Kehidupan Sederhana Kurt Cobain Tercermin dari Mobil Tua Miliknya Ini

JAKARTA, Carvaganza – Seattle, Washington, 8 April 1994, sesosok mayat terbaring di dalam rumah. Kepalanya hancur bekas luka tembak. Sepucuk senapan Remington Model 11 tergeletak di atas tubuhnya dan secarik surat wasiat tertulis tak jauh dari tubuhnya. Pihak kepolisian mengumumkan, bahwa pria nahas tersebut, sang pemilik rumah, vokalis legendaris, Kurt Cobain, tewas menembak kepalanya sendiri.

Gaya hidup musisi rock banyak yang bilang ugal-ugalan. Tidak semua memang, tapi ya memang begitulah yang terjadi kepada vokalis grup musik Nirvana itu. Sosok yang mempopulerkan musik grunge ke seantero jagad ini tenggelam dalam konsumsi obat-obatan terlarang. Ia juga dikenal sebagai penenggak alkohol sejati.

Sepanjang hidupnya, Cobain mengidap brongkitis dan sakit perut kronis juga  depresi. Beberapa bulan sebelumnya Cobain sudah dirawat di rumah sakit lantaran overdosis obat penenang. Katanya sih, ia tak sengaja karena sedang kecapekan dan terserang flu. Tetapi istrinya, Courtney Love, waktu itu bilang kalau Cobain sengaja overdosis karena ingin bunuh diri juga.

Kurt Cobain Dodge Dart

Nirvana, salah satu grup musik tersukses dengan penjualan album terlaris di dunia hingga ini. Meninggal dunia di usia 27 tahun, kepergian kurt Cobain menyisakan luka mendalam di hati banyak penggemarnya.

Salah satu musisi paling berpengaruh di dunia itu menjalani kehidupan rock and roll. Tetapi ia bukan pengagum kehidupan glamor para selebriti. Buktinya, mobil yang ia kemudikan, Volvo 240. Alasan utama membelinya, karena Volvo dikenal sebagai mobil dengan tingkat keselamatan terbaik di dunia saat itu. Alasan yang agak sulit dicerna. Karena jawaban ini terlontar dari bibir seorang musisi yang sering mengutarakan niatnya untuk bunuh diri.

Tapi ternyata, 2018 mengungkap kalau Volvo bukanlah satu-satunya mobil yang dimiliki Cobain. Museum of Style Icons di Newbridge, Irlandia, mengadakan pameran untuk mengenang hidupnya. Terpajang Dodge Dart berwarna biru buatan tahun 1965 milik Kurt Cobain yang tak banyak orang ketahui.

Kurt Cobain Dodge Dart

Pameran ini menampilkan banyak koleksi benda-benda peninggalan frontman Nirvana itu. Misalnya, lirik yang ditulisnya dengan pena, hingga baju dan mobil pertamanya itu, Dodge Dart buatan tahun 1965. Ibu, adik dan anak Kurt Cobain hadir di pembukaan pameran. Menurut mereka, pameran ini ditujukan untuk menampilkan kejeniusan karya Cobain yang diharapkan dapat menjadi inspirasi untuk menumbuhkan kreativitas pengunjung.

Tentang Dodge Dart 1965

Kurt Cobain Dodge Dart

Nama Dodge memang tak populer di Indonesia. Fiat Chrysler Automobile (FCA) pernah bermitra dengan Garansindo Group sampai 2018. Tetapi Hascar, penerus Garansino, kini hanya memasarkan produk Jeep saja di Indonesia. Kalau di negeri Paman Sam, Dodge cukup serius. Mereka rutin menjual sekitar 1 juta kendaraan periode tahun 1990-an sampai 2000-an.

Selain penjualan, popularitas Dodge juga ditunjang oleh nama besarnya sebagai pembuat muscle car yang hebat. Beberapa mobilnya kini menjadi ikon hollywood lewat franchise fil Fast and Furious seperti Dodge Challanger dan Dodge Charger.

Dodge Dart saat ini sudah tak diproduksi lagi. Berusia empat generasi, Dodge Dart pertama kali diperkenalkan pada 1960. Akhir produksinya pada 1976. Mobil yang dimiliki Cobain buatan tahun 1965. Memang tak ada keterangan, varian apa yang dipilih Cobain untuk Dart miliknya.

Kurt Cobain Dodge Dart

Tetapi mengingat perhatiannya terhadap faktor keselamatan sangat tinggi, besar kemungkinan Cobain memilih Dart dengan mesin terkecil, 6-silinder bertenaga 101 hp yang menggerakkan roda belakang. Tetapi sebetulnya Dodge punya varian yang bermesin lebih besar, yakni mesin V8 bertenaga 235 hp dan varian berperforma tingginya yang bertenaga 273 hp.

Dodge Dart Cobain buatan tahun 1965 sudah dilengkapi dengan air conditioner. Versi tahun sebelumnya tida. Varian ini juga memakai velg 14 inci yang lebih besar dan setelah suspensio yang lebih baik dari sebelumnya. Keempat rodanya sudah dibekali rem cakram, salah satu isu keselamatan yang tentu menjadi perhatian Kurt Cobain.

Mesinnya dipasangkan dengan pilihan transmisi manual 3-speed atau 4-speed otomatis. Saat itu, Dart salah satu mobil terlaris Dodge. Hampir 40 persen penjualan Dodge ketika itu adalah Dart. Model paling populernya sedan dua pintu yang dijual dengan harga US$ 2.650 atau sekitar Rp 40 jutaan.
RIZKI SATRIA

Artikel yang direkomendasikan untuk anda