Ford GT40 Diubah Jadi Mobil Listrik, Lebih Kencang Dari Aslinya

Ford GT40 EV

LONDON, Carvaganza – Tren mobil listrik kini semakin luas sampai hadir ke segmen konversi mobil klasik. Seperti sebelumnya pernah dibuat konversi sebuah Jaguar E-Type menjadi bermesin listrik, kini mobil sport legendaris lainnya juga akan dibuat dengan konsep yang sama. Restomod konversi kali ini akan dilakukan pada sebuah Ford GT40 klasik.

Bukan cuma GT40 biasa, tapi basis yang dipakai adalah GT40 Le Mans yang chassisnya pernah dipakai melahap balapan ketahanan 24 jam di Le Mans. Proyek konversi ini akan dikerjakan oleh Everrati, perusahaan spesialis konversi mobil listrik asal Inggris. Bahkan performa yang dijanjikan dari Ford GT40 listrik ini cukup impresif.

Dikatakan bahwa GT40 bermotor listrik itu nantinya akan bisa menghasilkan tenaga hingga lebih dari 800 hp, diikuti torsi juga 800 Nm. Dengan angka tersebut, mobil ini diklaim akan bisa berakselerasi 0-100 km/jam dalam waktu kurang dari 4 detik.

Ford GT40 EV

Menjadi mobil konversi, artinya mesin V8 7.0 liter bawaan GT40 yang eksis di tahun 1960-an akan digantikan oleh sistem elektrik. Everrati akan memasang motor listrik dan baterai yang berkapasitas 60 kWh. Sementara untuk pengisian ulangnya akan bisa dilakukan dengan arus listrik yang sampai 700 V untuk fast charging.

Baca Juga: Ferrari Mulai Bangun Pabrik Khusus Mobil Listrik di Maranello

Di masanya, Ford GT40 dibangun sebagai mobil balap yang bukan hanya punya ketahanan bagus tapi juga bobot yang sangat ringan untuk patahkan dominasi Ferrari di Le Mans. Nah untuk versi listrik ini, Everrati menjanjikan penambahan bobot yang tidak terlalu banyak, mengingat hardware sistem listrik terkenal berat. Berat kosongnya diklaim akan seberat 1.300 kg, yang bahkan lebih ringan dari GT40 versi balap saat diisi penuh bensin.

Ford GT40 EV

Meski berganti ke motor listrik, para penggemar GT40 akan tetap bisa menikmati suara yang memacu adrenalin saat digeber. Suara mesin V8 yang hilang akan digantikan oleh suara artifisial yang memberikan simulasi perpindahan gigi, disebut sebagai “virtual gears”. Fitur ini bisa dinikmati saat mengaktifkan Race Mode di sistemnya.

Meski berwujud klasik, tapi proyek Ford GT40 Le Mans bertenaga listrik ini bukanlah restomod. Everrati menggunakan body dan chassis dari GT40 baru, yang dibuat oleh perusahaan dari Amerika Serikat bernama Superformance. Chassis yang mereka buat sudah mendapat lisensi resmi dari pemegang merek aslinya.

“GT40 melambangkan filosofi Everrati. Di saat banyak perusahaan melakukan konversi listrik mobil klasik, pendekatan kami jauh melampaui itu,” jelas founder dan CEO Everrati, Justin Lunny. “Menerapkan pola pikir dan keahlian OEM, kami mendefinisikan ulang kendaraan sebagai mobil baru dengan desain dan rekayasa canggih yang dijalankan oleh tim dengan pengalaman luas di beberapa pembuat mobil paling terkenal di dunia.”

Everrati

“GT40 menunjukkan bagaimana Everrati membawa seni ikon otomotif masa depan melalui elektrifikasi ke tingkat berikutnya. Dan dengan proses produksi yang terukur dan strategi ambisius untuk berkolaborasi dengan mitra pabrikan baru, kami siap untuk mengembangkan perusahaan dan terlibat dengan basis pelanggan global baru untuk GT40 dan model kami yang lain,” lanjutnya.

Tidak disebutkan berapa harga untuk konversi Ford GT40 Le Mans ini. Tapi kalau melihat rekam jejak Everrati, mereka pernah sebelumnya membuat konversi EV dari basis Porsche 911 964, Land Rover Defender, dan Mercedes-Benz 280SL.
(WAHYU HARIANTONO)

Baca Juga: Begini Tampilan Porsche 928 Restomod Ala Nardone Automotive Prancis

Sumber: Autocar

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Ford Pilihan

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza