Mini Gantikan BMW i8 Jadi Safety Car Formula E

JAKARTA, Carvaganza – BMW segera merilis Mini Electric Pacesetter sebagai safety car Formula E di Roma 10-11 April mendatang. Kehadirannya sekaligus menggantikan BMW i8 Coupe yang sudah eksis sejak gelaran Formula E pertama. BMW i8 Roadster juga dipakai sebagai safety car selama satu musim pada tahun lalu. Penggantian ini dilakukan lantaran BMW sudah tidak lagi memproduksi i8 secara masal.

Namun kehadiran MINI di ajang balap listrik disambut hangat oleh Chief Executive Officer Formula E, Jamie Reigle, Ia berpendapat bahwa Formula E dan MINI memiliki kesamaan dan bisa menjadi daya tarik tersendiri dalam penyelenggaraan Formula E.

Mini Electric

“ Formula E dan Mini dikenal karena nilai orisinalnya, eksklusif dan tidak dapat diprediksi. Kami juga menantikan MINI untuk memimpin Formula E yang diselenggarakan di kota-kota yang ikonik, mendemonstrasikan kinerja dinamis dan menjadi daya tarik perkotaan dari kendaraan serba listrik,”

MINI Electric Pacesetter merupakan kendaraan yang disesuaikan dengan standar John Cooper Work. Meski dibekali dengan motor listrik, Mini Electric memiliki bobot lebih ringan 130 kg dari versi bensinnya. Selain itu motor listriknya mampu menghasilkan tenaga 182 hp dan dapat berakselerasi 0-100 km/jam dalam 6,7 detik.

Mini Electric

Tampilan pada MINI Electric Pacesetter menyerupai tampang dari Mini Cooper JWC GP bermesin bensin. Sayap belakang dan lengkungan rodanya dibuat lebih lebar dengan sentuhan kendaraan sirkuit di sekujur bodinya. Terdapat modifikasi pada sistem suspensinya serta penambahan tapak ban yang menggunakan Michelin Pilot Sport dengan velg berukuran 18-inci.

Tuningan dan modifikasi tersebut menghasilkan pengendaraan yang proporsional dan dapat diandalkan selama musim Formula E 2021. Sang driver safety car, Bruno Correia berkomentar tentang performa MINI Electric Pacesetter. "Sangat menyenangkan dan kental dengan kesan go-kart feeling," ujarnya.

Mini Electric

Meski demikian selama musim 2021 MINI Cooper Electric Pacesetter tidak akan sendiri. Ia akan berbagi tugas dengan BMW i8 Roadster sebagai safety car. Pasalnya kedua mobil tersebut sempat terlihat pada video demonstrasi yang dilakukan oleh Brooklyn Beckham di Mexico E-Prix 2020.

Kejadian ini serupa dengan yang terjadi di Formula 1 musim 2021, Aston Martin Vantage telah didaulat menjadi Safety Car F1 sepanjang musim bersama dengan Mercedes AMG GT-R. Keduanya  telah dibagi tugasnya, Kapan Aston Martin yang memimpin balap dan kapan pula Mercedes-Benz yang dipilih untuk menjadi safety car.

Mini Electric

Tetapi musim 2021 akan menjadi musim terakhir buat BMW menjadi safety car Formula E. BMW telah lama ikut mengampanyekan Formula E yang dimulai pada 2014 silam. Pada musim 2022, tugas sebagai safety car Formula E hanya akan diemban oleh MINI Cooper Electric Pacesetter.
ALVANDO NOYA / RS

Artikel yang direkomendasikan untuk anda