Fakta Unik Pabrik Inovatif Hyundai Indonesia di Cikarang

Pabrik Hyundai Cikarang

CIKARANG, Carvaganza – Dalam waktu dekat, Hyundai siap melahirkan produk kendaraan terbaru dari pabrik yang didirikan di Indonesia. Pabrik milik PT Hyundai Motors Manufacturing Indonesia (HMMI) telah rampung dibangun di Deltamas, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, sejak akhir tahun 2021. Ada banyak hal menarik dan unik dari pabrik Hyundai ini, yang menjadi terobosan di industri otomotif nasional.

Pada GIIAS 2021 lalu, bulan November, peluncuran Hyundai Creta untuk pasar Indonesia sekaligus menandai akan beroperasinya pabrik dengan luas bangunan 18,8 hektar ini. Hyundai Motor Company sebagai induk perusahaan telah menanamkan investasi sebesar 1,55 miliar USD untuk membangun fasilitas produksi berskala besar pertama mereka di Indonesia.

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) kebetulan mengajak sejumlah media terpilih untuk berkunjung dan melihat fasilitas pabrik HMMI. Lewat acara yang bertajuk Media Experience Day pada hari Kamis (13/1/2022) kemarin, Hyundai membongkar rahasia dapur yang disimpan rapat-rapat selama ini. Selain itu kami juga sempat diajak sesaat mencoba mobil pertama produksi HMMI, yaitu New Hyundai Creta. Lalu apa saja yang menarik dari pabrik yang berdiri di lahan seluas 77,7 hektar ini?

Baca Juga: Mobil-Mobil Baru Suzuki 2022, Wow Ada Jimny 5-pintu Bermesin Turbo!

Tempat Lahir Creta

Peluncuran di GIIAS 2021 bukan hanya menjadi debut Hyundai Creta di dunia untuk versi facelift, tapi juga menandai siap beroperasinya pabrik HMMI. Seperti diketahui, Creta adalah model pertama yang lahir dari fasilitas baru ini, yang kemudian disusul oleh banyak model lain. Creta sendiri adalah SUV kompak dengan fitur dan opsi varian atraktif.

Sejauh ini, Hyundai telah berhasil membuat sebanyak 390 unit Creta ketika kami berkunjung kemarin. Ratusan unit Creta juga disebut akan lahir setiap harinya dari pabrik ini. Nantinya, HMMI bukan hanya akan menjadi basis produksi Creta untuk pasar Indonesia, tetapi juga akan memenuhi permintaan pasar ekspor. Beberapa model andalan lainnya dijanjikan akan dilahirkan juga dari Cikarang menyusul Creta.

Pabrik Hyundai

Punya Tempat Produksi Oksigen

Di antara semua pabrik otomotif yang ada di Indonesia, Hyundai adalah satu-satunya pabrikan yang punya fasilitas produksi oksigen di dalam area pabrik. Fasilitas ini dibuat untuk memenuhi kebutuhan oksigen di area sekitar pabrik, yang sedang tinggi-tingginya di tengah masa pandemi COVID-19 ini. Hyundai bekerja sama dengan Baznas dan Satgas COVID-19 setempat dalam mendistribusikan tabung oksigen.

Dalam sehari, fasilitas ini bisa memproduksi sebanyak 200 tabung oksigen ukuran 40 liter, yang bisa digunakan oleh 70 orang pasien. Oksigen yang diproduksi telah memenuhi standar Kementerian Kesehatan, dipastikan aman untuk dipakai pasien. Menariknya, sebagai pabrik otomotif, Hyundai justru lebih dulu telah mendistribusi produksi oksigen daripada mobil keluar pabrik.

Pabrik Ramah Lingkungan

Tidak hanya didukung oleh teknologi canggih, pabrik HMMI juga menerapkan langkah dan material produksi yang ramah lingkungan. Pemanfaatan energi dan material selama kegiatan produksi benar-benar diperhatikan untuk menjamin sustainability. Seperti di proses pengecatan kendaraan yang diproduksi menggunakan cat berbasis air atau waterbone dengan kandungan volatile organic compound (VOC) rendah. Bahan dasar cat dengan VOC rendah mereduksi bau tidak sedap dari thinner yang dapat mengganggu kesehatan.

Selain itu, energi listrik yang dipakai di fasilitas assembly shop alias area perakitan berasal dari panel surya (solar cell). Jadi sebagian area di pabrik yang membutuhkan banyak listrik menggunakan energi yang terbarukan dan melimpah di Indonesia. Apalagi di fasilitas ini mengoperasikan sekitar 400 unit robot untuk prosesnya.

Perhatikan Keselamatan dan Kesehatan Karyawan

Hyundai menghadirkan sejumlah inovasi pada pabrik HMMI ini, yang salah satunya ditujukan demi menunjang kenyamanan dan kesehatan para karyawannya selama bekerja. Seperti di seluruh ruangan fasilitas produksi, telah dilengkapi dengan AC alias full AC untuk menjamin temperatur ruangan yang nyaman selama bekerja.

Kemudian di bagian assembly shop, karyawan didukung dengan wearable device yang akan menjaga posisi tubuh tetap nyaman untuk pengerjaan yang tidak ergonomis. Selain itu disediakan juga safety training center untuk menjamin keselamatan para karyawan jika terjadi kecelakaan saat bekerja, dengan sejumlah instalasi simulasi kejadian yang tidak diinginkan. Bahkan Hyundai sediakan terapi psikologis jika dibutuhkan agar menjamin kesehatan mental para karyawannya.

MoU Pabrik Hyundai Indonesia

Produksi Ratusan Ribu Mobil

Pabrik HMMI telah rampung pembangunannya pada akhir tahun lalu, yang dimulai sejak akhir 2019. Selain Creta yang lahir sebagai model pertama buatan Hyundai di Indonesia, ratusan ribu unit mobil akan lahir dari pabrik ini. HMMI memiliki 3.720 orang karyawan di pabrik, yang bekerja dalam 3 shift. Untuk satu shift, bisa memproduksi sebanyak 300 unit mobil per hari. Satu unit mobil ditargetkan untuk selesai dirakit dalam waktu 3 jam 7 menit.

Untuk masa awal, target produksi Hyundai adalah 150.000 unit mobil dalam satu tahun. Lalu ketika sudah beroperasi dalam skala penuh dan melakukan ekspansi, produksi akan meningkat menjadi 250.000 unit per tahunnya.

Hyundai IONIQ 5

Lahirkan Mobil Listrik Murni

Bukan cuma mobil bermesin konvensional seperti Creta, HMMI juga sudah janjikan pabriknya ini untuk menjadi basis produksi mobil bertenaga listrik juga. Sejak tahun 2020, Hyundai sudah pasarkan dua model mobil listrik murni di Indonesia yaitu Kona dan Ioniq versi Electric. Namun bukan dua model tersebut yang akan lahir dari Cikarang.

Selama tur di pabrik, sempat dikatakan bahwa tim di assembly shop tengah mendapat tantangan untuk merakit Ioniq 5. Sejauh ini diakui sudah sebanyak 3 unit Ioniq 5 selesai dirakit dan dipelajari oleh karyawan di HMMI. Bahkan instalasi peralatan assembly di pabrik untuk hatchback listrik ini sudah selesai, dan ditargetkan bulan Maret mendatang Ioniq 5 siap diproduksi.
WAHYU HARIANTONO

Baca Juga: Mitsubishi Siapkan 7 Mobil Konsep Pada Tokyo Auto Salon 2022

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Hyundai Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Review
  • Artikel Feature