Aston Martin Produksi Motor Balap, Hyperbike Bertenaga 180 Hp

Aston Martin AMB 001

JAKARTA, CARVAGANZA – Salah satu produsen mobil paling berpengaruh di dunia, Aston Martin, memerkan sepeda motor berperforma tinggi pertamanya. Terkenal dengan mobil jenis Grand Tourer yang sensual, produsen mobil sport asal Inggris ini menerjemahkan bahasa desain ikoniknya ke dalam wujud sepeda motor.

Bekerja sama dengan produsen sepeda motor berkelas dunia asal Inggris, Brough Superior, AMB 001 yang merupakan superbike khusus lintasan balap diproduksi secara terbatas lahir. Kalau Anda belum kenal, Brough Superior adalah Roll-Royce-nya sepeda motor.

Memang Aston Martin sendiri mengaku tidak berniat serius bergelut memproduksi dan memasarkan sepeda motor. AMB 001 diciptakan sebagai penggambaran penampilan mewah ciri khas Aston Martin yang direplikasi menjadi sepeda motor.

Aston Martin AMB 001

Performa

Mesin dengan teknologi forced induction pertama kali diperkenalkan untuk sepeda motor oleh Kawasaki H2. Terinspirasi dari performa sepeda motor berperforma tinggi itu, Brough Superior meracik sendiri mesin 997 cc V-twin dengan supercharger dan turbocharger. Hasilnya tenaga sebesar 180 berhasil digenerasikan untuk meluncurkan motor yang bobotnya Cuma 177 kg saja ini. Catatan ini menempatkan AMB 001 masuk dalam kategori hyperbike.

Komponen tintanium dan serat karbon banyak digunakan. Mesinnya ini dipadukan dengan transmisi 6-speed oleh APTC clutch. Semetara itu engine cover menggunakan material aero-grade alloy dan exhaust manifoldnya terbuat dari inconnel. Material alumunium yang hebat.

Aston Martin AMB 001

Desain dan aerodinamika

Punya performa yang begitu brutal, komponen aerodinamika yang ekstensif dibutuhkan untuk menjejakkan hyperbike ini ke aspal. Makanya Aston Martin mendesain sepeda motor yang cantik ini dengan banyak lekukan. Komponen aero dinamika motor ini banyak yang terbuat dari stainless steel dengan ketebalan 9 micron yang juga dipakai oleh hypercar Aston Martin Valyrie.

Sementara itu bodinya yang mebgalir dari bagian depan hingga ke belakang terbuat dari material carbon fiber. Garis desainnya terinspirasi dari mobil-mobil Aston Martin yang tampan. Termasuk desain tangki bensin yang ramping.

Aston Martin AMB 001

Aston Martin sangat memperhatikan desain sepeda motor ini hingga ke detail terkecil. Contohnya, emblem Aston Martin dicetak menggunakan teknologi laser cut ke bodinya. Selain menghemat bobot, cara ini juga sukses membuat permukaan bodinya tetap mulus untuk aerodinamika yang tanpa hambatan.

Joknya istimewa karena material kulit mewah dijahit dengan tangan secara spesial. Walaupun tipis, namun jok modern ini mungkin jadi salah satu saddle sepeda motor balap paling nyaman yang pernah ada. Warna joknya ini pun dibuat kontras dengan warna bodinya yang khas Aston Martin.

Aston Martin AMB 001

Teknologi canggih

Menghasilkan kedinamisan berkendara khas kendaraan balap tidaklah mudah. Itu sebabnya para insinyur di Brough Superior yang berpengalaman ikut serta mengambil keputusan dalam konstruksi dan pengembangan AMB 001. Mesinnya diletakkan sedemikian rupa di rangka sehingga juga berfungsi sebagai komponen load-bearing. Sementara itu swing-arm belakang terbuat dari material carbon fiber.

Suspensi depan double-wishbone terbuat dari material alumunium. Kemudian velgnya juga juga forged alumunium. Pengeremannya pun diciptakan secara cerdas untuk menghasilkan kemampuan deselerasi yang dapat diandalkan untuk menjinakkan monster ini.

Teknologi canggih tak hanya diterapkan pada komponen mekanis saja. Tetapi juga pada layar TFT penunjuk informasi berkendara. Menariknya, sebetulnya pusat informasi ini adalah smartphone yang telah menggunakan software custom untuk menampilan data berkendara.

Aston Martin AMB 001

Harga

Hyperbike khusus lintasan balap yang sangat langka ini menandakan proyek ambisius Aston Martin dengan Brough Superior karena hanya dibuat terbatas 100 unit saja. Tertarik memilikinya? Hyperbike AMB 001 dari serat karbon ini dijual dengan harga US$ 120 ribu atau sekitar Rp 1,8 miliar.
RIZKI SATRIA

Sumber: Aston Martin, Brough Superior Motorcycles

Baca juga: Aston Martin Vantage Roadster A3 Rayakan 100 Tahun Kelahiran Model Pertama

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Aston Martin Pilihan

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Artikel Feature