Mobil-Mobil Baru Suzuki 2022, Wow Ada Jimny 5-pintu Bermesin Turbo!

Suzuki Jimny 5-Doors

CARVAGANZA – Suzuki meluncurkan enam model terbaru tahun ini. Dua di antaranya adalah facelift. Sementara itu, Suzuki juga menyatakan akan mendatangan empat SUV terbaru yang mengisi berbagai segmen. Berita ini datang dari Suzuki India. Mungkinkah mobil-mobil ini juga diluncurkan di Indonesia?

Dari keempat model yang diimpor tersebut terdapat Vitara Brezza generasi terbaru dan mengisi segmen SUV kompak. Tampilan eksterior dan interiornya juga akan disempurnakan dengan sokongan mesin yang sama dari generasi sebelumnya yakni 4-silinder 1,5-liter. Namun kabarnya akan ada varian baru yang didukung dengan mesin hybrid yang lebih bertenaga, meski spesifikasinya belum dirilis secara resmi.

Suzuki Vitara

Selain itu, pabrikan juga akan melakukan penyempurnaan pada platform Heartect agar lebih kokoh dan kuat dari generasi sebelumnya. Spekulasi tentang generasi terbaru Vitara Brezza ini mengarah pada fitur pendukung di dalamnya yang lebih lengkap di antaranya layar hiburan yang lebih besar, penggunaan sunroof elektrik serta sistem airbag hingga enam titik. Selain itu, SUV tersebut akan diberi logo ulang oleh Toyota dan dijual dengan merek sebagai Urban Cruiser generasi baru.

Maruti dikabarkan juga tengah menyiapkan sebuah SUV entri level dengan mengambil basis dari Baleno. Kendaraan baru dengan kode YTB ini juga akan mengisi segmen di bawa Vitara Brezza dan ditenagai mesin bensin 1,2-liter dengan pilihan hybrid. Kabarnya mesin tersebut memiliki tenaga dan torsi yang lebih besar dari milik Baleno generasi terakhir.

Suzuki Hustler

Selain itu, Maruti Suzuki juga akan bekerja sama dengan Toyota untuk mengembangkan sebuah SUV menengah yang menggantikan eksistensi S-Cross. Beberapa sumber juga menyatakan bahwa model baru ini akan dikembangkan di atas platform DNGA yang juga digunakan oleh Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. Di balik kap, akan dipasangkan mesin bensin berkapasitas 1.5-liter yang juga tersedia dengan pilihan elektrifikasi. Nantinya baik Suzuki dan Toyota akan menjual model tersebut dengan emblem perusahaan masing-masing.

Terakhir, model yang paling ikonik yakni Suzuki Jimny dengan konfigurasi 5-pintu dan akan menjadi saingan Mahindra Thar dan Force Gurkha. Belum ada gembar-gembor mengenai spesifikasi apa yang akan digunakan oleh Jimny berukuran panjang ini, namun besar kemungkinan akan menggunakan mesin 1,5-liter dengan suntikan turbo. Keempat model tersebut dipastikan akan dijual di India pada tahun ini dan tidak menutup kemungkinan akan dipasarkan juga di Indonesia.

Mengingat India dan Indonesia memiliki segmen kendaraan yang serupa dan seringkali memiliki model yang sama untuk dipasarkan. Bahkan beberapa model Suzuki di India diimpor langsung oleh Suzuki Indonesia melalui PT Suzuki Indomobil Sales. Belum lagi kabar mengenai Suzuki Indonesia yang menghentikan Karimun Wagon R dengan alasan akan bermain di pasar elektrifikasi. Jadi kita tunggu saja kabar selanjutnya.
ALVANDO NOYA / RS

Baca juga: Gelar Pameran di 20 Kota di Indonesia, Mitsubishi Jagokan Duo Xpander dan Xpander Cross

Sumber: Gaadi

Mobil Suzuki Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya