Ini Dia Pacuan Baru Ken Block dari Audi, Mobil Listrik Bergaya Klasik untuk 'Electrikhana'

  • Audi S1 e-tron quattro Hoonitron
  • Audi S1 e-tron quattro Hoonitron
  • Audi S1 e-tron quattro Hoonitron

INGOLSTADT, Carvaganza – Sejak Ken Block resmi dikontrak dan bergabung ke Audi, telah dijanjikan akan banyak keseruan yang ditampilkan. Baik dari sisi konten hiburan maupun aktivitas motorsport. Kini sedikit demi sedikit mulai terungkap, dengan diperkenalkannya mobil baru Block untuk tampil di edisi terbaru dari Gymkhana.

Audi Sport memperkenalkan Audi S1 E-tron Quattro Hoonitron sebagai pacuan baru Block di konten Gymkana tebrarunya nanti. Seperti namanya, ini adalah sebuah mobil listrik penuh dengan performa ganas untuk dipakai menari dan meliuk di atas aspal menunjukkan manuver-manuver ekstrem khas sajian pereli asal Amerika Serikat itu.

Mobil ini dibangun berbasis pada mobil listrik RS E-tron GT yang baru-baru ini diluncurkan ke pasar, yang dimodifikasi ekstensif oleh Audi Sport. Wujud sedan fastback listrik tersebut dirombak dengan tampilan eksterior yang mirip mobil reli legendaris Audi, yaitu Quattro S1 Group B yang pernah menjuarai Pikes Peak International Hill Climb di tahun 1987.

Audi S1 e-tron quattro Hoonitron

Gaya khas Quattro S1 ditunjukkan lewat modifikasi widebody kit, seperti splitter besar di bumper depan dan sayap raksasa di belakangnya. Bonnet yang panjang dipadukan dengan fender depan dan belakang yang jauh menggemuk di bagian samping. Rombakan eksterior ini disebut menjadi permintaan si “New Ken on The Block” secara pribadi.

Baca Juga: Mobil Pick-Up Listrik Tak Kuat Tarik Beban? Ini Jawaban dan Buktinya

Chassis yang dipakai mengadopsi material serat karbon dan dilengkapi dengan sejumlah perlengkapan untuk memenuhi persyaratan keselamatan dari FIA. Sementara sistem penggeraknya tetap al-wheel drive (AWD) yang memang sudah bawaan Audi RS E-Tron GT. Sistem penggerak itu mengandalkan dua unit motor listrik di masing-masing sumbu roda. Untuk saat ini detail angka performa tidak dirilis oleh pabrikan berlogo empat cincin asal Jerman ini.

Pengembangan si Hoonitron dilakukan di markas Audi Sport yang berlokasi di Neckarsulm, Jerman. Sementara desain tampilannya dikerjakan oleh bos desain Audi yang bernama March Lichte. Dan ya, tampilan eksteriornya memang terinspirasi langsung oleh Sport Quattro S1. Lichte sendiri menyebut proyek ini sebagai “kesempatan untuk mengembangkan sebuah mobil yang memadukan sebuah ikon dari merek kami dengan masa depan”.

Audi S1 e-tron quattro Hoonitron

“S1 Hoonitron banyak menggabungkan dari apa yang membuat Audi terkenal di tahun 1980an. Menurut saya ini keren bahwa desainer Audi telah terinspirasi oleh masa lalu mereka dan secara unik mentransfer teknologi mobil dan penampilannya ke masa sekarang,” kata Ken Block yang ikut terlibat dalam proses desain selama empat pekan.

Block kabarnya sudah melakukan tes perdana mobil barunya ini pada bulan November lalu, sebelum digunakan untuk video Gymkhana terbarunya. Konon video baru tersebut akan menggunakan judul Electrikhana, dijanjikan segera dirilis. Diceritakan singkat, Block merasa menggeber mobil ini sebagai pengalaman baru yang memungkinkannya merasakan performa puncak dengan lebih singkat.
WAHYU HARIANTONO

Baca Juga: Bingung Cari Kado Natal Untuk Petrolhead? Lihat 12 Pilihan Menarik Ini

Sumber: Autocar

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Audi Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza