EV lebih mudah. Kalau BMW jaringan lebih besar dan kita mau menjaga aftersales, jangan sampai ketika unit tidak di Jakarta dan mengalami masalah tidak ada yang bisa menangani," pungkasnya.

    Spesifikasi MINI Electric

    MINI Electric dibekali dengan motor listrik yang mampu memproduksi tenaga maksimal sampai 181 daya kuda dan torsi puncak hingga 270 Nm. Motor listrik diset untuk menggerakan roda depan kendaraan.

    Dengan tenaga yang dimilikinya, MINI listrik ini bisa melesat dari 0 hingga 100 km/jam dalam waktu 6,9 detik, dengan kecepatan tertinggi 150 km/jam. Untuk baterainya, MINI Electric akan dibekali dengan baterai berukuran 32,5 kWh.

    MINI Electric

    Untuk mengisi baterai tersebut hingga penuh, akan membutuhkan waktu hingga 4 jam dengan pengisian daya di rumah. Dengan kondisi baterai yang terisi penuh, mobil ini mampu melaju hingga jarak 270 km.

    Adapun untuk fiturnya, mobil bebas polusi itu dibekali dengan sistem infotainment berukuran 6,5 inci yang bisa mengakomodasi Apple Carplay, panggilan telepon, bluetooth, dan kamera mundur. Tak cuma itu, MINI listrik juga dibekali dengan rain sensor, spion samping dengan pemanas, jok kulit dengan kursi depan dilengkapi dengan heater alias pemanas.

    Selebihnya untuk memastikan kenyamanan serta keamanan pengendaranya, MINI Electric sudah disuntik dengan peranti Cruise Control, Active Driving Assistance dengan Forward Collision Warning, sampai Acoustic Pedestrian Warning. (BANGKIT JAYA/EK)

    Baca juga:  Xpedisi Tana Toraja Bersama All New Honda BR-V, Kampung Sutra Pakkanna

    Mobil MINI Pilihan

    Updates

    Artikel lainnya

    New cars

    Artikel lainnya

    Drives

    Artikel lainnya

    Review

    Artikel lainnya

    Video

    Artikel lainnya

    Hot Topics

    Artikel lainnya

    Interview

    Artikel lainnya

    Modification

    Artikel lainnya

    Features

    Artikel lainnya

    Community

    Artikel lainnya

    Gear Up

    Artikel lainnya

    Artikel Mobil dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test

    Artikel Mobil dari Zigwheels

    • Motovaganza