GIIAS 2021: Mitsubishi Siapkan Rival Bagi Toyota Raize, Honda SUV RS Concept Dkk

Mitsubishi compact crossover

JAKARTA, Carvaganza – Tak mau kalah dengan pabrikan lain yang telah merilis compact crossover di pasar nasional, Mitsubishi Indonesia telah menyatakan bakal meluncurkan 'senjata' untuk menyaingi para kompetitornya. Model tersebut bakal menjadi rival Toyota Raize, Kia Sonet, Daihatsu Rocky, dan Nissan Magnite.

Hal tersebut disampaikan oleh Tetsuhiro Tsuchida, Director sales and Marketing Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) saat konferensi pers secara digital, 13 November, 2021 di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS).

"Prinsipal kami (Mitsubishi Motors Corporation-Red) sedang membahas kemungkinan mengembangangkan compact crossover karena pasarnya akan sangat besar dan juga kompetitif," jelas Tetsuhiro Tsuchida.

Tampaknya Mitsubishi sedang gerah melihat pasar nasional di segmen itu. Bagaimana tak gerah, pabrikan Honda sudah mencanangkan bakal merilis model teranyar yang bermain di segmen compact crossover. Model yang dikibarkan sudah diperkenalkan kepada publik lewat SUV RS Concept. Ditambah lagi gebrakan Hyundai merilis Creta, yang diproduksi di dalam negeri dengan paket harga dan fitur yang menarik.

Mitsubishi compact crossover

Secara teoritis, Mitsubishi global memang belum punya model di segmen itu. Dari penilaian kami, Outlander Sport maupun Eclipse Cross, masih terlalu besar ataupun kurang kompetitif untuk kelas yang kami maksud. Namun, aliansi mereka, Nissan, sudah punya Magnite. Jikapun dua brand ini sharing platform dan meracik model kendaraan dengan karakternya masing-masing, justru bisa jadi pendekatan yang menarik.

Toh, hal ini sudah dilakukan keduanya di Indonesia, walau dengan bentuk kerjasama yang sedikit berbeda, yakni lewat mobil kembar Xpander-Livina. Berharap langkah yang sama juga dilakukan, tentu bukan harapan yang terlalu muluk.

Tentunya, meski merasa ini pasar yang sangat menggiurkan, pemegang merek tak akan berbuat gegabah dengan merilis mobil yang sekadar ikut-ikutan, apalagi jika harus mengimpornya dari negara lain. "Perlu ada produk yang tepat dan sesuai dengan permintaan konsumen seperti Xpander," imbuh Tsuchida.

Mitsubishi Eclipse Cross

Untuk diketahui, saat ini dengan model yang ada, Mitsubishi sudah berhasil menjadi merek ketiga terlaris di pasar otomotif Indonesia. Klaim ini berasal dari data wholesales Gaikindo per September 2021. Pada data tersebut, Mitsubishi berhasil mengakuisisi pasar sebesar 12,4 persen dengan total penjualan 77.531 unit. Menaruh satu model lagi, tentu berpotensi meningkatkan angka ini ke depannya.

Pada ajang GIIAS inipun, Mitsubishi merilis pembaruan Xpander dan Xpander Cross yang berbenah di banyak sektor. Utamanya di fitur dan model transmisi yang digunakan. Dua model ini masih jadi penunjang penjualan terbesar dari MMKSI. (IVAN HERMAWAN/EK)

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Mitsubishi Pilihan

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Review
  • Artikel Feature