Lexus Segera Rilis Tiga Model F-Series di Akhir Tahun

JAKARTA, Carvaganza – Gembar-gembor tentang Toyota yang akan berhenti memproduksi mesin berkonfigurasi V8 rasanya tidak berlaku untuk semua modelnya. Pasalnya jika hal tersebut dilakukan dan diterapkan pada model Lexus rasanya konsumen akan merasakan performa yang hambar. Rencana tersebut langsung dibuktikan oleh rencana Lexus yang akan merilis tiga keluarga baru F-series dengan mesin V8.

Dikutip dari thedrive.com, Lexus akan meluncurkan IS F, LS F dan LC F coupe pada November 2021. Model yang paling pertama dirilis adalah IS F dan akan berbeda dengan IS 500 yang sudah dijual. Karena, Lexus IS F dibekali dengan V8 5.0-liter serupa dengan yang dimiliki oleh Lexus RC dan LC 500. Mesin tersebut dapat memuntahkan tenaga maksimal 474 hp dan torsi 535 dan rumornya akan menggunakan transmisi otomatis 10-percepatan atau 8-percepatan.

Untuk model flagshipnya yakni Lexus LS F dan LC F coupe, akan menyusul diluncurkan pada tahun yang sama setelah IS F. Kedua model tersebut akan menggunakan mesin yang sama yakni V8 4.0-liter Twin-Turbo bertenaga 661 hp dan torsi 650 Nm. Mode yang paling tinggi Lexus LC F Coupe akan memberikan performa yang lebih maksimal karena terdapat tuningan tambahan pada sasisnya. Namun mesin yang digunakan pada LS F dan LC F itu juga akan digunakan oleh Lexus LS yang diluncurkan pada Juli mendatang.

Lexus LC 500h 2020

Lexus F sendiri merupakan divisi yang khusus menghasilkan kendaraan-kendaraan berperforma tinggi di jajaran model Lexus. Tentu saja varian ini akan menjadi nilai tambah bagi para pecinta mobil-mobil super kencang yang menggunakan badge Lexus.

Di Indonesia, Lexus menghadirkan berbagai model dari segmen SUV, MPV hingga supercarsnya LC Coupe. Semoga setelah diluncurkan pada November mendatang, ketiga varian tersebut juga akan menyambangi pasar tanah air.

Selain itu, ada kabar bahwa Lexus juga akan segera merilis salah satu crossover mewahnya yakni seri LF atau LQ. Dikutip dari Best Car, crossover besutan Lexus itu akan dibanderol dengan kisaran harga USD 140.000 – USD 190.000. Mesin yang digendong kabarnya mampu menyaingi performa Lamborghini Urus namun dengan harga yang lebih terjangkau. Setelah resmi diluncurkan, Lexus LF atau LQ ini diklaim memiliki performa lebih baik dari jajaran SUV Lexus saat ini.

Tahun lalu Toyota Group memang mengumumkan akan menghentikan produksi mesin V8 pada jajaran mobil Toyota. Salah satu kendaraan yang terkena imbasnya adalah SUV andalannya, Toyota Land Cruises. Meskipun berbagi platform dengan model Lexus, Toyota Land Cruiser 2021 harus merelakan mesinnya diubah menjadi V6. Selain LC, model-model lain seperti Toyota Tundra dan Sequoia juga beralih ke mesin yang sama. (ALVANDO NOYA/EZ)

Sumber: thedrive.com

Artikel yang direkomendasikan untuk anda