Lihat Langsung R&D Center dan Pabrik GWM di Baoding, Punya Wind Tunnel Ekstrem

GWM punya fasilitas yang sangat lengkap untuk produksi dan R&D Center di Baoding.

  • 2024/03/Pabrik-GWM-Xushui-2.jpg
  • 2024/03/Pabrik-GWM-Xushui-3.jpg
  • 2024/03/GWM-RD-Center-Baoding-2.jpg
  • 2024/03/Pabrik-GWM-Xushui-4.jpg
  • 2024/03/Pabrik-GWM-Xushui-5.jpg
  • 2024/03/Pabrik-GWM-Xushui-1.jpg
  • 2024/03/GWM-RD-Center-Baoding-1.jpg

BAODING, Carvaganza - Salah satu bagian dari rangkaian perjalanan Oto Media Group bersama Great Wall Motor (GWM) Indonesia di Baoding, Cina, adalah melihat fasilitas pabrik. Tidak hanya melihat area dirakitnya mobil-mobil dari Haval dan saudara-saudaranya, di Baoding juga kami berkesempatan lihat langsung fasilitas di R&D Center GWM yang cukup mengagumkan.

Lewat perjalanan ini, GWM Indonesia ingin menunjukkan keseriusan komitmen mereka dalam meramaikan pasar otomotif Tanah Air. Kedua fasilitas terletak di dua wilayah berbeda kota Baoding, yang merupakan kampung halaman dan kelahiran GWM. R&D Center dan pabrik di Xushui.

R&D Center

Fasilitas satu ini terletak bertetangga dengan Haval Technology Center di Baoding. Bahkan, GWM sampai membangun ekosistem kota yang cukup lengkap untuk berkontribusi kepada masyarakat setempat. Jadi bukan cuma pabrik, di sekitar R&D Center ini GWM juga membangun apartemen, pusat perbelanjaan (mall), sekolah, dan rumah sakit. Bisa dibilang, GWM turut berperan pada kemajuan kota Baoding.

GWM R&D Center Baoding

Kembali ke R&D Center, kami diajak melihat sejumlah fasilitas canggih, yang tidak terbayang dimiliki pabrikan Cina yang nyaris tidak dikenal oleh masyarakat Indonesia sebelum 2023. Fasilitas R&D Center sendiri baru dibangun dan beroperasi pada 2013. Namun sudah bisa disandingkan dengan fasilitas sejenis milik pabrikan dunia lain yang sudah lebih lama eksis.

Baca Juga: Vice President GWM: Kami Harus Berbeda, Kreatif di Pasar Indonesia

Dalam perjalanan ke area tersebut, kerap kami jumpai unit prototipe sedang dites, lengkap dengan kamuflasenya. Sayang pihak panitia melarang kami mengambil gambarnya. Lalu tibalah kami di fasilitas NVH test. Area ini untuk menguji Tingkat NVH (noise, vibration, harshness) setiap mobil yang diproduksi di GWM. Setiap sisi tembok didesain dengan lapisan prisma berpola, untuk menghasilkan kekedapan tinggi. Jadi, setiap suara yang dihasilkan dari operasional kendaraan bisa dideteksi dan diukur dengan presisi.

Di dalam ruang NVH test juga mobil diletakkan di sebuah platform berputar. Lalu terdapat juga antena besar bertegangan tinggi. Fungsinya untuk menguji ketahanan mobil saat terpapar listrik dan gelombang elektromagnetik tinggi. Memastikan setiap komponen vital tetap bisa berfungsi dan melindungi penumpang di dalamnya.

GWM R&D Center Baoding

Fasilitas berikutnya adalah wind tunnel. Sayangnya kembali kami tidak dibolehkan mengambil gambar di sini. Selain untuk menguji efisiensi aerodinamika dari desain mobil, GWM juga membuat fasilitas ini bisa melakukan simulasi cuaca. Jadi selain angin, ruangan wind tunnel bisa menghasilkan cuaca buatan dari suhu beku ekstrem sampai panas ekstrem bagaikan di gurun pasir. Tidak banyak pabrikan di dunia yang punya wind tunnel berkemampuan ini.

Lalu lanjut beralih ke fasilitas Svolt. Area ini dikhususkan untuk pengembangan komponen powertrain elektrifikasi, yaitu baterai. Bisa dibilang ini adalah fasilitas produksi dan riset baterai EV seperti pada umumnya. Yang menarik, adalah bagian di mana tim R&D GWM bisa melacak unit dan lokasi baterai pada mobil milik konsumen, seandainya mengalami masalah.

Jika terdeteksi masalah, sinyal akan dikirimkan agar pihak GWM bisa melakukan penanganan terhadap unit bersangkutan. Secanggih itu hasil pengembangan GWM, agar juga bisa memberikan layanan aftersales yang andal. Ke depannya, GWM akan mengembangkan juga teknologi powertrain bertenaga hidrogen sebagai bagian dari komitmen menjadi pabrikan NEV (New Energy Vehicle).

GWM R&D Center Baoding

Pabrik Perakitan Xushui

Di hari terpisah, giliran kami diajak untuk mengunjungi fasilitas perakitan kendaraan GWM, khususnya Haval. Lokasinya cukup jauh terpisah dari Haval Technology Center. Pabrik ini berdiri di lahan seluas 13 km persegi di sisi utara Baoding, dengan fasilitas yang sangat lengkap hasil investasi senilai 30 miliar Yuan (sekitar Rp64,9 triliun).

GWM membangunnya dengan 5 bagian berbeda; area stamping, welding, spare parts, test track, dan tempat tinggal bagi para karyawan pabrik. Kawasan pabrik sendiri dikelilingi oleh test track dengan ragam bentuk pengujian, termasuk trek oval. Bagian ini akan kami ceritakan dalam kesempatan terpisah nanti.

Efisiensi otomatisasi dan keramahan lingkungan terlihat dari pabrik ini. Meski berlokasi di dataran tinggi yang dingin, pabrik di Xushui tetap memanfaatkan energi terbarukan untuk operasionalnya. Daya Listrik yang dipakai turut berasal dari panas matahari, yang diolah melalui rangkaian panel surya di atap bangunan pabrik. Di dalam jalur perakitan, rangkaian robot cukup mendominasi operasional perakitan. Namun tetap ada tenaga manusia dikerahkan di setiap lini (stamping, welding, painting, assembling, inspection).

GWM R&D Center Baoding

Kemampuan produksi pabrik Xushui diklaim bisa menghasilkan satu unit mobil dalam waktu 53 detik. Jika dimaksimalkan, pabrik ini sanggup melahirkan lebih dari 1 juta unit mobil dalam setahun, seperti disampaikan Vice President GWM ASEAN, Michael Zhang yang turut hadir dalam tur ini. Dalam kunjungan kami, lini produksi yang dilewati adalah untuk Haval H6.

Nah, untuk di Indonesia sendiri GWM belum lama ini telah merilis Tank 500 dan Haval H6 HEV. Setelah merilis produk, akan disusul dengan produksi lokal yang dijadwalkan mulai kuartal ke-2, dengan pabrik yang berlokasi di Wanaherang, Jawa Barat. Lalu seiring berjalan juga disertai dengan peresmian dealer-dealer resmi di Indonesia. Haval dan Tank menjadi fokus GWM di Indonesia saat ini, untuk rangkaian produk NEV.
(WAHYU HARIANTONO)
Laporan dari Baoding, Cina

Baca Juga: Neta Jamin Konsumen Nyaman Mudik Pakai Mobil Listrik

Featured Articles

Read All

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil GWM Pilihan

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza