Chevrolet Indonesia Pastikan Keselamatan Konsumen Lewat Program Recall Airbag

JAKARTA, Carvaganza – Chevrolet memang sudah tidak lagi memasarkan produknya di Indonesia sejak hengkang sejak Maret 2020 lalu. Tapi, bukan berarti para konsumen yang masih memiliki kendaraan Chevrolet dibiarkan begitu saja. Contohnya saat ini, Chevrolet mengumumkan kampanye recall sejumlah model kendaraannya di Indonesia, terkait potensi masalah komponen airbag.

Chevrolet Indonesia menggelar safety recall untuk penggantian komponen airbag produksi Takata, yang terletak pada sisi pengemudi. Tercatat sekitar 8.000 unit kendaraan Chevrolet di Indonesia terdaftar dalam recall ini, yang meliputi beberapa model. Dan untuk recall ini, Chevrolet melibatkan 30 bengkel resmi di seluruh Indonesia, yang dikelola sebagai Authorized Service Outlet (ASO).

“Hal ini tidak lain adalah sebagai wujud komitmen Chevrolet Indonesia untuk terus menyediakan layanan purna jual, penyediaan suku cadang, perlindungan garansi (warranty) bagi seluruh pemilik kendaraan Chevrolet, termasuk perbaikan kendaraan di bawah kegiatan safety recall,” jelas Dadan Ramadhan, Direktur Aftersales and Customer Care Generasl Motors Indonesia.

Chevrolet Trax

Sebagaimana diketahui, secara ringkas, peluncuran safety recall penggantian airbag ini di dunia diawali dari notifikasi National Highway Traffic Safety Administrator (NHTSA) di Amerika yang menemukan adanya resiko serius bahwa serpihan logam yang berasal dari wadah (container) propellant didalam airbag dapat terlontar pada saat airbag mengembang, yang bisa mengakibatkan cedera serius, bahkan kematian.

Kampanye recall ini serupa dengan yang dilakukan oleh sejumlah pabrikan lain di dunia, yang terdampak oleh potensi kegagalan airbag yang diproduksi oleh Takata. Selain Chevrolet, beberapa merek otomotif lain juga tengah menjalankan program ini di Indonesia, sejak beberapa tahun lalu. Situasi terkait airbag ini memang berdampak terhadap jutaan unit mobil di seluruh dunia.

Untuk Chevrolet sendiri di Indonesia, kampanye recall penggantian airbag ini sudah digelar sejak tahun lalu. Dari sekitar 8.000 unit kendaraan yang diidentifikasi masuk dalam daftar recall, sejauh ini sudah 30% dari jumlah tersebut telah mendapatkan penggantian komponen airbag baru yang telah didesain ulang. Jadi, keselamatan pengendara dan konsumen bisa lebih terjamin. Proses penggantian sendiri memakan waktu sekitar 1 jam, tanpa biaya sepeserpun.

Airbag

Proses perbaikan dan penggantian komponen airbag di bengkel resmi digelar untuk setiap model yang terdampak dari batch produksi tertentu. Berikut daftar model kendaraan Chevrolet yang masuk dalam safety recall ini:
Chevrolet Orlando (produksi tahun 2012 – 2017)
Chevrolet Aveo (produksi tahun 2012 – 2014)
Chevrolet Cruze (produksi tahun 2010 – 2013)
Chevrolet Trax (produksi tahun 2016 – 2018)

Jika kendaraan Chevrolet milik Anda termasuk dalam program recall ini, bisa mendapatkan informasi lebih lanjut  dengan mengakses website www.chevrolet.co.id, website recall General Motors www.my.gm.com/recalls, atau langsung hubungi Chevrolet Service Center di 08111024389 dan 08111824389.
WAHYU HARIANTONO

Artikel yang direkomendasikan untuk anda