Kenalan dengan Land Rover Defender Classic Edisi Super Terbatas

  • 2022/08/Land-Rover-Classic-Defender-Works-V8-Trophy-II-4.jpg
  • 2022/08/Land-Rover-Classic-Defender-Works-V8-Trophy-II-5.jpg
  • 2022/08/Land-Rover-Classic-Defender-Works-V8-Trophy-II-6.jpg
  • 2022/08/Land-Rover-Classic-Defender-Works-V8-Trophy-II-10.jpg

JAKARTA, Carvaganza - Perhatian buat para penggemar Land Rover model klasik. Defender restorasi edisi terbatas bakal dihadirkan divisi Land Rover Classic. Mengambil basis debutan 2012 hingga 2016, Classic Defender Works V8 Trophy II dibuat berdasarkan perjalanan sejarah eksplorasi dan pengalaman off-road model ikonik tersebut.

KEY TAKEAWAYS

  • Berapa jumlah unit Land Rover Classic Defender Works V8 Trophy II yang dibuat?

    Tiga unit mobil dengan mengambil basis debutan 2012 sampai 2016.
  • Cat yang menyerupai coretan di sekujur bodi Land Rover Classic Defender Works V8 Trophy II memiliki arti

    Menggambarkan 23 lokasi yang pernah dilibas mobil 4x4 legendaris selama 70 tahun sejarah petualangannya.
  • Tiap unit dibongkar habis lalu dibikin Kembali menggunakan tangan. Tak sekadar diperbaiki, tapi performanya ditingkatkan terutama pada sektor kaki-kaki dan pengendalian. Di depan dipasangkan suspensi live beam axle dengan coil spring dan telescopic damper. Diperkuat panhard rod dan radius arm. Sementara di belakang tidak jauh berbeda. Sistem pengereman menggunakan cakram 335 mm di muka dan 300 mm di buritan. Masing-masing disandingkan kaliper empat piston yang dibantu servo.

    Wujudnya dibalut kelir Fuji White dengan motif kamuflase hitam dengan abu. Land Rover mengatakan, desainnya bukan sekadar coretan. Melainkan gambar 23 lokasi yang pernah dilibas mobil 4x4 legendaris selama 70 tahun sejarah petualangannya. Mulai dari The Camel Trophy, The First Overland dan G4 Challenge.

    Land Rover Classic Defender Works V8 Trophy II

    “Defender telah menaklukkan medan di seluruh dunia. Classic Works V8 Trophy II terbaru kami menghormati warisan ekspedisi tersebut melalui desain eksteriornya yang unik. Ia memberikan penghormatan pada beberapa lokasi yang menakjubkan,” ucap Michael van der Sande, Managing Director Divisi Operasi Kendaraan Spesial Jaguar Land Rover dalam rilisnya, Senin (01/08).

    Sepuhan itu kontras dengan atap dan bonet hitam sepenuhnya senada velg 18 inci Sawtooth. Khusus kap catnya bergaya satin, berkat kombinasi itu mampu mengurangi pantulan cahaya menyilaukan pengemudi. Mukanya dihiasi bingkai A yang melindungi grille dan perangkat winch. Di atap terdapat roofrack terkombinasi ligt bar 1,2 meter melintang. Sementara di bawah disematkan rock slide. Perangkat lain yakni tangga di belakang dan detail berupa Land Rover emblem dan logo putih di mud flap.

    Baca juga:  Mercedes-Benz 300 SL Roadster Berdebu Ini Dijual Rp 17,2 Miliar

    Di dalam jok sporty Recaro dalam bungkusan kulit Windor hitam-putih kontras jahitan. Balutan kulit juga tampak pada dasbor, doortrim dan plafon. Walau mobil klasik bukan berarti teknologinya harus ketinggalan. Sudah terpasang sistem infotainment yang meliputi navigasi satelit dan konektivitas gawai komunikasi elektronik.

    Untuk melengkapi rupa kabin, Land Rover bekerjasama dengan Elliot Brown, perusahaan jam ternama untuk menanamkan penanda waktu bespoke dengan wujud menyerupai eksterior. Menariknya, jam tersebut juga disodorkan secara terpisah untuk menyenangkan para penggemar Land Rover yang tak kebagian Defender edisi terbatas ini. Setidaknya ada seribu unit diproduksi.

    Bicara performa, jantung pacu berkonfigurasi V8 naturally aspirated peminum bensin jadi andalan. Berkapasitas 5,0 liter, ia mampu menghasilkan tenaga puncak hingga 399 hp dengan torsi masif 515 Nm. Seluruh tenaga disalurkan ke empat roda melalui sistem transmisi otomatis 8-speed dengan Pistol Shifter. Untuk pembagian daya divisi Land Rover Classic menggunakan differential depan-belakang yang tahan banting dan torque-biasing centre differential.

    Land Rover Classic Defender Works V8 Trophy II

    V8 menjadi mesin andalan Land Rover Defender sejak lama. Pada 1979, perangkat pembakar bensin tersebut digunakan pada Series II Stage dengan setelan karburator 3,5 liter berdaya 90 hp. Kemudian pada 1983 di One Ten dan Ninety pada 1984, yang mengalami kenaikan tenaga jadi 113 hp kemudian makin dikuatkan lagi jadi 135 hp pada 1987. Berlanjut pada 1992 yang kubikasinya lebih besar jadi 3,9 liter bertenaga 182 hp. Kemudian 1998 yang bertambah 100 liter dengan output 190 hp. Angkanya makin besar hingga menyentuh 5,0 liter pada 2018. Terbaru pada 2021 yang dibenamkan ke Defender 90 dan 110 sudah pakai supercharger. Power-nya? 525 PS yang membawa Defender bisa melesat dari posisi nol ke 100 kilometer per jam dalam 4,9 detik.

    Kemampuan bertualang tak perlu diragukan. Land Rover mengungkapkan ia aman melewati genangan air setinggi 500 mm. Tertarik memilikinya? Banderolnya Rp 4 miliaran dan hanya tersedia 25 unit. Ini pun masih terbagi lagi dalam tiga varian. 20 unit untuk versi wheelbase pendek yang dikenal dengan sebutan 90 dan jarak sumbu roda panjang 110. Sementara 5 unit untuk model pikap kabin ganda.
    (MUHAMMAD HAFID/EK)

    Baca juga:  GIIAS 2021: Ini Daftar Mobil Limited Edition Incaran Para Kolektor

    Mobil Land Rover Pilihan

    Updates

    Artikel lainnya

    New cars

    Artikel lainnya

    Drives

    Artikel lainnya

    Review

    Artikel lainnya

    Video

    Artikel lainnya

    Hot Topics

    Artikel lainnya

    Interview

    Artikel lainnya

    Modification

    Artikel lainnya

    Features

    Artikel lainnya

    Community

    Artikel lainnya

    Gear Up

    Artikel lainnya

    Artikel Mobil dari Oto

    • Berita

    Artikel Mobil dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Artikel Feature