Fokus Aftersales di Awal, McLaren Ingin Pegang Kembali Kepercayaan Konsumen Indonesia

McLaren Jakarta Service Center

JAKARTA, Carvaganza – Jenama McLaren Automotive akhirnya resmi beroperasi kembali di Indonesia, tetap dengan nama  McLaren Jakarta. Tapi, kali ini McLaren hadir melalui perusahaan baru, di bawah naungan Eurokars Group. Dimulai kembalinya operasional McLaren di Indonesia telah ditandai dengan peresmian Service Center di Jakarta Selatan, bulan Agustus lalu.

Secara bertahap McLaren akan kembali aktif di pasar mobil mewah Tanah Air. Menyediakan layanan aftersales terbaik dan resmi dipilih menjadi langkah awal dalam strategi pabrikan asal Inggris ini. Karena McLaren ingin menjamin konsumen yang sudah ada bisa merasa aman memiliki supercar yang fokus pengembangannya ditekankan pada teknologi ini. Setelahnya, bisnis McLaren akan berkembang.

Seperti di Singapura, kini McLaren berjalan bersama manajemen Eurokars. Perusahaan ini sendiri memang sudah cukup lama aktif bermain dan menghadirkan merek dan produk di segmen premium. Sebut saja Porsche, Maserati, Rolls-Royce, dan Ferrari. Rekam jejak Eurokars itulah yang meyakinkan petinggi McLaren di Woking, Inggris, untuk menjalin kemitraan dan mengembangkan bisnis di Indonesia.

Paul Harris & Herbert Kwee

“Menurut saya hal pertama adalah untuk mendapatkan kembali kepercayaan mereka, terlebih dengan Eurokars yang sudah terpercaya di pasar mobil mewah untuk bekerja sama dengan kami. Dan tentu kami juga punya pengalaman dengan mereka (Eurokars) dalam konteks yang lebih luas di Singapura,” jelas Paul Harris, Managing Director McLaren Automotive APAC & China, saat hadir di Jakarta.

Baca Juga: Ikut Endurance Tahun 2024, Lamborghini Rilis Spesifikasi Hypercar Balapnya

“Jadi kami sama sekali tidak meragukan bahwa 100 persen mereka adalah partner yang tepat, dan hari ini sangat jelas itu ditegaskan. Lihat saja kualitasnya, komitmennya, dan saya rasa siapa saja konsumen akan otomatis merasakan hal yang sama.”

Oleh Harris dijelaskan, bahwa meraih kembali kepercayaan konsumen terhadap McLaren menjadi kunci penting dalam membangkitkan lagi merek ini di Indonesia. Pengalaman positif yang berkelanjutan menjadi target yang ingin dibangun dan dicapai bagi McLaren Jakarta di kehidupan kedua ini. Setelah ini berhasil, bisnis kemudian akan dikembangkan.

Paul Harris Interview

“Ya, menurut saya kami harus mendirikan prinsip utama aftersales lebih dulu, lalu kemudian kami bisa melihat potensi apa yang bisa dikerjakan. Saya pikir mungkin kami akan melihat itu ke depannya sekitar 12-18 bulan lagi, lalu kami mengevaluasi ulang apa yang akan kami kerjakan. Perhatian kami adalah untuk berkembang, berevolusi dan sebagainya,” lanjut Harris.

Anak Muda Indonesia Suka McLaren

Alasan McLaren menghidupkan kembali bisnisnya di Indonesia dengan fasilitas resmi pabrikan, karena melihat sudah banyak populasi konsumen yang terpikat dan memiliki supercar McLaren. Selain itu, dilihat Harris bahwa konsumen indonesia punya karakteristik unik dan berbeda dibanding negara-negara tetangga.

Walaupun bukan termasuk merek kelas terjangkau, menurut penelusuran Harris konsumen McLaren di Indonesia cenderung berasal dari kalangan berusia muda. Antusiasme konsumen di kalangan ini terhadap produk McLaren, meski tidak sedikit juga konsumen muda dari negara lain satu region seperti Singapura, Malaysia, dan Filipina.

McLaren 765LT Daniel Ricciardo

“Menurut saya cukup mirip dalam banyak hal, perbedaannya adalah banyak konsumen yang lebih muda lebih antusias untuk merepresentasikan diri mereka. Jadi mereka mau menjadi berbeda, tampil berani dengan pilihan warna mobil mereka melalui spesifikasi mobil, dan mereka sangat suka mobil, balapan dan sebagainya, tapi tidak punya cukup kesempatan menikmati mobil karena jalanan macet,” jelas Harris soal konsumen Indonesia.

“Tapi kalau seandainya ada kesempatannya, McLaren adalah mobil yang sempurna untuk di trek, pengalamannya luar biasa. Jadi menurut saya itu adalah pembeda utamanya.”

Di Indonesia, sejak pertama kali McLaren hadir di tahun 2014 lalu, mayoritas model yang pernah ada di line up McLaren sudah beredar di Indonesia. Mulai dari 12C, 650S, 570S, 675LT, GT, sampai 720S yang diidolakan banyak car enthusiast di dunia. Kabarnya, McLaren akan tawarkan juga model terbaru dengan teknologi hybrid, yaitu Artura, saat waktunya tiba nanti.
(WAHYU HARIANTONO)

Baca Juga: Dacia Pamer Buggy EV di Paris Motor Show 2022, Canggih dan Kuat Tapi Murah

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Mclaren Pilihan

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza