Hyundai Siap Launching Kona EV Terbaru, Sebut Harga Rp500 Jutaan

Perkiraan peluncuran di bulan Juni, bersamaan peresmian pabrik baterai Hyundai.

All New Hyundai Kona EV

JAKARTA, Carvaganza - Hyundai Indonesia siap meluncurkan All New Kona Electric. Mobil ini sebelumnya telah diperlihatkan melalui gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 lalu. Waktu peluncuran pastinya belum diumumkan, tapi diketahui Juni ini berdasarkan bocoran Menteri Perekonomian Republik Indonesia, beberapa waktu lalu.

Terkait banderol, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) melalui Chief Operating Officer, Fransiscus Soerjopranoto mengungkapkan bahwa berkisar Rp500 jutaan. Hal ini membuatnya menjadi model pengguna baterai sepenuhnya dengan harga lebih terjangkau dibanding portofolio lain. Sebagai informasi Ioniq 5 disodorkan mulai dari Rp700 jutaan hingga Rp900 jutaan. Sementara Ioniq 6 menyentuh Rp1,2 miliaran.

“Kami sudah memperhatikan angka tersebut (Rp500 jutaan) sejak IIMS 2024,” ucap Fransiscus di Jakarta.

Hyundai Kona EV

Kisaran angka tersebut dinilai sangat kompetitif. Pasalnya mobil ini tak hanya memenuhi syarat konten lokal 40 persen, tapi juga kelengkapan fiturnya yang diklaim sangat lengkap. Bahkan menurut Wahyu Kusuma Danny, Head of Product and Corporate Strategy PT Hyundai Motors Indonesia bahwa ia unggul di segmennya.

Baca Juga: Hyundai Rilis Palisade XRT Tampil Serba Hitam, Cocoknya Harga Berapa?

Adapun pengumuman harga sendiri dilakukan bersamaan dengan peresmian baterai lokal mereka di Karawang, Jawa Barat. Seperti diketahui pabrik baterai ini dikelola oleh HLI Green Power yang merupakan kemitraan Hyundai Motor Company, LG Energy Solution dan Indonesia Battery Corporation. Nantinya akan menyuplai produk Hyundai. Lebih lanjut, untuk pengiriman unit dilakukan tak terlalu jauh dari waktu peluncuran tersebut.

Spesifikasi

Kona EV pada dasarnya merupakan mobil berbodi crossover dengan dimensi panjang 4.350 mm, lebar 1.825 mm dan tinggi 1.575 mm. Ia mendapat peningkatan koefisien drag atau hambatan yakni 0,27 Cd. Hal ini berkat tatanan lebih streamline dan bahasa desain yang belakangan diterapkan Hyundai ke model-modelnya belakangan. Salah satunya lampu utama di bumper dan daytime running light berbentuk strip selebar bodi layaknya Stargazer maupun Staria.

Pada unit yang dipajang saat IIMS 2024 menerapkan material kulit soft-touch pada kabin. Termasuk adanya gadget berupa layar head unit besar dan panel instrumen digital masing-masing 12,3 inci yang dibuat menyatu. Sekilas tampilannya mirip dengan desain dashboard Ioniq 5 namun di Kona EV dibuat lebih kompak dan minimalis.

All New Hyundai Kona EV

Urusan performa, ia memiliki dua varian. Pertama adalah Standard Range, dengan kemampuan jelajah 370 km berkat penggunaan baterai 48,6 kWh. Ia menyuplai motor listrik yang dapat mengeluarkan tenaga 132 hp dan torsi puncak 255 Nm. Sementara Long Range mampu melesat sejauh 420 km dengan sokongan catu daya 64,8 kWh. Motor listriknya lebih mumpuni yaitu 201 hp dan 255 Nm. Dukungan pengisian daya kompatibel dengan fast charging (DC, di mana dari posisi 10 persen ke 80 persen membutuhkan 43 menit.

Seperti disebutkan sebelumnya, kelengkapan fitur Kona EV bakal sangat kompetitif bahkan lebih unggul. Berdasarkan hal tersebut dipastikan Hyundai Smart Sense atau perangkat Advanced Driving Assistance System milik Hyundai dibenamkan. Beberapa perangkatnya seperti Adaptive Cruise Control, Blind Spot Monitoring, Lane Keeping Assist hingga sistem pengereman otomatis darurat.
(MUHAMMAD HAFID / WH)

Baca Juga: Mudahkan Akses Mobilitas, Toyota Indonesia Donasi Sienta Welcab ke RS Soeharso

Pelajari lebih lanjut tentang Hyundai Kona

Mobil Hyundai Lainnya

  • Hyundai Creta
    Hyundai Creta
  • Hyundai Stargazer
    Hyundai Stargazer
  • Hyundai Ioniq 5
    Hyundai Ioniq 5
  • Hyundai Santa Fe
    Hyundai Santa Fe
  • Hyundai Palisade
    Hyundai Palisade
  • Hyundai Stargazer X
    Hyundai Stargazer X
  • Hyundai Staria
    Hyundai Staria
  • Hyundai i20
    Hyundai i20
  • Hyundai Ioniq 6
    Hyundai Ioniq 6
  • Hyundai Seven Concept
    Hyundai Seven Concept

Featured Articles

Read All

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Hyundai Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Review
  • Artikel Feature