Melihat Pabrik MG di Thailand, Basis Produksi Untuk Pasar Indonesia

Pabrik MG Thailand

CHON BURI, Carvaganza - MG Motor memiliki pabrik di Thailand. Fasilitas menyuplai seluruh portofolio yang dijual di Indonesia. Kami pun berkesempatan mengunjunginya di Hemaraj Eastern Seaboard Industrial Estate 2, Chon Buri pada hari Jumat (2/12/2022) lalu. Ia dibangun di atas tanah seluas 700 ribu meter persegi pada akhir 2017.

KEY TAKEAWAYS

  • MG Motor memiliki pabrik di Thailand sebagai basis produksi pasar ASEAN

    Berlokasi di Chon Buri dan memiliki kapasitas produksi sampai 100 ribu unit mobil dalam setahun
  • Lokasi merupakan kawasan Eastern Economic Corridor (EEC), pusat logistik regional ASEAN. Hal itu menjadikannya sebagai global production hub bagi mobil setir kanan MG untuk ASEAN maupun negara lain di Asia. Adapun proses produksi digarap meliputi pembentukan bodi, pengecatan hingga perakitan.

    Di mana selain memanfaatkan tenaga terampil, juga teknologi otomatisasi robotik terbaru. Hal ini memastikan kualitas tinggi, sambil menjaga efisiensi dan presisi tetap maksimal. Tak hanya itu, pabrik mengedepankan penekanan emisi karbon dengan konsumsi energi rendah. Sehingga ia menjadi ramah lingkungan, tanpa harus mengurangi kenyamanan kerja para karyawan.

    Pabrik MG Thailand

    Makin menarik lantaran tatanan pabrik dibuat optimal. Salah satunya seperti menyiapkan ruang makan berbeda bagi tiap divisi. “Kami sengaja menempatkan kantin di masing-masing plan. Contohnya untuk painting. Mereka punya tempat sendiri, agar partikel cat tidak mengontaminasi area lain. Ini menjadi upaya kami dalam menjaga mutu,” ucap Zuo Chen, Marketing and Product Director MG Thailand.

    Baca Juga: Kia EV6 GT-Line Resmi Dijual di Indonesia, Apa Saja Kelebihannya?

    Adapun model dibuat yakni ZS, ZS EV, HS, HS PHEV, MG5, MG4, VS HEV dan Extender. Total kapasitas produksi mencapai 100 ribu unit per tahun. Komitmen MG di Thailand mendapat apresiasi sangat baik dari masyarakat Thailand. Bahkan menempatkan brand dengan DNA Inggris tersebut pada urutan keempat setelah Toyota, Honda dan Mazda saat ini.  Dibarengi capaian tingkat kepuasan pelanggan melalui nilai Customer Service Index (CSI) MG Global 2022 mencapai 881 dari 1.000 point index. Sebuah pembuktian besarnya penerimaan masyarakat terhadapnya.

    Brand asal China ini memang tidak memiliki pabrik di Indonesia. Namun, keberadaan fasilitas di Thailand diharapkan dapat menjadi penguat kepercayaan konsumen Tanah Air. Ditambah riset mendalam, mereka terus berupaya memenuhi kebutuhan konsumen beragam melalui lini lengkap. Hal ini dipertegas oleh Arief Syarifudin, Marketing & PR Director MG Motor Indonesia.

    MG ZS EV

     “Senang sekali kami dapat memperlihatkan secara langsung bagaimana seluruh kendaraan MG dibuat di pabrik yang sangat canggih sehingga produk-produk yang kami hasilkan berkualitas tinggi yang mencerminkan Brit Dynamic. Hal tersebut tentu untuk memastikan  mobil yang dipasarkan bisa meredefinisi ekspektasi dari konsumen secara global termasuk di pasar otomotif Tanah Air,” jelasnya.

    Lebih lanjut, tidak hanya didukung fasilitas produksi canggih, MG Thailand turut memastikan jaringan layanan purnajual mencakup seluruh konsumen. Ini turut menjadi target MG Indonesia, dengan terus menghadirkan dealer-dealer baru di berbagai daerah.

    “Tentu saja itu (jaringan purnajual) jadi perhatian utama juga. Kami terus berusaha menjangkau konsumen di seluruh Indonesia, sehingga mereka semakin mudah mendapatkan pelayanan,” tutup Arief.
    (MUHAMMAD HAFID / WH)

    Baca Juga: Terbatas Dan Berperforma Balap, BMW Resmi Luncurkan M4 CSL Untuk Indonesia

    Featured Articles

    Read All

    Mobil MG Pilihan

    • Upcoming

    Updates

    Artikel lainnya

    New cars

    Artikel lainnya

    Drives

    Artikel lainnya

    Review

    Artikel lainnya

    Video

    Artikel lainnya

    Hot Topics

    Artikel lainnya

    Interview

    Artikel lainnya

    Modification

    Artikel lainnya

    Features

    Artikel lainnya

    Community

    Artikel lainnya

    Gear Up

    Artikel lainnya

    Artikel Mobil dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test

    Artikel Mobil dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Review
    • Artikel Feature