MG4 EV Kirim Kode Bakal Datang ke Indonesia, Ramaikan Segmen Crossover Listrik

MG4 EV

JAKARTA, Carvaganza - Sebuah model baru yang juga mobil listrik sepertinya akan dihadirkan oleh MG ke Indonesia dalam waktu dekat. Yaitu MG4 Electric yang mulai ditunjukkan oleh MG Motor Indonesia. Model ini akan mewakili segmen baru lagi dari mobil listrik MG.

KEY TAKEAWAYS

  • MG Motor Indonesia isyaratkan akan menghadirkan mobil listrik baru

    Model yang dimaksud adalah crossover MG4 Electric, menyusul diperkenalkannya MG AZ EV dan MG 5 EV
  • Sebelumnya, MG pernah membawa dua model mobil listrik ke Indonesia yaitu MG ZS EV dan MG 5 EV. Keduanya masing-masing mewakili segmen SUV dan sedan estate dengan penggerak bertenaga listrik murni.

    Ini diketahui dari keterangan resmi ATPM tersebut ke meja redaksi yang memperkenalkan produk listrik tersebut. Sebenarnya, kehadiran MG4 Electric sudah terendus semenjak ditawarkan di pasar Thailand yang biasanya dalam waktu dekat akan bisa dirasakan oleh konsumen dalam negeri.

    MG4 EV

    “Ada banyak alasan mengapa orang ingin memiliki electric vehicle namun MG4 Electric memberikan desain aerodynamic two tone roof, high tech digital cockpit dan fitur safety yang mumpuni. Termasuk kemampuan melewat dari diam hinga 100 km per jam dalam waktu 3,8 detik,” ucap Arief Syarifudin, Marketing & PR Director MG Motor Indonesia dalam keterangannya, Kamis (17/11/2022).

    Baca Juga: Jajal Citroen My Ami Buggy, Mobil Listrik Mungil Hanya 50 Unit di Dunia

    MG4 EV adalah produk global elektrik dengan julukan “Global Pure Electric SuperPower Crossover”.  Mobil ini menggunakan teknologi baterai Rubiks Cube yang merupakan penggerak listrik kepadatan daya tinggi dengan arsitektur penggerak belakang dengan lima batang penghubung. Ini yang membuat akselerasi instan kendaraan ini dapat terwujud. 

    Motornya menggunakan tipe permanent magnet synchronous dengan baterai tipe lithium iron phospate. Tenaganya sebesar 270 hp dengan torsi maksimal 250 Nm yang disalurkan ke roda belakang alias RWD. Berdasarkan klaim NEDC, mampu menempuh jarak maksimum 425 kilometer.

    Beberapa teknologi yang diterapkan pada kendaraan ini terhitung advance. Sebut saja platform dengan desain balok triple impact, aplikator kapasitor CPM, dan perlindungan keselamatan baterai yang ditingkatkan untuk keamanan maksimal.

    Soal kenyamanan ini, MG4 EV dapat mengisi baterai dari kondisi 10 persen sampai 80 persen dalam waktu 35 menit. Ini tentu menggunakan pengisian daya superfast dengan kapasitas 150 kW.

    Pengecekan kondisi baterai dapat dilakukan dengan mudah lewat konektivitas telematika telepon genggam. Aplikasi MG iSMART yang ada di smartphone selain memberikan informasi soal baterai juga memberikan informasi soal stasiun pengisan daya terdekat dan mengontrol berbagai fungsi dan akses ke berbagai status MG4 EV. Kehadiran teknologi ini dapat memberikan pengalaman berkendara yang lebih positif dan modern termasuk mengakses kendaraan dengan fitur kunci jarak jauh.

    Desain crossover yang ditawarkan MG4 EV hadir dengan bahasa desain energetic agile design. Tim desain MG berkonsentrasi pada sisi kepraktisan, economic, intelligent dan trendy. MG menawarkan enam pilihan warna yakni Arctic White, Holborn Blue, Black Pearl, Camden Grey, Dynamic Red serta Volcano Orange. 

    Bagian depannya hadir desain U-Shape yang menjadi pusat perhatian dipasangkan dengan lampu utama berteknologi LED berdesain tajam. Bagian atapnya terdapat garis tegas serta twin aero rear spoiler untuk memaksimalkan aerodinamika dan kelincahan di jalan.

    Soal dimensi MG4 EV hadir dengan interior lapang berkat tawaran jarak sumbu roda 2.705 mm serta ukuran baterai yang terbilang tipis untuk menghemat ruang. Desain interior juga turut menyumbang kesan lapang lewat desain floating console. Hiburannya hadir dari layar 10,25 inci yang bisa terhubung dengan telepon genggam lewat fitur Android Auto dan Apple CarPlay. Tidak lupa kenyamanan dari pengisian daya nirkabel di konsol tengah. 

    MG4 EV

    Arief menjelaskan nilai tambah lainnya yang ditawarkan adalah fitur keselamatan berkendara dengan teknologi comprehensive stability system. Ini terdiri dari fitur adaptive cruise control, traffic jam assist, intelligent speed limit assist dengan traffic sign recognition dan sebagainya. 

    “Belum lagi sistem hiburan dengan kamera 360 derajat dan teknologi intelligent car connectivity yang terhubung dengan sistem navigasi, perintah suara, app remote control dan online music yang memberikan kenyamanan tambahan pada pengemudi,” ujar Arief.

    Soal kepastian kedatangan, Arief mengungkapkan pihaknya terus mengeksplorasi kemungkinan mendatangkan MG4 EV di Indonesia. Salah satu indikatornya adalah melihat antusiasme masyarakat Indonesia pada model MG, sehingga kemungkinan tersebut cukup terbuka. Terlebih, model EV ini hadir dengan kemampuan V2L untuk penyediaan sumber daya listrik bergerak untuk kebutuhan sehari-hari.

    “MG optimis MG4 EV akan menjadi mobil global berikutnya termasuk di Indonesia dan menyegarkan pengalaman berkendara kelas global untuk pecinta otomotif Tanah Air dengan mobil listrik murni yang ramah lingkungan,” ucap Arief.

    Di Thailand, MG4 EV ditawarkan dalam dua varian yakni Model X dan Model D. Soal harga belum ada informasi terkait tawaran terhadap kendaraan listrik tersebut. Semoga saja, kehadiran kendaraan EV ini benar-benar terealisasi untuk pilihan yang semakin beragam di pasar otomotif Indonesia.
    (SETYO ADI / WH)

    Baca Juga: Ketahuan Sedang Uji Jalan, Tampang Calon Mercedes-AMG GT Terbaru Kelihatan

    Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

    Mobil MG Pilihan

    • Upcoming

    Updates

    Artikel lainnya

    New cars

    Artikel lainnya

    Drives

    Artikel lainnya

    Review

    Artikel lainnya

    Video

    Artikel lainnya

    Hot Topics

    Artikel lainnya

    Interview

    Artikel lainnya

    Modification

    Artikel lainnya

    Features

    Artikel lainnya

    Community

    Artikel lainnya

    Gear Up

    Artikel lainnya

    Artikel Mobil dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test

    Artikel Mobil dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Review
    • Artikel Feature