GIIAS 2021: Nonton Tingkah Robot SPOT di Booth Hyundai

TANGERANG, Carvaganza – Dunia otomotif itu bukan melulu soal produk mobil. Ia merupakan bagian dari industri teknologi yang terus berkembang. Dunia robotik dan Artificial Intelligence kaitannya dekat sekali dengan industri kendaraan bermotor. Misalnya seperti robot pintar SPOT yang dilahirkan Hyundai.

Kalau main-main ke GIIAS 2021 di weekend ini, jangan lupa menonton tingkah dan perilaku Robot SPOT yang khusus direkayasa untuk memperlihatkan kecanggihan teknologi pabrikan Korea.

Robot ini merupakan hasil kerjasama antara Hyundai Motor Group dengan Boston Dynamics asal Amerika Serikat. Dan diklaim sebagai salah satu wujud transformasi strategis Hyundai di levelan global. Jika melihat tingkah laku robot ini beraksi di booth Hyundai di Hall 6 ICE, BSD City, perilakunya mirip dengan binatang anjing. Untuk ukuran robot, Ia mampu bergerak gesit. Maju, mundur, rebahan, berdiri di atas dua kaki, mendongak dan berlari.

Robot SPOT

Pabrikan mengklaim bahwa Robot SPOT memiliki kemampuan layaknya moda transportasi ringan dengan dukungan empat kaki. SPOT bisa bergerak di berbagai permukaan jalan tanpa hambatan. Nah selain melakukan ragam gerakan, SPOT juga didesain kokoh dan mampu membawa beban tambahan maksimal 13,6 kg serta memindahkan ke lokasi yang diinginkan.
Menurut Hyundai Indonesia, robot SPOT ini bisa digunakan di lingkungan pabrik. Salah satunya menjadi alat yang memudahkan untuk menjangkau area-area dengan titik radiasi tinggi dan tak bisa dijangkau oleh manusia. Misalnya juga dapat menjadi alat untuk mengantar kebutuhan pasien COVID-19 yang sedang diisolasi.

Ya kalau melihat kelincahan SPOT bergerak, kemampuannya melewati akses-akses yang sulit sepertinya tidak akan menjadi masalah. Namun memang, untuk mengoperasikan robot tersebut ada operator yang memegang alat khusus, layaknya kita memainkan Drone.

Robot SPOT

Nantinya, robot SPOT diharapkan bisa hidup berdampingan dengan manusia di dalam melakukan ragam aktivitas. Mulai dari pekerjaan berat hingga kegiatan sehari-hari. Dan mungkin bisa menjadi pendamping kendaraan Hyundai yang dikendarai oleh manusia.

Kehadiran robot SPOT di GIIAS 2021 bukanlah penampilan perdananya di depan publik di Indonesia. SPOT sudah diajak berkeliling memeriahkan setiap pameran Hyundai di mal-mal di seluruh Indonesia. Kalau mau menonton tingkah laku SPOT di GIIAS weekend ini, sambangi saja booth Hyundai di Hall 6 ICE, BSD City. (EKA ZULKARNAIN)

Baca juga:  Kisah Dibalik Penciptaan Robot Pintar Spot Oleh Hyundai

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Hyundai Pilihan

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya