IIMS 2024: MG ES EV Menggoda Penggemar Station Wagon, Simak Spesifikasinya

MG hadirkan ES EV di IIMS 2024 bersama Maxus 9 untuk menunjukkan lini kendaraan listriknya yang beragam.

MG ES EV

JAKARTA, Carvaganza – Tahun ini, MG Motor Indonesia resmi memboyong ES EV yang akan mengisi segmen baru di Tanah Air. Ia memiliki body style station wagon yang dipadukan dengan sentuhan sporty di bagian eskteriornya. Di samping itu, MG ES EV juga didukung oleh i-Smart yang menghubungkan pengendara dengan kendaraannya melalui smartphone.

Pada kesempatan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024, MG ES EV diperkenalkan demi melihat respons pasar sekaligus melengkapi jajaran EV seperti MG 4 EV dan MG ZS EV yang dirakit secara lokal. Meski belum ada pengumuman harganya, konsumen sudah bisa memesan MG ES EV di IIMS 2024.

Eksterior

MG ES EV memiliki tampilan station wagon yang kental dengan nuansa modern khas mobil listrik. Fascia depannya dibuat lebih ringkas dengan gaya grille-less yang diapit oleh headlamp berteknologi LED dan terdapat port charger di bagian tengah grille. Sementara itu di seluruh rodanya ditanamkan velg berukuran 17-inci dengan desain lima palang yang sporty. Beralih ke bagian belakangnya, MG ES EV memiliki desain yang lebih minimalis dengan sematan spoiler yang juga menegaskan kesan sporty di buritannya yang melandai.

MG ES EV

Sementara itu, pada bagian atapnya terdapat roofrail yang bisa dimanfaatkan untuk menopang roof rack seperti pada umunya model station wagon. Di atas kertas, ia memiliki dimensi yang cukup bongsor yakni panjang 4.600 mm, lebar 1.818 mm dan tinggi mencapai 1.543 mm. Tidak ketinggalan panoramic sunroof yang memberikan kesan elegan di atap MG ES EV dan dapat dioperasikan secara elektrik.

Baca Juga: IIMS 2024: Sambil Tunggu Rilis Harga, Simak Spesifikasi Wuling Cloud EV

Interior

Ia memiliki konfigurasi lima orang penumpang dengan tambahan ruang bagasi di bagian belakang. Seluruh joknya dibalut dengan material kombinasi antara kulit dan fabric serta terdapat bahan daur ulang di bagian sisinya. Tersedia pula ambient light yang dibenamkan di beberapa sudut kabin seperti dashboard, doortrim dan juga konsol tengah. Berkat penyematan fitur tersebut, ruang kabin MG ES EV hadir lebih elegan dan mewah khususnya di malam hari.

Layanan hiburannya berpusat pada layar berukuran 10.25 inci dan dapat disambungkan ke smartphone melalui Apple CarPlay dan Android Auto. Tidak ketinggalan tombol pengaturan yang juga disematkan di lingkar kemudi baik untuk peranti hiburan maupun peranti keselamatan. Sementara untuk informasi kendaraan berada di layar cluster meter berukuran 7-inci dengan tampilan full digital. Tuas transmisinya dibuat dengan model knob serupa dengan line up MG EV lainnya seperti MG 4 EV dan MG ZS EV.

MG ES EV

Fitur

MG ES EV juga didukung dengan sejumlah fitur-fitur canggih terbaru salah satunya ialah i-Smart. Di dalamnya terdiri dari berbagai menu pintar seperti Smart Check dan Smart Command demi memudahkan pengendara mengakses informasi kendaraan lewat smartphone. Di samping itu hadir pula peranti ADAS dengan rangkaian perangkat keselamatan semi otonom di antaranya Adaptive Cruise Control, Traffic Jam Assist, Lane Keep Assist hingga Autonomous Emergency Brake System.

Di samping fitur canggih tersebut, MG ES EV juga memiliki deretan fitur kesalamatan standar seperti Auto Vehicle Hold, Front & Seat Airbag, 3D Around View Monitoring serta pengereman ABS dan EBD. MG ES EV juga menyediakan peranti Vehicle to Load (V2L) yang memungkinkan menyuplai daya listrik untuk kebutuhan outdoor seperti kompor listrik, speaker dan perangkat elektronik lainnya.

Performa

Di dalam MG ES EV terdapat baterai berkapasitas 51 kWh yang mampu diajak menjelajah sejauh 412 km dengan sekali pengisian daya penuh. Sementara motor listriknya mampu memproduksi tenaga maksimal 177 hp dengan torsi puncak 280 Nm yang didapat secara instan. Bahkan di atas kertas ia mampu berakselerasi dari posisi diam ke 100km/jam hanya dalam 8,3 detik dengan kecepatan maksimal 185 km/jam.

MG ES EV

Di samping itu demi pengendaraan yang dinamis, MG ES EV juga menyediakan mode berkendara yang terdiri dari Eco, Normal dan Sport. Ketiga mode berkendara tersebut akan menyesuaikan kerja performa motor listrik, suspensi hingga karakter lingkar kemudi. Tersedia pula deretan peranti dukungan seperti Stability Control System (SCS), Curve Brake Control (CBC) dan Traction Control System (TCS). Sedangkan pada kondisi jalan yang terjal, terdapat fitur Hill Start Assist yang menahan kendaraan tidak meluncur tanpa komando.

Sebelum rilis di Indonesia, MG ES EV sudah lebih dulu dipasarkan di Thailand dengan banderol sekitar 959 ribu Baht atau setara dengan Rp424 jutaan. Kabarnya, MG Motor Indonesia akan memasarkan ES EV dalam waktu dekat dan masuk ke dalam list model yang dirakit lokal. Hal tersebut tentu saja akan mempengaruhi penentuan harga MG ES EV di Tanah Air, namun melihat perbekalan yang dimiliki nampaknya MG ES EV akan berada di rentang harga Rp400 juta – Rp500 jutaan.
(ALVANDO NOYA / WH)

Baca Juga: IIMS 2024: Layanan Aftersales Hyundai Hadir Untukmu Kini Semakin Menyeluruh

Pelajari lebih lanjut tentang MG ES

Mobil MG Lainnya

  • MG 5 GT
    MG 5 GT
  • MG HS
    MG HS
  • MG ZS
    MG ZS
  • MG 4 EV
    MG 4 EV
  • MG Maxus 9
    MG Maxus 9
  • MG ZS EV
    MG ZS EV
  • MG 3
    MG 3
  • MG ES
    MG ES
  • MG Gloster
    MG Gloster
  • MG VS HEV
    MG VS HEV

Featured Articles

Read All

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil MG Pilihan

  • Upcoming

Pilihan mobil untuk Anda

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Review
  • Artikel Feature