First Drive: New Hyundai Santa Fe, SUV Urban Dengan Performa Buas

JAKARTA, Carvaganza – Bagi masyarakat urban, Hyundai Santa Fe terbaru bisa jadi salah satu produk dengan sajiannya yang lengkap. Mulai dari desain (eksterior dan interior) hingga pada performanya yang patut diacungi jempol. Kami berkesempatan untuk mencoba New Hyundai Santa Fe dengan rute Jakarta-Bogor-Jakarta dengan berbagai kondisi jalan, mulai dari jalan perkotaan, tol hingga blusukan di area pembangunan sekitar Bogor Selatan.

Hyundai Santa Fe punya tampang yang memang mencolok berkat desain fascia depannya yang berbeda dengan generasi sebelumnya. Desain grill yang terintegrasi dengan lampu depannya membuatnya sangat mudah dikenali, belum lagi desain headlight LED dengan T-Shaped yang makin menegaskan identitas Santa Fe baru dari depan. Dengan demikian sangat mudah mengenali wujud dari New Santa Fe lewat fascia depannya.

Hyundai Santa Fe 2021

Bagian menarik yang patut dieksplore dari New Santa Fe adalah mesin diesel 4-silinder 2,2-liter CRDi yang telah mendapat penyempurnaan. Dikawinkan dengan transmisi otomatis 8-percepatan, performa mesin diesel New Santa Fe terasa meledak-ledak saat dipakai berakselerasi di jalan raya. Perpindahan transmisi otomatisnya terasa responsif membaca putaran mesin sehingga tenaga 200 hp dan torsi 441 Nm tersaji begitu cepat tanpa jeda.

Product Expert PT Hyundai Motor Indonesia (HMID), Bonar Pakpahan sempat menjelaskan secara rinci ubahan apa saja yang dilakukan pada mesin New Santa Fe. Ternyata para insinyur Hyundai membuat racikan khusus hingga ke ruang bakar dan piston demi menghasilkan pengalaman berkendara yang maksimal. Jujur saja, performa New Santa Fe diesel jauh lebih galak jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya yang memiliki kapasitas mesin sedikit lebih besar.

 

Hyundai Santa Fe 2021

 

 

Berbeda lagi kalau kita bicarakan performa New Santa Fe versi bensin yang dibekali dengan mesin 4-silinder 2,5-liter MPi. Dikawinkan dengan transmisi otomatis 6-percepatan, Hyundai Santa Fe bermesin bensin punya karakter yang lebih sopan saat memuntahkan tenaga 178 hp dan torsi 232 Nm ke rodanya. Kalau boleh dibilang, karakternya sangat cocok untuk konsumen urban yang setiap hari menghadapi kondisi jalan yang stop & go.

New Santa Fe varian bensin adalah spesies baru ditujukan untuk memberikan pengalaman berkendara yang berbeda dari generasi sebelumnya yang hanya tersedia dalam satu varian yakni diesel. Namun jika kendaraan ini dipasarkan sebagai mobil keluarga urban yang memiliki kegiatan tak terlalu berat, rasanya sudah cukup. Ia akan mendapatkan paket menarik dari SUV berukuran sedang yang memiliki tampilan mewah, perfoma yang dapat diandalkan dan kenyamanan berupa getaran mesin yang halus dan suaranya yang hening khas mobil bermesin bensin.

Hyundai Santa Fe 2021

Meski demikian, Astrid Ariani Widjana, General Manager PT HMID sempat menyatakan bahwa permintaan konsumen terhadap varian bensin cukup banyak bahkan menyaingi permintaan varian diesel. Sayang, Astrid tak menyebutkan secara pasti angka penjualan Hyundai Santa Fe Bensin dan Diesel.

Fitur di dalam Hyundai New Santa Fe bisa dibilang cukup banyak dan semuanya begitu fungsional. Mulai dari Remote Engine Start yang memudahkan pengendara untuk menyalakan mesin kendaraan dan AC sesaat sebelum memasuki kabin. Fitur lainnya yang cukup funngsional adalah Smart Power Tailgate yang memungkinkan membuka pintu bagasi dengan gerakan kaki di kolong mobil. Oke, hampir setiap kendaraan di segmen ini sudah dibekali dengan fitur serupa dengan istilah yang berbeda-beda. Tapi setidaknya Santa Fe tidak ketinggalan.

Hyundai Santa Fe 2021

 

Berikutnya, peranti keselamatan berkendara seperti Lane Following Assist yang menjaga kendaraan tetap pada lajurnya. Seketika pengendara lengah, fitur Lane Keeping Assist segera mengkoreksi dan mengembalikan New Santa Fe kembali ke lajurnya. Kedua fitur tersebut secara apik membaca marka jalan jalan raya khususnya pada jalan tol, fitur ini cukup bermanfaat mengurangi resiko kecelakaan.

Fitur berikutnya adalah Forward Collision-Avoidance Assist (FCA) yang secara otomatis memberikan peringatan akan adanya potensi resiko tabrakan, ketika New Santa Fe terlalu dekat dengan kendaraan lain di depannya. Memang kendaraan tidak ada secara otomatis mengerem. Tapi begitu sistem membaca kemungkinan terjadinya benturan, mobil mengerem secara otomatis. Tidak hanya mobil ataupun sepeda motor, sistem juga bisa membaca objek lain di depan kendaraan seperti sepeda hingga pejalan kaki.

Hyundai Santa Fe 2021

Sepanjang perjalanan kami hampir tidak menemukan banyak hal yang bisa dikritisi. Soal kenyamanan kabin, jujur sangat nyaman. New Santa Fe yang memiliki konfigurasi 7-penumpang yang setiap kursinya dibalut material kulit berkualitas. Posisi duduk dapat diatur secara elektrik. Kabinnya yang lapang deidesain dengan layout yang memberik kesan luas pula.  Belum lagi terdapat panoramic sunroof berukuran besar di atap kabin dan menegaskan kesan elegan pada New Santa Fe.

Hyundai hanya menyediakan paket fitur yang lengkap tersebut pada varian tertinggi yakni New Santa Fe Signature, baik bermesin bensin maupun diesel. Namun sebenarnya PT HMID menghadirkan enam varian New Santa Fe untuk pasar Indonesia dengan banderol mulai dari Rp 569 Juta – Rp 729 Juta. ALVANDO NOYA / RS

Harga Hyundai Santa Fe 2021:
New Santa Fe G 2.5 6AT Style: Rp 569,000,000,-
New Santa Fe G 2.5 6AT Prime: Rp 599,000,000,-
New Santa Fe G 2.5 6AT Signature: Rp 678,000,000,-
New Santa Fe D 2.2 8DCT Style: Rp 629,000,000,-
New Santa Fe D 2.2 8DCT Prime: Rp 659,000,000,-
New Santa Fe D 2.2 8DCT Signature: Rp 729,000,000,-

Artikel yang direkomendasikan untuk anda