Beranda Updates Maserati Kembangkan Mesin Listrik, Begini Suaranya

Maserati Kembangkan Mesin Listrik, Begini Suaranya

MODENA, Carvaganza.com – Perlombaan membuat mobil listrik tidak hanya milik pabrikan mobil massal. Kalangan supercar dan kendaraan premium pun tak mau ketinggalan. Mereka sudah saling berlomba.

Setelah soal data teknis mobil listrik Ferrari terkuak ke muka publik, pabrikan senegara Kuda Jingkrak, Maserati merilis ‘mobil listrik’ yang akan diproduksi di masa mendatang. Tapi yang baru dipublikasikan kepada publik belum dalam bentuk mobil utuhan, melainkan baru suara mesinnya.

Di dalam press release kepada media, Modena melabeli suara mesin itu dengan judul “The Music Is Changing”. The Trident sudah berpaling kiblat, meskipun agak sedikit terlambat dibandingkan pabrikan massal.

Secara psikologis, pabrikan supercar dan ultra premium memang sedikit ‘melow’ langkahnya dalam pengadaan mesin listrik dibandingkan pabrikan mobil massal. Masih ingatkah Luca Cordero Di Montezemolo? Waktu jadi Chairman Ferrari Ia pernah bilang secara tegas bahwa Kuda Jingkrak tidak akan main di dapur pacu hybrid. Faktanya pada Mei 2019 lalu, Maranello merilis mobil plug-in hybrid yang pertama yakni Ferrari SF90 Stradale.

Maserati pun belum mempublikasikan secara resmi apa nama mobil listrik pertamanya itu. Pabrikan hanya menyebut bahwa Modena sudah melakukan sejumlah uji coba powertrain inovatif yang baru,  yang 100 persen listrik. Teknologi ini dikembangkan di fasilitas risetnya yang baru di Modena.

Seperti Suara Mesin Asli

Selama masa percobaan, kalangan engineer punya target. Suara mesin listrik yang dihasilkan harus memiliki ciri khas tersendiri, sama dengan suara mesin konvensional milik Maserati. Model mobil listrik berlogo Trisula ini nantinya akan memiliki suara mesin yang khas yang membedakannya dengan mobil listrik lain atau supercar listrik lainnya seperti Ferrari SF90 Stradale.

Meskipun bertenaga listrik, pabrikan tidak akan menghilangkan aroma performance, kenyamanan maupun  kemewahan mobil. Ia akan tetap menjadi sebuah Maserati yang sudah memiliki ciri identik dan kultur yang kental.

Pabrikan melakukan pengujian di ragam kondisi jalan baik di jalan raya maupun di test track khusus. Dari situ, diambil data-data untuk pengembangan mobil dan mendefinisikan powertrain listrik baru, yang bakal digunakan pada model-model Maserati di masa mendatang.

Mobil pertama yang bakal mengadopsi mesin listrik 100 persen itu adalah Maserati GranTurismo dan GranCabrio dan akan diproduksi di pabrik di Turin.

Maserati GranTurismo dan GranCabrio (Tipo M145) adalah model grand tourer yang diproduksi dari tahun 2007 sampai 2019. Kehadirannya menggantikan Maserati Coupe dan Spyder yang bermesin V8 dan pintu dua. GranTurismo sendiri dilengkapi mesin V8 4.244 CC dan varian tertingginya adalah GranTurismo McStradale BERMESIN V8 4.691 CC. GrandCabrio pun dilengkapi dengan mesin yang sama dengan GranTurismo, perbedaannya yang mencolok terletak di atapnya yang bisa terbuka.

EKA ZULKARNAIN

 

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Toyota Jadi Brand Otomotif Paling Kesohor Di Dunia, Di atas BMW dan Mercedes

CALIFORNIA, carvaganza.com -  Kita sudah bercokol cukup lama di dunia otomotif, tapi tahu kah apa brand mobil paling terkenal di dunia? Artinya, nama brand...

SPYSHOT: Susul Taycan, Porsche Macan Versi Listrik Mulai Diuji

STUTTGART, Carvaganza.com – Suksesnya Taycan sebagai pionir mobil full electric dari Porsche mendorong mereka semakin seriusi segmen baru ini. Salah satu strateginya adalah dengan...

Mengenal Fitur Keamanan Advanced Grip Control Peugeot 3008 dan 5008 SUV

JAKARTA, Carvaganza -- Musim hujan telah tiba. Memasuki musim penghujan, berarti menghadapi berbagai macam kondisi jalan yang sangat berbeda. Berbagai macam kondisi jalan di...
video

VIDEO: First Impressions Toyota Fortuner Facelift Versi Indonesia

JAKARTA, Carvaganza.com – Di tahun 2020 ini, akhirnya pasar Indonesia juga kebagian versi facelift dari Toyota Fortuner, yang resmi meluncur pada bulan Oktober. New...

MG Motor Indonesia Gandeng 2 Mitra Pembiayaan Baru, Makin Pede Jualan

JAKARTA, Carvaganza -- MG Motor Indonesia terus bergerak memperkuat posisinya di Indonesia. Setelah mengumumkan penunjukan Donald Rachmat sebagai General Director MG MOtor Indonesia sejak...