Ditemukan, Aston Martin Super Langka Di Jalanan London

Aston Martin Bulldog

LONDON, Carvaganza – Aston Martin pernah memproduksi mobil yang namanya diambil dari nama anjing Bulldog. Mobil tersebut diproduksi pada tahun 1979 dengan angka produksi super terbatas. Tadinya bakal diproduksi antara 15 sampai 25 unit saja, tapi akhirnya hanya diproduksi satu unit saja (one-off) karena biaya produksinya dianggap terlalu mahal.

Kelahiran Bulldog sebagai mobil konsep langka memperlihatkan betapa gilanya ide Aston Martin di era 1970-an dan ’80-an. Hasil karya desainer Williams Towns, yang melahirkan ide gila itu setelah Ia menciptakan Aston Martin Lagonda. Supercar bermesin tengah ini dirancang untuk mencapai kecepatan tertinggi 320 km/jam.

Nah Bulldog– karena hanya diproduksi 1 unit saja di dunia – sempat tak ketahuan rimbanya. Kita pun mungkin baru sekarang mendengar nama sang Bulldog. Enggak disangka-sangka mobil muncul di kota London, di parkir di pinggir jalan raya.

Aston Martin Bulldog

Bahkan terlihat ditemani oleh dua mobil premium klasik lainnya Bentley Continental GT dan Bizzarini 5300GT Strada. Tapi yang paling menjadi pusat perhatian adalah Aston Bulldog karena bentuknya yang aneh. Mirip dengan Tesla Cybertruck, tapi punya nilai estetika yang lebih tinggi.

Bulldog dilengkapi dengan mesin V8 5.3 liter yang bersanding dengan twin turbocharge Garret, yang pada masa itu memang mesin canggih. Seperti pada mesin-mesin turbo era awal, kompresinya rendah pada kisaran 7,5:1, tapi mesin bisa melaju sehat dengan 13 psi. Waktu itu, mesin V8 Aston Martin yang masih karburator Weber digantikan mesin fuel injection buatan Bosch. Kabarnya sang mesin menghasilkan tenaga sampai titik maksimal 700 hp, tapi dibuat lebih rendah pada 600 hp biar lebih tahan lama.

Untuk mendapat kecepatan yang tinggi, maka bobotnya dibuat enteng hanya 1.750 kg. Meskipun diklaim memiliki top speed 320 km/jam, Bulldog belum pernah dicoba sampai titik maksimal sampai angka itu. Baru pernah diuji di test track MIRA tahun 1980 dengan kecepatan sampai 306 km/jam. Proyek untuk menguji kecepatan maksimal Bulldog terhenti setelah Aston Martin yang nyaris bangkrut dibeli oleh Victor Gauntlett tahun 1981.

Aston Martin Bulldog

Sang Bulldog pun dibeli oleh seorang  miliarder Inggris. Setelah itu berpindah-pindah tangan dan akhirnya jatuh ke tangan Richard Gauntlett, anak Victor Gauntlett. Mobil pun direstorasi full dan pernah dipamerkan di Hampton Courth Concours of Elegance musim panas 2021 dengan warna aslinya. Waktu itu, car enthusiast masih bertanya-tanya apakah Bulldog masih bisa jalan?

Restorasi dikerjakan oleh Classic Motor Cars di Bridgenorth, Inggris. Kabarnya, Richard selaku pemilik masih berambisi untuk mencoba Bulldog mencapai top speed maksimalnya320  km/jam. Kemungkinan bakal dikendarai oleh pembalap Aston Martin, Darren Turner, sehingga sang super langka bisa menyelesaikan cita-citanya yang tertunda selama 40 tahun.

Ditemukannya Bulldog di jalan raya membuktikan mobil itu masih bisa jalan dikendarai. Dan masih dalam kondisi mulus serta orisinil. Jika ingin melihat videonya, silakan klik di sini. (EKA ZULKARNAIN)

Sumber: thedrive & ragam sumber

Baca juga: Saat COVID-19, Ditemukan Harta Karun 300 Mobil Langka di New York

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Aston Martin Pilihan

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya