F1: Hujan Tabrakan Berikan Ocon Kemenangan GP Hungaria 2021, Hamilton Salip Verstappen di Klasemen

GP Hungaria 2021

BUDAPEST, Carvaganza – Grand Prix Hungaria 2021 menjadi seri terakhir Formula 1 di paruh pertama musim ini sebelum libur panjang musim panas. Balapan di hari Minggu (1/8/2021) kemarin bukan hanya menjadi titik balik pererbutan gelar juara dunia, tetapi juga menyajikan hasil dramatis yang tidak diduga siapapun sebelumnya. Siapa yang menyangka Esteban Ocon akan meraih kemenangan F1 pertamanya di Hungaroring?

Ocon, pembalap tim Alpine berhasil memenangkan Grand Prix Hungaria 2021, setelah mengatasi tantangan kondisi trek yang cepat berubah di awal balapan. Pembalap berusia 24 tahun itu juga meraih kemenangan perdananya dengan menahan tekanan dari Sebastian Vettel sepanjang balapan. Di sisi lain, para penantang gelar, Lewis Hamilton dan Max Verstappen, harus berjuang keras meraih poin maksimal setelah terlempar ke posisi belakang di awal balapan.

Semua itu diawali oleh rangakaian tabrakan yang terjadi di tikungan pertama setelah start, karena Valtteri Bottas yang mengerem terlambat di trek basah. Start dari posisi kedua, Bottas mengerem terlalu keras membuat bannya terkunci, sehingga menabrak Lando Norris yang menyalip di depannya. Norris yang kehilangan kendali kemudian menabrak Verstappen, sementara Sergio Perez mendapat sundulan susulan dari Bottas yang langsung membuat kedauanya tersingkir.

F1 Grand Prix Hungaria 2021

Bukan hanya itu, tabrakan juga terjadi antara Lance Stroll, Daniel Ricciardo dan Charles Leclerc di tikungan 1. Stroll dan Leclerc juga harus menyudahi balapannya tidak sampai satu lap berjalan, sementara Ricciardo masih bisa berjuang dengan kerusakan minor di mobilnya. Hamilton yang start dari pole position beruntung bisa lolos dari rangkaian insiden di belakangnya  untuk bis tetap memimpin balapan.

Baca Juga: 3 Mobil Balap Spesial Rayakan 50 Tahun Kesuksesan Pertama Mercedes-AMG di Spa-Francorchamps

Dengan kondisi mobil beberapa pembalap terhenti di pinggir trek, balapan akhirnya dihentikan sementara di lap 2. Melihat kondisi mobil Verstappen yang rusak cukup parah di sisi kanan, Red Bull memanfaatkan kesempatan ini untuk memperbaiki mobil agar tetap bisa ikut balapan. Setelah trek dibersihkan dan aman, balapan pun dilanjutkan.

Dengan cuaca yang sudah berubah cerah, trek dengan cepat mengering jelang start ulang yang dilakukan kembali dari grid. Namun melihat kondisi trek, mayoritas tim memanggil para pembalapnya untuk masuk pit, berganti dari ban intermediate ke slick. Hanya Hamilton yang menuju grid untuk start, masih dengan ban intermediate. Alhasil, Hamilton satu-satunya yang menunggu lampu start padam dan melesat menuju tikungan 1.

Dari seluruh pembalap selain Hamilton yang masuk pit jelang restart, Ocon dan Vettel keluar paling depan. Dan baru satu lap berlangsung setelah restart, Hamilton ikut masuk pit untuk berganti ke ban slick. Praktis posisinya langsung melorot ke paling belakang karena pembalap lain yang sudah lebih dulu masuk pit melaju lebih kencang di atas trek yang kering. Ocon memimpin di depan Vettel, Nicholas Latifi, Yuki Tsunoda dan Carlos Sainz.

Hamilton Start

Dengan mobil yang kehilangan bagian bargeboard di sisi kanan, Verstappen yang telrempar ke posisi harus berusaha ekstra dalam menyalip pembalap di depannya. Bahkan untuk menyalip Mick Schumacher dengan mobil Haas saja, perlu beberapa lap sampai akhirnya Verstappen berhasil menyalip. Begitu juga Hamilton yang posisinya beberapa mobil di belakang Verstappen.

Melihat banyaknya barisan mobil dengan jarak cukup rapat di depan, Mercedes memanggil Hamilton masuk pit di lap 20, berganti dari ban kompon medium ke hard. Strategi Mercedes ini kemudian diikuti oleh tim lain, termasuk McLaren dan Red Bull. Satu lap berselang, Ricciardo dan Verstappen masuk pit bersamaan, namun berhasil disalip Hamilton begitu keluar pitlane. Tanpa terhalang mobil lain, outlap Hamilton setelah pit langsung kencang dan memberikannya dua posisi.

Sampai separuh balapan lewat, lap 35/70, Ocon tetap di depan memimpin sambil menahan tekanan dari Vettel. Sedangkan Hamilton sudah berhasil kembali posisi sepuluh besar untuk mengamankan poin, berbeda dengan Verstappen yang harus tertahan lama di belakang Ricciardo.

Ocon Vettel

Perubahan posisi mulai terjadi di baris depan. Latifi dan Tsunoda yang harus masuk pit lebih awal memberikan posisi ketiga kepada Sainz, satu-satunya pembalap Ferrari yang tersisa. Vettel yang berusaha merebut kemenangan, masuk pit lebih dulu, satu lap sebelum Ocon. Namun karena sedikit kesalahan kru pit stop saat mengganti ban membuat upaya undercut Vettel gagal ketika Ocon masuk pit juga satu lap setelahnya. Posisi terdepan masih milik Ocon.

20 lap tersisa, Hamilton sudah berada tepat di belakang Sainz, di posisi keempat. Namun melihat ban hard miliknya yang sudah cukup aus karena berusaha keras menyalip beberapa pembalap sebelumnya, Hamilton memilih masuk pit lagi untuk berganti ke ban kompon medium. Sainz mengikuti strategi Ferrari untuk mempertahankan posisi podium dengan hanya satu kali pit stop.

Dengan keunggulan ban lebih prima, Hamilton langsung merapatkan jarak kembali dengan sainz, namun kini dengan ada Fernando Alonso di antara keduanya. Alonso yang sudah lebih termotivasi sejak kembali dari dua tahun absen, memberikan perlawanan kuat pada Hamilton. Lap demi lap upaya menyalip Hamilton ditepis oleh Alonso lewat manuver bertahan hebat yang menjadi salah satu keunggulannya.

Tidak jarang Hamilton dan Alonso berduel keras di setiap titik yang berpeluang untuk menyalip, yaitu dari tikungan 1, 2, 3 dan 4 di Hungaroring. Bahkan pada satu kesempatan keduanya sempat bersenggolan ban, namun tidak berakibat fatal. Akhirnya di lap 65, Hamilton berhasil menyalip Alonso untuk meraih posisi keempat.

Alonso Hamilton

Setelah melewati Alonso, Hamilton masih harus berhadapan dengan pembalap Spanyol lainnya, yaitu Sainz. Pembalap Ferrari itu juga sempat memberi perlawanan kuat terhadap Hamilton demi menjaga posisi ketiganya. Namun tidak butuh waktu lama untuk Hamilton menyalip Sainz, yang berhasil dilakukannya hanya dalam dua lap. Tiga lap tersisa, Hamilton sudah aman di posisi tiga besar.

Setelah meleawti 70 lap dan menahan tekanan Vettel, Ocon finish pertama untuk meraih kemenangan perdananya di F1. Ocon persembahkan kemenangan pertama Alpine dengan finish dengan jarak 1,8 detik di depan Vettel, dan 2,7 detik dari Hamilton yang berhasil mengejar dan menutup jarak di lap terakhir. Sementara Verstappen harus puas fiish ke-10 dan membawa pulang 1 poin.

Hasil balapan GP Hungaria 2021, Hamilton berhasil mengamnbil alih pimpinan klasemen pembalap dari Verstappen, yang kini unggul 6 poin (192-186). Begitu juga dengan Mercedes, dengan minimnya poin dari Red Bull, puncak klasemen konstruktor diambil alih dengan memimpin 300 poin dari 290 milik Red Bull.

GP Hungaria Finish

Penalti Setelah Balapan

hasil balapan GP Hungaria 2021 ternyata belum final setelah finish, karena adanya beberapa pembalap yang diinvestigasi setelahnya. Selain Bottas yang ditauhi hukuman mundur lima posisi untuk start balapan berikutnya, Vettel diinvestigasi dengan dugaan melanggar regulasi pasca balapan.

Setelah balapan, Vettel tidak masuk ke pit lane untuk parc ferme, tetapi berhenti di pinggir trek. Hal itu diminta Aston Martin agar bahan bakar yang tersisa di dalam mobil masih cukup untuk syarat scrutineering setelah balapan.

Ternyata setelah investigasi, sample bahan bakar tersisa yang diambil dari mobil Vettel kurang dari jumlah yang ditentukan. Akhirnya Vettel didiskualifikasi beberapa jam setelah balapan, dan kehilangan posisi keduanya.

Dengan Vettel didiskualifikasi, Hamilton naik ke posisi kedua, disusul Sainz yang mendapat posisi ketiga. Poin di klasemen pun berubah, memberi keunggulan tambahan kepada Hamilton atas Verstappen menjadi 8 poin. Di klasemen konstruktor pun poin Mercedes semakin unggul menjadi selsiih 12 poin dair Red Bull, sedangkan Ferrari menyamai poin McLaren untuk menempati posisi ketiga.
WAHYU HARIANTONO

Baca Juga: Netflix akan Hadirkan Dokumenter Tentang Kisah Hidup Michael Schumacher

GP Hungaria Klasemen

GP Hungaria Klasemen

Mobil Renault Pilihan

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya