Lamborghini Siapkan Dua Supercar V12 Baru nan Misterius untuk Tahun Ini

BOLOGNA, Carvaganza – Eksistensi supercar bermesin V12 oleh Lamborghini akan terus sebisa mungkin dipertahankan. Meski Aventador hampir 10 tahun beredar, Lamborghini masih punya dua model lagi bermesin V12 untuk diluncurkan pada tahun ini. Walaupun Huracan dan Urus telah menjadi volume maker, Lamborghini ingin supercar V12 tetap menjadi highlight mereka.

Dalam sebuah press release resmi yang pabrikan Italia ini sampaikan tentang performa finansialnya selama tahun 2020, disebutkan isyarat model baru untuk 2021. Dua model baru disebutkan pada bagian akhir press release tersebut. Saat ini, Lamborghini punya Aventado beserta rangkaian variannya dan Sian FKP 37 sebagai keluarga model bermesin V12.

“Tahun ini, Huracan STO akan disusul dua produk baru lainnya, berbasis pada mesin V12 yang ikonik,” tulis peryataan Lamborghini pada press release tersebut. Sayangnya, tidak disebutkan jelas dan detail soal dua model baru ini. Jika boleh menebak-nebak, kemungkinan besar model yang dihadirkan adalah hasil pengembangan lebih lanjut dari Aventador atau model edisi khusus atau eksklusif.

Lamborghini SC20

Aventador sendiri sampai saat ini belum ada tanda-tanda pasti untuk segera digantikan dengan model generasi penerusnya. Terlebih setelah belakangan ini beredar spyshot sosok Aventador yang sedang diuji jalan, namun dengan beberapa bagian eksterior yang bereda dan belum pernah terlihat sebelumnya. Sosok misterius itu tertangkap kamera pada bulan Agustus.

Pada sosok prototipe tanpa kamuflase itu, terlihat eksterior Aventador punya desain berbeda pada kap mesin yang ada di bagian belakangnya. Bentuknya tidak seperti desain konvensional Aventador, melainkan hanya dihiasi panel serat karbon dan sebuah palang berbentuk X di atas mesinnya. Bentuk bumper belakang dan diffuser pada mobil ini juga terlihat berbeda daripada Aventador standar.

Tampak terpasang dua buah pin kap mesin pada cover mesin, serta konfigurasi knalpot yang mirip dengan milik Aventador SVJ. Rangkaian foto spyshot ini bisa ditemui melalui unggahan akun @lamborghini_dutch di Instagram.

Satu calon model baru sudah ketahuan sosoknya, tinggal menunggu konfirmasi atau peluncuran oleh Lamborghini. Sementara satu model V12 lainnya, masih menjadi teka-teki. Seperti dikatakan di atas, kemungkinan model V12 kedua untuk tahun ini adalah model eksklusif atau edisi khusus yang diproduksi dalam jumlah terbatas. Bukan tidak mungkin malah model kedua ini hanya sebanyak satu unit, pesanan khusus seorang konsumen super-kaya, seperti Lamborghini SC20.

Aventador

Rumor lainnya, Lamborghini tahun ini mempersiapkan diri untuk perayaan anniversary ke-50 lahirnya prototipe Countach sejak Geneva Motor Show 1971 lalu. Edisi khusus perayaan usia emas Countach versi prototipe ini bisa juga diwujudkan melalui Aventador edisi khusus. Rumor lebih lanjut, jumlah unit yang akan dibuat hanya 100 unit saja.

Tahun lalu, pabrikan berlambang Banteng Menyeruduk ini meluncurkan SC20 yang dibangun berbasis Aventador. Supercar bertampang speedster itu hanya dibuat satu unit, legal di jalan raya, dan punya performa lebih buas. Saatnya kita menerka-nerka seperti apa wujud supercar V12 baru Lamborghini untuk tahun ini.
WAHYU HARIANTONO

Sumber: Carscoops

Artikel yang direkomendasikan untuk anda