Kami Test Drive Volvo XC60 PHEV, Apa Keistimewaannya?

  • 2022/09/7U6A9719.jpg
  • 2022/09/845A7544.jpg
  • 2022/09/845A7413.jpg

JAKARTA, Carvaganza - Pada Juni lalu, kami pernah menuliskan tentang kehadiran Volvo teranyar di Tanah Air. Kini kami sudah mencobanya. Langsung melakukan test drive di jalan-jalan Jakarta. Seperti yang sudah kami perkirakan, SUV premium Volvo yang bakal diluncurkan adalah model elektrifikasi yakni XC60 PHEV.

KEY TAKEAWAYS

  • Apa mesin yang diusung Volvo XC60 Recharged T8?

    Berjantung pacu 4 silinder 2.0 turbocharged dipadukan dengan baterai 18,8 kWh.
  • Apa mobil yang bakal diluncurkan Volvo Indonesia pada tahun ini?

    SUV premium Volvo XC40 dan XC60, keduanya mengusung teknologi Plug-in Electric Vehicle (PHEV)
  • Sebetulnya kehadiran model elektrifikasi Volvo ini sudah dipertegas oleh PT Leading Vision Otomotif (LVO) selaku APM Volvo Indonesia Maret lalu. LVO sudah menyatakan kesiapannya untuk merilis sejumlah mobil elektrifikasi di Tanah Air.

    Volvo XC60 Recharged T8 yang kami coba adalah SUV di segmen mid-size. Alias SUV medium. Didukung oleh mesin 4 silinder 2.0 turbocharged dipadukan dengan baterai 18,8 kWh. Lampu depan dari sosok XC60 Recharged T8 tersebut sudah menggunakan gaya desain baru dan didukung oleh teknologi LED.

    Volvo XC60 Recharged T8

     

     

    Volvo XC60 yang kami coba ini adalah Model Year 2022, sedangkan yang bakal dirilis di sini adalah Model Year 2023. Menurut pihak LVO, hanya ada sedikit perbedaan antara versi MY 2022 dengan MY 2023.

    Ketika kami mendapatkan penawaran pengetesan dari PT LVO, kami mengajak SUV berkelir putih ini melintasi sejumlah jalan di Jakarta. Menjajal dinamika berkendara, handling, kenyamanan kabin dan sejumlah fitur yang tertanam di dalamnya.

    Kami bahkan mencobanya untuk melakukan pengecasan di rumah maupun di SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum). Selama proses pembuatan video test drive, kami menikmati semua fasilitas yang ada di dalamnya. Seperti fitur-fitur keselamatan dan fitur infotainment yang mendukung kemewahan kendaraan.

    Kami sudah mengendus keberadaannya di Jakarta pada Juni 2022 lalu. Secara diam-diam kami sudah memberikan spyshot SUV tersebut. Baik Volvo XC40 maupun XC60. Keduanya mengusung teknologi Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV).

    Volvo XC60 Recharged T8

    Kami meramalkan bahwa mobil tersebut bakal hadir menjelang GIIAS 2022, ternyata setelah ditunggu tidak hadir juga. Kami pun memprediksi, SUV medium itu bakal hadir pasca GIIAS, antara bulan September atau Oktober. Ternyata kendaraan masih dikeep oleh PT LVO selaku APM.

    Menurut pihak LVO, pihaknya sudah membuka keran pemesanan untuk SUV premium Swedia itu. Dan tak disangka orderan cukup tinggi, di luar perkiraan pihaknya sendiri.

    Yang jelas, kehadiran XC60 PHEV ini bakal mengusik pasar SUV medium BMW X3 dan Porsche Cayenne e-Hybrid. Sedangkan untuk model XC40 PHEV bakal beradu gengsi dengan BMW X1 dan Porsche Macan Hybrid. Nah, Mau tahu bagaimana pengujian kendaraan ini, ikuti terus artikel dan video OTO Media. (MUHAMMAD HAFID/EK)

    Baca juga:  Sudah Di Jakarta, Kami Temukan Sosok Lengkap Volvo XC40 dan XC60

    Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

    Updates

    Artikel lainnya

    New cars

    Artikel lainnya

    Drives

    Artikel lainnya

    Review

    Artikel lainnya

    Video

    Artikel lainnya

    Hot Topics

    Artikel lainnya

    Interview

    Artikel lainnya

    Modification

    Artikel lainnya

    Features

    Artikel lainnya

    Community

    Artikel lainnya

    Gear Up

    Artikel lainnya

    Artikel Mobil dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature

    Artikel Mobil dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Artikel Feature