Kia Seltos dan Sonet Facelift Bakal Muncul di GIIAS 2024

Versi facelift keduanya sudah beredar sejak tahun lalu di negara asalnya.

Preview Kia GIIAS 2024

JAKARTA, Carvaganza - Antisipasi model baru yang akan dibawa oleh pabrikan otomotif dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 terus menarik perhatian. Salah satu yang dinantikan adalah PT Kreta Indo Artha (KIA), yang dikabarkan akan memanfaatkan pameran otomotif tahunan ini untuk memperkenalkan sejumlah model terbaru.

"Kami akan menghadirkan empat kendaraan baru mulai dari hari ini hingga GIIAS nanti. Dua di antaranya adalah model ICE yakni SUV A dan SUV B," ujar Muhammad Ikbal, Product Planning PT KIA, dalam pemaparannya beberapa waktu lalu.

Berdasarkan informasi dan gambar yang ditunjukkan dalam pemaparan tersebut, kemungkinan besar dua kendaraan ini adalah Kia Sonet dan Seltos terbaru. Kedua model ini telah mengalami penyegaran beberapa waktu lalu dan sudah diperkenalkan di beberapa negara, termasuk India.

Kia Sonet 2024

New Sonet

Kia Sonet, yang bersaing di segmen SUV kecil dengan model seperti Raize, Rocky, dan WR-V, mendapatkan status facelift pada akhir 2023. Pembaruan mencakup perubahan pada area eksterior, seperti grille heksagonal dengan desain baru dan LED DRL berbentuk huruf C. Bumper depan, skid plate, dan foglamp juga mengalami penyegaran desain. Di sisi samping, velg 16 inci hadir dengan desain yang lebih modern, sementara lampu belakang LED berbentuk huruf C dan bumper belakang baru melengkapi pembaruan.

Baca Juga: Seres Ikut GIIAS 2024 Bawa SUV Listrik, Bisa Tempuh 1.300 KM

Di bagian interior, Sonet menonjol dengan meter cluster berukuran 10,25 inci yang serupa dengan head unit hiburan. Jok baris pertama kini dilengkapi fitur ventilated dan berbalut kulit sintetis. Kenyamanan ditingkatkan dengan sistem audio Bose dan ambient LED light untuk interior serta desain jok baru.

Di India, Sonet ditawarkan dalam tiga pilihan mesin: 1.2L dengan tenaga 83 hp dan transmisi manual, mesin 1.0L turbo tiga silinder bertenaga 120 hp, dan mesin diesel 1.5L bertenaga 116 hp. Untuk dua varian terakhir, pilihan transmisinya mencakup iMT 6-percepatan, manual 6-percepatan, dual clutch 7-percepatan, dan otomatis dengan torque converter 6-percepatan.

Kia Seltos 2024

New Seltos

Kia Seltos juga mendapat pembaruan yang diperkenalkan pada 2023. Desain grille depan tetap menggunakan bahasa desain tiger nose khas Kia, namun dengan lubang angin berbentuk honeycomb berukuran besar dan sentuhan chrome. Pembaruan lainnya termasuk lampu sein LED sequential yang membuatnya semakin modern.

Seltos dilengkapi velg 18 inci crystal cut alloy, stop lamp LED yang terhubung dari sisi kiri ke kanan, dan bumper belakang dengan dua knalpot untuk meningkatkan citra sporty. Interiornya mendapatkan sistem suara Bose Premium Sound System dengan 8 speaker, display panoramic dari dua layar di dasbor, dan pengaturan jok baris pertama 8 arah. Layar panoramic ini adalah gabungan dua layar 10,25 inci yang menampilkan beragam fitur dan informasi kendaraan.

Fitur keselamatan Seltos mencakup ADAS dengan 17 fungsi tambahan seperti forward collision warning assist, blind spot collision warning and lane keep assist, smart cruise control with stop and go, dan rear blind spot collision avoidance. Selain itu, Seltos dilengkapi enam airbag, tyre pressure monitoring system, ESC, dan Hill Assist Control.

Mesinnya ditawarkan dalam beberapa tipe: mesin lama 1.5L dengan tenaga 115 hp dan torsi 144 Nm, serta mesin 1.5L turbo diesel yang menghasilkan tenaga 116 hp dan torsi 250 Nm. Pilihan transmisi untuk mesin bensin adalah manual 6 percepatan dan CVT, sementara mesin diesel mendapatkan pilihan iMT 6 percepatan dan otomatis 6 percepatan. Satu mesin baru 1.5L turbo menggantikan mesin lama 1.4L turbo bensin, menghasilkan tenaga 160 hp dan torsi 253 Nm dengan transmisi iMT 6 percepatan dan dual clutch otomatis 7 percepatan.
(SETYO ADI / WH)

Baca Juga: Smart #5 Bakal Segera Diproduksi, SUV Listrik Kompak Berjarak Tempuh 549 KM

Featured Articles

Read All

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Kia Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Review
  • Artikel Feature