Dipercaya Jadi Safety Car WSBK 2022 di Mandalika, Begini Spesifikasi Seru Hyundai i30 N

Hyundai i30 N Safety Car

MANDALIKA, Carvaganza - Ajang World Superbike Championship (WSBK) akhir pekan ini kembali ke Indonesia, menggelar balapan di Sirkuit Mandalika, Lombok. Selain akan menampilkan motor balap dari berbagai pabrikan, WSBK juga akan dikawal oleh Hyundai i30 N Fastback yang dipercaya sebagai safety car pengawal balapan.

KEY TAKEAWAYS

  • Hyundai i30 N Fastback jadi safety car WSBK

    Berkat partnership antara Hyundai Motor Company dan WSBK untuk menyuplai official car, termasuk safety car
  • Mesin i30 N Fastback punya performa buas

    Tenaganya 275 hp disertai torsi 392 Nm
  • Mobil performa tinggi racikan pabrikan Korea Selatan ini adalah buah tangan dari Hyundai N. Divisi khusus yang meracik mobil performance tersebut berlokasi di Kota Namyang, pusat R&D Hyundai. Timsus ini bila disetarakan persis dengan divisi BMW M, Mercedes-AMG, atau Toyota GR.

    Nantinya Hyundai i30 Fastback N akan melakoni tugas pada momentum tertentu WSBK. Sebagai contoh saat sesi warm up (pemanasan), hadir ketika adanya crash, atau memastikan lintasan aman sepenuhnya untuk menjalani balapan.

    Hyundai i30 N Safety Car

    Tampilan Agresif

    Soal tampilan, sesuai divisinya, Hyundai i30 Fastback N punya visual yang sangat sporty. Sektor fascia kental dengan nuansa agresif dengan logo N di komponen grille kanan untuk memperkuat identitas kencangnya.

    Baca Juga: Generasi Terbaru Subaru Impreza Siap Debut di Los Angeles Auto Show 2022

    Dia diracik dengan dasar prinsip 'form follows function' yang merujuk pada rasio optimal antara downforce, drag, dan aerodinamika. Sedan model fastback (bagian belakang lebih landai) 4 pintu ini dinilai mumpuni untuk menjaga laju motor peserta saat diperlukan.

    Khusus untuk mengamankan jalannya balap WSBK, Hyundai i30 Fastback N tampil dengan visual menarik. Perpaduan warna biru muda dan orange membuat mobil ini jauh lebih atraktif. Kemudian ada juga beberapa revisi kaki-kaki, mobil ini mengaplikasikan velg Braid berukuran 19 inci dengan balutan ban Pirelli P Zero 255/35 R19.

    Performa Buas

    Di balik bonnet-nya bersemayam mesin turbo dengan kubikasi 2.000 cc, 4-silinder yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 275 hp dan torsi puncak 392 Nm. Output itu kemudian didistribusikan ke penggerak roda depan lewat transmisi manual 6-percepatan atau otomatik 8-percepatan N DCT.

    Hyundai i30 N Safety Car

    Akhir 2021 lalu, kami sempat melihat langsung mobil ini di Mandalika dalam gelaran WSBK. Raungan mesin dan letupan dari knalpot menunjukkan bila Hyundai i30 Fastback N bukan mobil sembarangan.

    Hyundai N dan 3 Pilar Pentingnya

    Hyundai N sejatinya hadir berdasarkan kebutuhan sebuah mobil balap yang kompetitif. Dalam pembuatan sebuah produk didasari dari 3 pilar yakni Corner Rascal, Human Machine Interface, dan Race Track Capability.

    Dalam pembahasan yang singkat, Corner Carsal merujuk pada mobil yang lincah di tikungan dan kesimbangan yang mumpuni. Maka dari itu hadir suspensi yang khusus dibuat untuknya.

    Kemudian Human Machine Interface, didapuk sebagai mobil performa tinggi namun tak meninggalkan kenyamanan untuk pengemudinya. Beragam fitur dan peranti canggih disematkan untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

    Hyundai i30 N Safety Car

    Dan terakhir Race Track Capability. Sederhananya produk Hyundai menggunakan komponen khusus balap, mulai dari penggunaan ban, fitur race seperti launch control, downforce enhancement, shift indicator, hingga peranti aerodinamika adaptif. Keseluruhan modal ini yang juga ditanam pada mobil Hyundai i30 Fastback N sebagai armada pengamanan jalannya balap WSBK.
    (BANGKIT JAYA / WH)

    Baca Juga: Honda Accord Gen-11 Resmi Debut, Berlimpah Fitur Canggih dan Hybrid Bertenaga Buas

    Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

    Mobil Hyundai Pilihan

    • Upcoming

    Updates

    Artikel lainnya

    New cars

    Artikel lainnya

    Drives

    Artikel lainnya

    Review

    Artikel lainnya

    Video

    Artikel lainnya

    Hot Topics

    Artikel lainnya

    Interview

    Artikel lainnya

    Modification

    Artikel lainnya

    Features

    Artikel lainnya

    Community

    Artikel lainnya

    Gear Up

    Artikel lainnya

    Artikel Mobil dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test

    Artikel Mobil dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Review
    • Artikel Feature