Kia Sportage Terbaru Akan Lebih Berani Dengan Opsi Varian Elektrifikasi

KIA Sportage

SEOUL, Carvaganza – Kabar mengenai hadirnya Kia Sportage generasi terbaru makin terlihat jelas. Kia menampilkan desain yang lebih modern dan berani untuk Kia Sportage 2023 ditambah lagi dengan sokongan mesin dan fitur terkini di dalamnya. Bahkan platform yang digunakan oleh Kia Sportage juga merupakan basis yang sama untuk kendaraan SUV listrik Kia salah satunya EV6. 

Desain modern pada Kia Sportage 2023 ini terlihat jelas pada bagian fascia depan dengan revisi lampu depan dan grille Tiger Nose yang ikonik. Kia juga menyematkan intake di bawah grille yang lebar dengan lampu kabut di bawah chinstrap sewarna dengan bodi. 

Garis-garis bodi yang tegas dan atletis juga masih dipertahankan di seluruh bagian eksteriornya mulai dari kap mesin hingga pada bagian samping bodi. Kia Sportage juga mengambil DNA EV6 untuk desain bagian belakang dengan lampu belakang yang lebih besar dan terlihat dramatis. Sehingga sentuhan tersebut membuatnya terlihat sedikit berbeda dengan saudara sepupunya Kia EV6.

Kia Sportage

Pada bagian interior, Kia Sportage juga mengambil tema yang juga diaplikasikan pada EV6 meski lagi-lagi terdapat ornamen tambahan yang membuatnya terlihat sedikit beda. Salah satunya layar melengkung di sepanjang dashboard yang merupakan cluster meter dan dipadukan dengan layanan hiburan dalam satu paket. Sekilas tampilannya mirip Hyperscreen milik Mercedes-Benz, namun yang ini versi yang lebih mini. Untuk memberikan sentuhan elegan, terdapat material kulit dengan tema piano black di beberapa bagian mulai dari jok, hingga pada door trim. Selain itu, Kia Sportage juga menyematkan aksen chrome pada gagang pintu dan konsol tengah. 

Baca Juga: Ferrari Perjuangkan Eksistensi Mesin V12, Antara Pakai Turbo atau Hybrid

Selain desain dan fitur yang menarik di dalam kabin, tidak lengkap rasanya jika tidak membahas performa di balik kap mesinnya. Pada generasi terbaru ini, Kia Sportage menawarkan mesin 4 silinder 1.6 liter turbocharged yang dikawinkan dengan transmisi otomatis 7-percepatan. Meskipun menurut Kia, beberapa negara juga akan mendapatkan pilihan transmisi manual 6-percepatan dengan mesin 4 silinder non turbo. Selain itu, Kia juga menjanjikan beberapa pilihan varian elektrifikasi yakni Sportage Hybrid dan Plug-In Hybrid untuk negara-negara tertentu. Meski demikian, Kia belum dapat mengumumkan kapan varian hybrid tersebut akan dipasarkan dan negara mana saja yang akan kebagian. 

Kia Sportage 2023 akan menghadirkan paket fitur lengkapnya pada varian tertinggi yakni X-Line. Selain itu, tampilannya juga akan berbeda pada eksterior dengan menggunakan side sill blocky, bumper belakang berpola serta roof rack dengan kelir hitam di bagian atapnya.

Kia Sportage

Selain itu, pada varian tertingginya Kia Sportage menawarkan gaya desain interior yang lebih premium dengan aksen kayu berkelir hitam dan jok yang seluruhnya dibungkus dengan kelir hijau sage dan hitam.

Generasi Kia Sportage yang saat ini eksis pertama kali debut pada 2016 dengan menawarkan gaya desain yang berbeda dibandingkan Sportage sebelumnya. Banyak konsumen yang sudah mengharapkan Kia Sportage hadir dengan sentuhan baru karena di beberapa negara modelnya sudah cukup ketinggalan jaman oleh saingan-saingan sekelasnya. Salah satu saingan terberatnya adalah Hyundai, meski di Korea ia berada dalam satu payung perusahaan namun dalam penjualan mereka merupakan rival abadi yang tidak bisa dipisahkan.
ALVANDO NOYA / WH

Baca Juga: Melihat Lebih Dalam Pengembangan All New Honda BR-V, Fiturnya Melimpah!

Sumber: MotorTrend

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil KIA Pilihan

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya