Intip Spesifikasi Genesis G80, Sedan Mewah Tamu Negara KTT G20 di Bali

  • Genesis Electrified G80 2022
  • Genesis Electrified G80 2022
  • Genesis Electrified G80 2022
  • Genesis Electrified G80 2022
  • Genesis Electrified G80 2022

Jakarta, Carvaganza – Kehadiran Genesis G80 sebagai kendaraan dinas di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Negara G20 di Bali telah resmi diumumkan. Sedan berukuran besar ini akan digunakan oleh para tamu VIP yang terdiri dari kepala negara anggota G20 yang dijadwalkan pada kuartal kedua 2022. Genesis G80 sendiri diketahui merupakan sedan listrik sehingga sangat ramah lingkungan karena tidak beremisi. Performanya bersumber dari baterai berkapasitas 87,2 kWh yang mengalirkan daya ke dua motor listriknya yang berada di roda depan dan belakang. 

Masing-masing motor listrik tersebut memiliki tenaga 182 hp yang berarti memiliki tenaga gabungan mencapai 364 hp. Selain itu kedua motor listrik tersebut juga mampu menghasilkan torsi maksimal yang mencapai 700 Nm, angka yang cukup besar untuk sebuah sedan listrik. Bahkan dengan modal tersebut, Genesis G80 ini mampu melesat dari posisi diam ke kecepatan 100 km/jam dalam 4,9 detik. Kemampuan lain yang dimiliki oleh Genesis G80 ini juga terdapat pada daya jelajahnya yang mampu mencapai 427 km dengan modal baterai terisi penuh. 

Terdapat beberapa faktor pendukung yang membuat sedan listrik ini mampu mencapai jarak tersebut di antaranya ialah fitur pengereman regeneratif serta panel surya yang terdapat di atap kendaraan. Dengan adanya panel surya tersebut dapat menyuplai daya baterai pada Genesis G80 tanpa melakukan pengecasan. Meskipun saat melakukan pengecasan waktu yang dibutuhkan tidak terlalu lama hanya sekitar 22 menit untuk mencapai 80 persen. Sementara itu pada pengisian normal dari 10 persen ke 100 persen memerlukan waktu 9 jam dengan daya rapid charging 800 Volt.

Genesis Electrified G80 2022

Dari segi desain, Genesis G80 menawarkan nuansa mewah lewat grille depan berbentuk G-Matrix dengan motif diamond. Sistem pencahayaan di bagian dan belakang sudah dibekali dengan teknologi LED serta desain yang kembar di setiap sisinya. Kemudian di bagian rodanya Genesis membekali dengan velg berukuran 19 inci dengan aksen chrome dan desain yang dinamis. Sementara pada bumper belakangnya diberikan sentuhan garis-garis tegas demi meningkatkan tingkat aerodinamika pada kendaraan saat berakselerasi.

Baca Juga: Rolls-Royce Ghost Black Badge Super Mewah Mendebut Di Asia Tenggara

Di dalamnya, aura elegan dan kemewahan juga tersaji dengan apik yang dipadukan dengan material ramah lingkungan di beberapa sudutnya. Salah satunya ialah kulit nappa yang dibuat dari natural dyes dan aksen kayu yang terbuat dari bahan daur ulang. Kemudian pada layanan hiburannya Genesis membekalinya dengan layar sentuh LED berukuran 14,5 inci yang didukung oleh fitur-fitur seperti pemutar musik, sambungan nirkabel ke smartphone serta sistem Augmented Reality Navigation. 

Di samping itu penghuni kabin juga akan dimanjakan dengan berbagai fitur keselamatan aktif seperti Lane Follow Keep Assist, Blind Spot Monitoring, Forward Attention Warning dan Forward Collision Avoidance Assist yang dapat melakukan pengereman mendadak untuk menghindari terjadinya kecelakaan.

Genesis Electrified G80 2022

Hyundai Motor Indonesia (HMID) belum mengkonfirmasi jika Genesis G80 ini akan dijual di Indonesia atau tidak. Secara segmentasi, Genesis berada satu level dengan brand premium lain seperti Lexus, Mercedes-Benz dan BMW. Namun kabarnya Hyundai akan lebih memfokuskan Genesis pada kendaraan mewah dengan mesin bertenaga dan tetap ramah lingkungan. Di Korea Selatan sendiri G80 dibanderol dengan harga 88,9 Juta Won atau setara dengan Rp 1 Miliar lebih, belum termasuk biaya pajak dan pengiriman. 

Tapi sebentar lagi kita akan melihat secara langsung kendaraan mewah produksi Hyundai ini dalam waktu dekat di Bali. Jadi kita tunggu saja.
ALVANDO NOYA / WH

Baca Juga: Kenalkan Lebih Dekat, Wuling GSEV Hadir di IEMS 2021

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Hyundai Pilihan

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya