Kupas Spesifikasi GAC Aion Y Plus, Crossover Listrik Dengan Kabin Sangat Lega

Harga akan diumumkan pada bulan ini, diprediksi kuat sekitar Rp400 juta.

  • 2024/06/GAC-Aion-Y-Plus-7.jpeg
  • 2024/06/GAC-Aion-Y-Plus-2.jpeg
  • 2024/06/GAC-Aion-Y-Plus-8.jpeg
  • 2024/06/GAC-Aion-Y-Plus-9.jpeg
  • 2024/06/GAC-Aion-Y-Plus-4.jpeg
  • 2024/06/GAC-Aion-Y-Plus-5.jpeg
  • 2024/06/GAC-Aion-Y-Plus-6.jpeg
  • 2024/06/GAC-Aion-Y-Plus-3.jpeg
  • 2024/06/GAC-Aion-Y-Plus-1.jpeg
  • 2024/06/GAC-Aion-Y-Plus-11.jpeg

JAKARTA, Carvaganza – GAC Aion Y Plus akan segera meluncur di Indonesia melalui ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), pada Juli 2024. Mobil listrik ini akan bersaing dengan rival seperti Wuling Cloud EV, BYD Atto 3, MG 4V, dan MG ZS EV.

GAC Indonesia telah mengundang media untuk melihat langsung unit Aion Y Plus serta mengungkapkan beberapa spesifikasi untuk pasar Indonesia. Meski belum secara detail, informasi awal sudah cukup menarik perhatian.

Desain dan Kabin

GAC Aion Y Plus memiliki konfigurasi 5 penumpang dengan kabin yang lapang. Baris kedua menawarkan ruang lutut hingga 1.022 mm, terluas di kelasnya. Uji coba menunjukkan kenyamanan bagi penumpang dengan tinggi 175 cm, dengan jarak lutut ke kursi depan masih menyisakan 20 jari dan ruang kepala bebas hingga 8 jari.

GAC Aion Y Plus

Dimensi dan Varian

Aion Y Plus memiliki dimensi panjang 4.535 mm, lebar 1.870 mm, tinggi 1.650 mm, dan wheelbase 2.750 mm, lebih besar dibandingkan Wuling Cloud EV. Mobil ini hadir dalam dua varian: Exclusive dengan baterai LFP 50,66 kWh untuk jarak tempuh 410 km (NEDC), dan Premium dengan jarak tempuh 490 km (NEDC). Kedua varian menggunakan motor Permanent Magnet Synchronous dengan tenaga 150 kW (201 hp) dan torsi 225 Nm, disalurkan ke roda depan dengan akselerasi 0-100 km/jam dalam 8,5 detik.

Baca Juga: Sudah Ditunjuk Jadi Armada Taksi di Indonesia, Simak Spesifikasi MPV Listrik BYD M6

Pengisian Daya

Belum ada detail tentang tipe port charging, namun di Thailand, Aion Y Plus menggunakan CCS2-Type 2. Pengisian daya DC dari 20% ke 80% memakan waktu 45 menit, sedangkan pengisian AC normal memerlukan waktu 9-10 jam.

Fitur dan Akomodasi

Mobil ini dilengkapi 'Sofa Mode' pada jok, memungkinkan pengaturan kursi depan menjadi datar. Konsol tengah memiliki dua cup holder, dua ruang penyimpanan tertutup, dan tempat penyimpanan di door trim. Baris kedua juga dilengkapi armrest dengan dua cup holder. Pelipatan bangku belakang 60:40 memberikan kapasitas angkut hingga 1.200 liter.

Kaki-Kaki dan Desain Eksterior

Aion Y Plus menggunakan suspensi MacPherson Strut di depan dan Torsion Beam di belakang, dengan velg berukuran 18 inci dan profil ban 215/50. Desain velgnya sporty dengan warna gun metal, menambah kesan crossover dengan over fender dan roof rail.

GAC Aion Y Plus

Kelengkapan Fitur

Mobil ini dilengkapi head unit 14,6 inci, MID Cluster 10,25 inci, Panoramic Sunroof dengan Electric Sunshades, dan berbagai fitur keselamatan seperti ABS, ESP, EBD, airbags, Auto Hold, ISOFIX, Traction Control, Cruise Control, 360 HD View Camera, Rear Parking Sensor, dan TPMS. Fitur interior termasuk I-Pedal, Keyless Entry, Automatic AC, Multifunction Steering Wheel, Ambient Lights, 12V Power Outlet, dan USB Port di baris depan dan belakang. Fitur eksterior mencakup LED Headlights, DRL, Rear Fog Light, Electric Hidden Door Handles, Tail Light LED Stop Lamp, dan High Mount Stop Lamp.

Fitur ADAS

Aion Y Plus untuk pasar Indonesia juga akan dilengkapi fitur keselamatan ADAS (Advanced Driving Assistance System), namun detail spesifiknya belum diungkapkan.

Harga dan Peluncuran

GAC Indonesia belum mengungkapkan harga resmi Aion Y Plus, namun diperkirakan akan menarik bila ditawarkan di kisaran Rp400 jutaan. Mobil ini berpotensi menjadi pilihan menarik di segmen kendaraan listrik di Indonesia, terutama dengan peluncuran resminya di GIIAS 2024.

Dengan semua fitur dan spesifikasi unggulan, GAC Aion Y Plus siap menjadi pilihan menarik bagi konsumen Indonesia yang mencari kendaraan listrik ramah lingkungan dan berteknologi tinggi.
(BANGKIT JAYA / WH)

Baca Juga: Harga Terjangkau, Kenali Fungsi 9 Fitur ADAS Neta V-II

Pelajari lebih lanjut tentang GAC Aion Y Plus

  • Tampak Depan Bawah GAC Aion Y Plus
GAC Aion Y Plus
Rp 415 - 475 Juta Cicilan mulai dari : Rp 9,47 Juta

Mobil GAC Lainnya

  • GAC Aion Hyptec HT
    GAC Aion Hyptec HT
  • GAC Aion Y Plus
    GAC Aion Y Plus
  • GAC Aion ES
    GAC Aion ES

Don't Miss

Featured Articles

Read All

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil GAC Pilihan

Pilihan mobil untuk Anda

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza