Keduluan Thailand, Mitsubishi Tunggu Kebijakan Pemerintah Sebelum Rilis Xpander Hybrid

Mitsubishi Indonesia masih menunggu kebijakan permerintah untuk bisa menghadirkan Xpander hybrid dengan harga yang menarik.

Xpander Hybrid

JAKARTA, Carvaganza - Mitsubishi Motors sudah memasarkan Xpander dan Xpander Cross bermesin hybrid di Thailand. Namun untuk Indonesia yang pelopori eksistensi Xpander, belum ada kejelasan kapan akan diluncurkan.

Menariknya, di Thailand harga yang ditawarkan untuk Xpander hybrid lebih murah daripada versi mesin bensin biasa. Ini karena pemerintah Thailand punya kebijakan khusus kendaraan hybrid, sehingga harganya terjangkau untuk pasar. Mitubishi di Indonesia lalu memberi tanggapan.

“Tentang Xpander hybrid (HEV), sejak kemarin banyak yang bertanya. Mitsubishi meluncurkan produk itu di Thailand bulan lalu. Xpander hybrid sebenarnya sudah tersedia di MMC line up. Namun kami tengah mempelajari produknya. Jadi setiap negara punya segmen market berbeda. Sebelumnya kami tidak melihat hybrid akan disukai dan meningkatkan permintaan di Indonesia. Dari situ kami serius mempelajari soal kemungkinan untuk membawa hybrid. Tapi saat ini saya tidak punya jawaban jelas kapan kami akan membawanya,” ucap Atsushi Kurita, President Director MMKSI saat sesi interview dengan media di IIMS 2024.

Mitsubishi Xpander Hybrid

Dibandingkan dengan varian reguler. Ubahan terjadi sangat banyak, walau tampang keduanya identik. Kini Xpander HEV dan Xpander Cross HEV menggunakan mesin baru 1.6 liter bensin (berkode 4A92) MIVEC. Lontaran tenaga 95 hp dan torsi puncak 134 Nm. Berkat penanaman hybrid system electric motor menjadi 116 hp dan momen puntir maksimum 255 Nm. Untuk diketahui, posisi baterai terletak di bawah jok kiri depan. Sehingga diklaim tidak mengganggu kenyamanan maupun mengurangi volume kabin.

Baca Juga: IIMS 2024: Nikmati Promo Penjualan dan Aftersales Mitsubishi Sepanjang Februari

Lalu pembaruan lain turut terjadi, misal penggunaan cakram di depan maupun di roda belakang. Mitsubishi Motors menjanjikan pengendaraan semakin asyik. Sebab terjadi pengaturan ualang sistem suspension. Lalu di model hybrid tersedia tujuh drive mode, isinya meliputi: Charge, EV Priority, Normal, Wet, Gravel, Tarmac, Mud. Tak ketinggalan unit hybrid tetap diberikan Active Yaw Control (AYC).

Fitur keamanan lain yang tersisip berupa Active Stability Control (ASC), Traction Control System (TCL), Hill Start Assist (HSA), Emergency Stop Signal System (ESS), dual airbag depan, panel pintu impact steel beam. Kemudian desain bodi depan diklaim mengurangi tingkat keparahan bila menabrak pejalan kaki. Kendaraan memiliki ground clearance 220 mm, cocok untuk melibas jalanan dan kontur seperti Asia Tenggara.

Mitsubishi Xpander HEV

Selain Xpander HEV. Terkait kendaraan hybrid yang sudah diskontinyu di Indonesia yakni Outlander HEV. Atsushi Kurita juga mengaku bakal mempelajari untuk mendatangkan generasi anyar. Namun lagi-lagi syaratnya ialah bagaimana dengan minat dari masyarakat. Karena mobil jenis ini harga dan pajak tidaklah murah.

“Mitsubishi Outlander PHEV sudah habis. Di Jepang Outlander PHEV ganti model dengan generasi baru sekitar dua tahun lalu dan ukuran lebih besar. Serta performanya semakin baik. Untuk pengganti (di Indonesia) tergantung dari permintaan. Terakhir kami menghadirkan PHEV saat itu kendaraan elektrifikasi belum popular. Sekarang pasarnya sudah berubah. Kami akan mempelajari hal ini,” imbuh Kurita.
(ANJAR LEKSANA / WH)

Baca Juga: Pasar Berkembang, Pemerintah Kaji Insentif Untuk Mobil Hybrid

Pelajari lebih lanjut tentang Mitsubishi Xpander Hybrid

Mobil Mitsubishi Lainnya

  • Mitsubishi Xpander
    Mitsubishi Xpander
  • Mitsubishi Pajero Sport
    Mitsubishi Pajero Sport
  • Mitsubishi Triton
    Mitsubishi Triton
  • Mitsubishi L300
    Mitsubishi L300
  • Mitsubishi XForce
    Mitsubishi XForce
  • Mitsubishi Xpander Cross
    Mitsubishi Xpander Cross
  • Mitsubishi L100 EV
    Mitsubishi L100 EV
  • Mitsubishi Outlander PHEV
    Mitsubishi Outlander PHEV
  • Mitsubishi Xpander Hybrid
    Mitsubishi Xpander Hybrid

Featured Articles

Read All

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Mitsubishi Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Review
  • Artikel Feature