McLaren 765LT Spider Resmi Meluncur Klaim Status Convertible Terkencang

  • McLaren 765LT Spider
  • McLaren 765LT Spider
  • McLaren 765LT Spider

WOKING, Carvaganza – McLaren 720S telah menjadi salah satu masterpiece yang dilahirkan divisi McLaren Automotive sejak aktif memproduksi road car mulai 2011. Kemudian pada 2020, 720S mendapat versi lebih hardcore lewat 765LT, yang mendapat doping performa dan aerodinamika. Setahun berselang sejak debut 765LT, kini McLaren hadirkan opsi atap lipatnya, yaitu 765LT Spider.

Lahirnya 765LT Spider langsung diklaim McLaren sebagai model convertible yang pernah mereka produksi, menawarkan ’level tertinggi keterlibatan pengemudi’ untuk model Longtail dengan orientasi performa di trek. Performa yang ditawarkan tentu sama seperti versi coupe, namun dengan sejumlah penyesuaian dan perbedaan yang diberikan oleh pabrikan.

Masih sama-sama menggendong mesin V8 4.0 liter twin-turbo bawaan 720S, yang untuk 765LT outputnya melonjak menjadi 755 hp dan 799 Nm untuk torsinya. Model yang diproduksi dalam jumlah terbatas ini juga mengadopsi gearbox dual-clutch 7-percepatan sequentials yang bisa dioperasikan via paddle shifter. Dan seperti yang pernah diklaim McLaren, transmisi ini punya perpindahan gigi 15% lebih singkat berkat optimalisasi rasio.

McLaren 765LT Spider

Karena memiliki atap lipat dan segala mekanisme pelipatannya, 765LT Spider punya bobot 1.338 kg, yang lebih berat 49 kg dari versi Coupe. Tetapi dengan bobot tersebut, 765LT Spider masih lebih ringan 80 kg daripada 720S Spider, karena aplikasi material serat karbon lebih ekstensif dan pemangkasan bobot di berbagai area. Akselerasi 0-100 km/jam bisa dilakukannya dalam 2,8 detik.

Baca Juga: Lebih Mahal, Produksi Terakhir Bugatti Divo Dibuat Spesial

Atap convertible dari supercar ini terdiri dari satu potong panel yang memiliki bingkai serat karbon, disertai busa peredam di dalamnya. Saat atap terpasang, McLaren mengatakan bahwa 765LT Spider akan memiliki sel karbon penuh di sekeliling kabin. Karena panel convertible ini, McLaren bisa membuat headroom di kabin lebih lega daripada 765LT versi Coupe, termasuk membuat pilar A lebih menjorok ke depan.

Atap bisa dilipat sambil melaju sampai 50 km/jam, dalam waktu 11 detik, serta suara tidak sampai 60dBA. Kaca belakang punya mekanisme terpisah dari atap lipat, yang bisa dinaikkan atau disimpan sesuai keinginan pengemudi, seandainya ingin lebih menikmati alunan V8 dan knalpot titanium di belakang.

Eksterior 765LT Spider bisa dibilang identik dengan versi Coupe, yang mendapatkan upgrade aerodinamika demi hasilkan downforce lebih tinggi. Aero kit baru hadir pada splitter dan bumper depan, side skirt, lalu seluruh bidang bumper belakang, termasuk sayap aktif lebih panjang yang mengidentitaskan ‘Longtail’. Tentunya ada penyesuaian aero juga di belakang mengingat aliran udara yang dihasilkan berbeda dengan versi Coupe.

McLaren 765LT Spider

Chassis terpusat pada struktur Monocage II-S yang identik juga dengan versi Coupe, namun mendapat tambahan struktur karbon di bagian atas sekitar ruang mesin. Dua struktur penguat tambahan juga terkandung dalam chassis sebagai pelindung ekstra seandainya mobil terbalik.

Bagian interior 765LT Spider tidak ada bedanya dibandingkan Coupe. McLaren menerapkan desain kokpit ringan bermaterial serat karbon, lalu lapisan Alcantara pada jok, dan jaring sekat pengganti kompartemen pintu. Sementara karpet, AC dan sistem audio seluruhnya dihilangkan dari interior demi membuat bobotnya lebih ringan. Bedanya dengan Coupe, fitur AC dan audio masih menjadi opsi untuk 765LT.

Seperti dikatakan, McLaren memproduksi 765LT Spider dalam jumlah terbatas. Menyusul telah laku habisnya versi Coupe, 765LT Spider hanya akan tersedia sebanyak 765 unit untuk seluruh dunia. Harga yang ditawarkan menurut Autocar adalah mulai £ 310.500 alias sekitar Rp 6,241 miliar.
WAHYU HARIANTONO

Baca Juga: Richard Hammond Jual Koleksi Mobil dan Sepeda Motor Langka Miliknya

Sumber: Autocar

Pelajari lebih lanjut tentang Mclaren 720S Spider

Mobil Mclaren Lainnya

  • Mclaren 540C
    Mclaren 540C
  • Mclaren 570GT
    Mclaren 570GT
  • Mclaren 570S
    Mclaren 570S
  • Mclaren 720S Spider
    Mclaren 720S Spider

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Mclaren Pilihan

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya