Mazda Indonesia Siapkan 3 Model Baru Lagi Tahun Ini, Bisa Tebak Apa Saja?

Mazda Baru 2022

JAKARTA, Carvaganza – Line up mobil baru Mazda untuk pasar Indonesia akan bertambah tahun ini, setelah diumumkan oleh PT Eurokars Motor Indonesia (EMI). Setidaknya aka nada tiga model baru lagi yang akan meluncur pada tahun ini, setelah New Mazda CX-5 di bulan April lalu. Ketiga model tersebut akan hadir di tiga segmen yang berbeda.

Saat menggelar Halal Bihalal bersama media di Jakarta, hari Senin (30/5/2022), PT EMI sebagai distributor resmi Mazda mengumumkan hal tersebut. Kita bahkan sudah bisa menebak model apa yang akan diluncurkan, dengan melihat siluet yang ditampilkan pada teaser. Salah satunya terlihat adalah model sportscar Mazda MX-5.

Selain MX-5 yang mewakili segmen sportscar, dua model baru lainnya terlihat akan mengisi segmen SUV dan sedan. Khusus di segmen sedan ini, Mazda akan mengisi kembali ceruk yang sudah lama absen di line up mereka. Teaser ini dipresentasikan oleh Ricky Thio selaku Managing Director PT EMI, saat hadir di acara Halal Bihalal.

Mazda Baru 2022

Mulai dari kelas SUV, siluet yang terlihat tampak mewakili model SUV besar Mazda. Jika CX-5 sudah mendapat penyegaran tahun ini, maka kemungkinan besar yang dimaksud adalah CX-9 atau CX-8. Tebakan terbesar mengarah ke CX-9 mengingat penjualan model ini di Indonesia cukup positif, dan ini akan menjadi kesekian kali CX-9 mengalami penyegaran setelah tahun lalu.

Baca Juga: Mercedes-Benz Tak Lagi Produksi Mobil Transmisi Manual Tahun Depan

Terakhir kali Mazda memberikan penyegaran untuk CX-9 sifatnya minor, hanya sekadar penyesuaian fitur mengikuti model 7th generation. Tapi jika yang diluncurkan adalah CX-8, kemungkinan sifatnya juga minor, mengingat model ini cenderung biasa saja penjualannya. Versi tiga baris dari basis CX-5 juga kemungkinan akan mengalami pembaruan dari sisi fitur.

Lalu model kedua, sportscar, tentu saja MX-5 yang merupakan satu-satunya model Mazda di segmen ini. Khusus untuk pasar Indonesia yang akan dipasarkan masih versi MX-5 RF (Retractable Fastback) karena versi softtop tidak pernah dijual resmi di sini.

New Mazda CX-9 AWD

Yang menarik dari MX-5 ini, dibocorkan oleh Ricky Thio, disampaikan bahwa MX-5 tahun ini akan mendapat opsi transmisi manual. Selama ini MX-5 yang pernah populer dengan nama Miata itu beredar hanya dengan varian transmisi otomatis Skyactiv-Drive, sejak Mazda berada di bawah naungan Eurokars. Hadirnya opsi manual tentu akan menjadi kabar gembira bagi para pecinta sportscar yang berjiwa purist.

Lalu model ketiga adalah sebuah sedan, namun bukan dari keluarga Mazda3 atau Mazda6. Siluetnya menunjukkan dimensi yang lebih kecil dari Mazda3. Dan belakangan ini beredar rumor dan spyshot bahwa Mazda2 versi sedan sudah ada di Indonesia. Jadi kemungkinan besar model ketiga yang dimaksud adalah Mazda2 Sedan yang sudah lama absen di pasar Indonesia.

Mazda2 Sedan terakhir kali dipasarkan saat belum berganti generasi, pada model sebelum generasi Skyactiv. Model lama tersebut diproduksi berbagi basis dengan Ford Fiesta, yang pada masanya juga tersedia dalam versi sedan. Kemungkinan besar Mazda2 akan mendapat tampilan versi facelift yang telah meluncur di Jepang sejak tahun lalu, berikut upgrade dari sisi fitur dan teknologi. Bisa jadi Mazda akan mengaplikasi pembaruan tersebut ke Mazda2 versi hatchback juga.

Mazda2 Sedan

Tidak disebutkan spesifik, namun salah satu dari ketiga model tadi akan diluncurkan jelang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, bulan Agustus mendatang. Model lainnya akan diluncurkan dalam kesempatan terpisah tahun ini.
(WAHYU HARIANTONO)

Baca Juga: Mobil Baru Daihatsu Meluncur Pekan Ini, Prediksi Terkuat Sirion Facelift

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Mazda Pilihan

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Review
  • Artikel Feature