GIIAS 2021: Mengenal Mobil Konsep Hyundai Prophecy, Sedan Sport Elektrik

Hyundai Prophecy

JAKARTA, Carvaganza – Selain Hyundai CRETA yang diluncurkan pada hari pertama GIIAS (11/11), ada satu mobil lain di booth Hyundai yang menyedot perhatian pengunjung GIIAS 2021 di ICE, BSD City. Yaitu mobil konsep Hyundai Prophecy yang terpajang anggun di sebuah stage khusus.

Mobil konsep ini adalah kendaraan listrik (electric vehicle) untuk memperlihatkan visi masa depan Hyundai untuk kendaraan listrik di masa depan. Seperti diketahui, Hyundai sendiri sudah memiliki kendaraan listrik massal yakni Hyundai KONA Electric dan IONIQ Electric yang sudah dijual di pasar nasional.

Prophecy adalah konsep visioner yang mengekspresikan desain terbaru Hyundai yang disebut Sensuous Sportiness. Mobil konsep ini tampil dengan pendekatan aerodinamika paling mutakhir yang tentunya sangat diperlukan untuk sebuah EV.

Hyundai Prophecy

Sebagai kendaraan konsep, Prophecy menghadirkan siluet ikonik yang hadir dari kesempurnaan proporsi yang terinspirasi dari desain aerodinamis. Desainer Hyundai ingin menghadirkan Ultimate Automotive Form dengan memperpanjang ukuran wheelbase serta merendahkan overhang pada kendaraan. Hasilnya sebuah kendaraan yang menyajikan tampilan harmonis secara estetika dan fungsionalitas.

Sang mobil listrik menggunakan teknologi pencahayaan pixel lamp yang pertama kali hadir pada konsep ’45’. Teknologi ini terintegrasi pada headlamp, tail lamp dan spoiler serta nantinya akan digunakan pada produk-produk masa depan Hyundai.

Prophecy juga menggunakan teknologi berkendara otonom. Pada sisi kemudi, mobil konsep EV ini memiliki dua joystick sebagai kendali mobil saat berbelok yang diletakkan pada bagian tengah dan sisi pintu, sehingga dapat dikendalikan oleh pengemudi dengan nyaman. Lebih jauh, pengemudi dapat mengakses beragam fungsi pada kendaraan dengan lebih baik. Ini berkat hadirnya tombol yang terintegrasi pada joystick yang membuat Prophecy menjadi kendaraan yang memahami interaksi manusia dengan kendaraan dan meningkatkan keselamatan pengemudi di dalamnya.

Desain Hyundai Prophecy ini sudah mendapatkan pengakuan dari dunia internasional, salah satunya dari Red Dot Award 2020 yang menganugerahi penghargaan Best of The Best untuk Design Concept. Bentuk Prophecy ini juga dikabarkan akan menjadi generasi selanjutnya dari produk EV Hyundai Ioniq 6. Saat ini versi yang beredar, yakni Ioniq 5, telah menjadi salah satu mobil listrik yang populer di dunia dan memiliki banyak penggemar berkat fitur-fitur yang ditawarkannya.

Hyundai Prophecy

Selain Prophecy, Hyundai juga menampilkan E-GMP (Electric Global Modular Platform), sebuah platform masa depan untuk EV yang dikembangkan oleh Hyundai Motor. Hyundai sedang dalam proses untuk mencapai netralitas karbon pada tahun 2045 dengan menetralkan emisi CO2 di semua tahap produksi dan operasi.

Dengan menerapkan platform tersebut, Hyundai akan meluncurkan setidaknya 23 model EV baru hingga akhir 2025 dan akan memasok sebanyak lebih dari satu juta unit EV ke penjuru dunia. E-GMP akan memberikan banyak manfaat penting bagi model EV Hyundai, seperti lebih ringkas sehingga dapat mengoptimalkan ruang dan bobot; meningkatkan efisiensi daya, kemampuan untuk menggunakan kapasitas baterai yang sama namun dapat memberikan jarak tempuh lebih jauh; pengisian daya baterai yang jauh lebih cepat; dan membuat EV menjadi lebih nyaman untuk dikendarai. (SETYO ADHI/EK)

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Hyundai Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Review
  • Artikel Feature