Terbatas Dan Berperforma Balap, BMW Resmi Luncurkan M4 CSL Untuk Indonesia

  • 2022/12/BMW-M4-CSL-Launching-Indonesia-1.jpg
  • 2022/12/BMW-M4-CSL-Launching-Indonesia-7.jpg
  • 2022/12/BMW-M4-CSL-Launching-Indonesia-6.jpg
  • 2022/12/BMW-M4-CSL-Launching-Indonesia-5.jpg
  • 2022/12/BMW-M4-CSL-Launching-Indonesia-4.jpg
  • 2022/12/BMW-M4-CSL-Launching-Indonesia-3.jpg
  • 2022/12/BMW-M4-CSL-Launching-Indonesia-2.jpg

JAKARTA, Carvaganza – Bersamaan dengan peluncuran BMW Seri 3 LCI, kesempatan ini juga dimanfaatkan oleh BMW Indonesia untuk meluncurkan model limited edition. Indonesia resmi kebagian unit BMW M4 CSL, model terkencang yang mereka produksi saat ini. Secara global, model ini hanya diproduksi sebanyak 1.000 unit.

KEY TAKEAWAYS

  • BMW resmi meluncurkan M4 CSL di Indonesia

    Menjadi model produksi paling kencang, dan hanya diproduksi 1.000 unit di dunia
  • Selain Seri 3, peluncuran M4 CSL ini juga bersamaan dengan digelarnya BMW Exhibition di Plaza Senayan, selama tanggal 2-4 Desember 2022. Model ini dihadirkan sebagai hadiah khusus perayaan 50 tahun BMW M, sebagai divisi khusus performa dan balap. Desain dan spesifikasinya sudah sangat mendekati mobil balap.

    Nama varian yang merupakan singkatan dari “Competition, Sport, Lightweight” ini mengandalkan bumbu peningkatan tampilan dan performa mendekati mobil balap untuk BMW M4. Hadirnya M4 CSL menegaskan posisinya yang lebih ganas sebagai mobil sport, di atas M2 CS dan M5 CS. Bahkan BMW klaim mobil ini menjadi produksi mereka yang terkencang saat digeber di Nurburgring Nordschleife.

    BMW M4 CSL

    Spesifikasi M4 CSL mengutamakan pemangkasan bobot sehingga bisa memberikan performa sedekat mungkin seperti mobil balap. Di eksterior, terpangkas bobot sebanyak 3,6 kg dari bagian seperti kidney grille raksasa, lampu belakang, karpet, dan AC otomatis. Pengurangan bobot total M4 CSL sampai 109 kg dari varian standarnya, identik seperti yang terjadi pada M3 CSL dulu di generasi E46.

    Baca Juga: BMW Seri 3 Facelift Meluncur Di Indonesia, Banyak Penyegaran Luar Dalam

    Ubahan tampilan pada eksterior disajikan untuk mengimbangi dan menegaskan statusnya. Fascia depan mendapat grille dengan kisi-kisi yang lebih jarang, dipasangi emblem ‘M4 CSL’. Bagian spoiler ditambahkan splitter untuk menambah downforce di bagian depan. Sementara grafis kuning pada LED DRL hadir sebagai identitas, disertai dua lubang di kap mesin. Velg berdimensi ‘belang’ hadir, dengan diameter 19 inci di depan dan 20 inci di belakang, menggunakan ban Michelin Pilot Sport Cup 2 R.

    BMW M4 CSL

    Bagian samping body kit meliputi side skirt yang juga semakin besar, dengan trim warna mengikuti splitter depan yang diimbuhi strip merah. Ubahan terbesar ada pada bagian belakang, yang kini menampilkan ducktail besar untuk ikut tingkatkan downforce, bukannya sayap besar ala GT. Bentuk diffuser pun demikian, semakin besar mengikuti kebutuhan performa yang dibuat dari serat karbon. Identitas lain dari M4 CSL juga ditandai oleh lampu BMW Laser di belakang.

    Performa mesin enam silinder 3.0 liter twin-turbo membengkak. Tenaganya menjadi 543 hp, naik 40 hp dari M4 standar. Torsinya 649 Nm, berkat turbo boost yang meningkat dari 24,7 psi menjadi 30,5 psi. Transmisi M Steptronic 8-speed menjadi penyalur output mesin ke roda belakang. Akselerasi 0-100 km/jam dapat dicapai dalam 3,6 detik saja.

    Sajian ala balap pada interior, tentu saja kursi penumpang belakang dihilangkan demi menjadi lebih ringan. Jok depan sendiri berubah menjadi bucket seat terbuat dari karbon. Selain maju/mundur, posisi kursi hanya bisa diubah ketinggiannya namun harus di bengkel saat akan dipakai track day memakai helm. Trim karbon semakin intens menghiasi bagian interior seperti di setir dan konsol tengah.

    BMW M4 CSL

    Dikatakan bahwa BMW hanya menghadirkan M4 CSL secara resmi sebanyak 2 unit untuk Indonesia. Harganya sendiri dilabeli Rp4,107 miliar (off the road), yang kemungkinan besar sudah laku terjual.

    “Saya mengundang semua fans dan pelanggan BMW untuk berkunjung ke BMW Exhibition di Plaza Senayan untuk melihat secara langsung sedan legendaris dari BMW dan M4 CSL yang ditampilkan dengan istimewa pada 2 sampai 4 Desember 2022. Anda juga bisa mencoba secara langsung performa berbagai kendaraan BMW terbaru dan mendapatkan penawaran spesial selama BMW Exhibition berlangsung,” kata Jodie O’tania, Director of Communications BMW Group Indonesia.
    (WAHYU HARIANTONO)

    Baca Juga: Kia EV6 GT-Line Resmi Dijual di Indonesia, Apa Saja Kelebihannya?

    Featured Articles

    Read All

    Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

    Mobil BMW Pilihan

    • Upcoming

    Updates

    Artikel lainnya

    New cars

    Artikel lainnya

    Drives

    Artikel lainnya

    Review

    Artikel lainnya

    Video

    Artikel lainnya

    Hot Topics

    Artikel lainnya

    Interview

    Artikel lainnya

    Modification

    Artikel lainnya

    Features

    Artikel lainnya

    Community

    Artikel lainnya

    Gear Up

    Artikel lainnya

    Artikel Mobil dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test

    Artikel Mobil dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Review
    • Artikel Feature