GEAR UP: Harganya Selangit, Hot Wheels Rilis Diecast Mercy Limited Edition

diecast Mercy 300SL Gullwing Hot Wheels

CALIFORNIA, Carvaganza – Hot Wheels sudah sering mengeluarkan diecast mobil edisi terbatas. Tapi baru kali ini mengeluarkan edisi terbatas dipaketkan dengan jam tangan dan banderol harganya selangit. Mencapai US$ 10.000 atau sekitar Rp 142 juta dengan kursi 1 dollar sama dengan Rp 14.000.

Paketan ini ditawarkan oleh perusahaan jam mewah IWC dengan menawarkan koleksi set “Racing Works” untuk para kolektor jam dan pecinta motorsport. Jam high-end tersebut dipadukan dengan Mercedes 300SL Gullwing di dalam kotak yang terbuat dari titanium.

Jumlahnya sangat terbatas hanya 50 set saja. Bahkan hanya 49 buah saja karena produksi nomor pertama sudah dilelang oleh Bonham pada 22 Oktober kemarin dan terjual dengan harga sebesar US$ 96.000. Limited edition ini sekaligus menjadi salah satu diecast terlangka yang pernah diproduksi oleh Hot Wheels. Dan tentunya melihat harganya yang selangit, ini bukan diecast mainan untuk anak-anak.

Hot Wheels limited edition Mercy 300SL Gullwing

Diecast Mercy 300SL Gullwing yang diciptakan Hot Wheels ini betul-betul model dan produk baru. Dibuat dari mulai sketsa alias nol. Padahal Hot Wheels sudah pernah membuat Mercy model yang sama dulu. Tapi platform lama tidak dipakai.

Menurut Chief Designer Mattel Inc Chris Down, model tersebut merupakan salah satu casting paling detail yang pernah diproduksi. Komponen yang dipakai lima kali lebih banyak dari mobil Hot Wheels biasa dan dua kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan collectible Redline Club. Semuanya serba detail sehingga betul-betul otentik dengan livery IWC Racing, mulai dari lensa jernih untuk lampu depan, pintu gullwingnya betul-betul berfungsi, begitu juga dengan desain roda fixed-axlenya yang unik. Sampai bannya pun dibuat betul-betul otentik sehingga orang seperti melihat 300SL Gullwing sungguhan dalam ukuran penuh.

“Kami tahu bahwa kami ingin mengulang kesuksesan yang pernah kami lakukan di masa lalu dengan 300SL Gullwing, termasuk kolaborasi kami sebelumnya dengan IWC dalam menciptakan set diecast Team Transport yang sangat sukses di pasaran,” ujar Down kepada website The Drive.

“Agar detailnya benar-benar otentik, maka tim IWC dan Hot Wheels sengaja menciptakan edisi khusus, di mana mobil harus memiliki komponen-komponen yang sangat unik dari biasanya. Sebagai produk yang sangat terbatas, sebagian besar pengerjaan 50 mobil edisi terbatas itu dikerjakan secara manual dan semua mobil yang dibuat manual dengan tangan itu harus lolos pemeriksaan kualitas yang benar-benar maksimal dan tertinggi,” tambahnya.

Hot Wheels limited edition Mercy 300SL Gullwing

Pengerjaan diecast 

Down menambahkan bahwa diecast kerja sama antara Hot Wheels dengan IWC itu dibuat dengan ketelitian dan ketekunan tinggi agar betul-betul identik dengan versi mobil aslinya. Namun memang tentu saja ada sedikit perbedaan karena versi skala 1:64 dibuat untuk lintasan plastik ekstrusi, sedangkan yang orisinil mobil utuhan untuk lintasan aspal Goodwood.

Di dalam menciptakan diecast edisi istimewa ini, tim desainer Hot Wheels menggunakan haptic arm (forced-feedback) dan software CAD untuk membuat setiap komponen fisik secara digital. Fungsinya adalah untuk memastikan bahwa bagian-bagian penting eksterior dan interior bisa ditangkap secara mendetail dan dikenali dalam ukuran yang mungil seperti ini.

Hot Wheels limited edition Merc 300SL Gullwing

Model fisik yang dibuat dari bagian cetakan dan mesin 3D membuat keseluruhan ‘tampilan’ mobil mungil ini menyatu. Yang terpenting lagi adalah Yang terpenting lagi adalah, mainan prototipe ini dapat diuji di trek, termasuk di jalanan lurus, jalanan dengan permukaan tidak rata atau pun di loops.

Ada yang berminat? Kemungkinan sudah habis dipesan karena sebelum diciptakan, antrian peminat sudah panjang. (EKA ZULKARNAIN)

Sumber: thedrive.com

Baca juga:  Grin Miles, Helm Sepeda Multi-Fitur untuk Pesepeda Masa Kini

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Mercedes Benz Pilihan

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya