Begini Fasilitas Dealer 4S Resmi GWM di Cina, Bakal Diadopsi di Indonesia

Fasilitas dealer resmi GWM di Baoding menyajikan nuansa dan fasilitas premium.

  • 2024/03/Dealer-GWM-Baoding-2.jpg
  • 2024/03/Dealer-GWM-Baoding-4.jpg
  • 2024/03/Dealer-GWM-Baoding-3.jpg
  • 2024/03/Dealer-GWM-Baoding-5.jpg
  • 2024/03/Dealer-GWM-Baoding-6.jpg
  • 2024/03/Dealer-GWM-Baoding-1.jpg

BAODING, Carvaganza - Great Wall Motor (GWM) baru-baru ini meluncurkan dua produk pertamanya untuk pasar Indonesia, namun belum meresmikan dealer. Seperti apa kualitas dealer yang akan dihadirkan GWM tentu membuat penasaran, mengingat produknya cukup potensial. Kami lantas diajak oleh GWM Indonesia untuk melihat langsung fasilitas bersangkutan di Cina.

Yaitu dengan mengunjungi salah satu dealer resmi GWM yang ada di Baoding, kota kelahiran seluruh produk GWM di Cina. Dealer yang ada di pusat keramaian kota ini punya fasilitas sales, service, systems, dan spare parts. Ya, 4S, bukannya cuma 3S seperti kebanyakan pabrikan saat ini.

Kunjungan di Kamis (7/3/2024) sore itu, kami disambut oleh desain bangunan dan interior yang mewah. Pantas saja, karena dealer ini menjajakan lini model dari Tank dan Wey. Itu adalah dua merek yang fokus di segmen premium dari GWM. Lingkungan sekitarnya pun cukup representatif, dikelilingi pusat perbelanjaan dan deretan dealer mobil merek lain kelas menengah ke atas.

Dealer GWM Baoding

Begitu sampai, tampak area parkir yang luas dengan kapasitas lebih dari 10 mobil di depan showroom. Kami juga mendapati beberapa unit charging station di area parkir. Ini untuk mengakomodasi kebutuhan pengisian ulang baterai model Tank dan Wey yang punya opsi PHEV (plug-in hybrid). Ada juga dua unit Ora yang notabene mobil listrik murni terparkir di dekat pagar masuk.

Baca Juga: Main ke Haval Technology Center di Baoding, Kenalan Langsung Dengan 5 Merek GWM

Masuk ke dalam showroom, langsung terasa aura mewah dari dealer Tank dan Wey ini. Sangat luas karena di dalam terpajang delapan unit display dari kedua jenama. Dua model utama Wey disajikan bersisian, yaitu SUV Bernama Blue Mountain dan MPV mewah Gaoshan. FYI, keduanya sama-sama masuk ke segmen premium dan mengusung powertrain PHEV.

Lini dari Tank justru mendominasi area showroom. Tank 500 yang sudah rilis di Indonesia dipajang, bersama model populer Tank lainnya yaitu 300. Gaya maskulin sangat kuat ditunjukkan oleh portofolio Tank, yang tonjolkan sistem 4x4. Yang tidak kalah menarik, adalah dipajangnya model Tank 400 dan 700.

Dealer GWM Baoding

Dengan desain yang macho dan agresif, Tank 400 dipajang tepat sejajar dengan pintu masuk showroom. Proporsinya sangat menarik untuk menjadi rival baru bagi Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport yang dominan di segmen SUV ladder frame. Lalu Tank 700, model yang lebih tinggi dan mewah lagi kelasnya. Kelengkapan fitur dan performa mesinnya cukup layak menjadi pesaing Mercedes-Benz G-Class. Itu menurut pihak GWM sendiri.

Untuk kustomisasi, ada sudut khusus yang pamerkan unit Tank 300. Dua versi 300 ditunjukkan dengan masing-masing bergaya retro dan camper. Bahkan kalau tertarik untuk langsung membeli mobil dengan ubahan gaya, di bagian dalam ada etalase aksesoris resmi. Baik itu untuk kebutuhan dress up maupun perangkat pendukung off-road.

Lounge dan ruang tunggu terlihat cukup nyaman untuk menunggu dilayani oleh petugas dealer. Sayangnya kami tidak sempat melihat bagian bengkel karena selain terbatasnya waktu, juga terlalu terkesima saat mengeksplor line up unit yang ada di showroom.

Dealer GWM Baoding

Fasilitas yang ada di Boding ini akan menjadi standar yang kurang lebih diadopsi ke dealer resmi GWM di Indonesia nantinya. Jadi bagi konsumen yang sudah SPK Haval H6 atau Tank 500 beberapa waktu lalu, tidak perlu khawatir soal ketersediaan dealer dan bengkel resmi. Pergerakan GWM akan lebih masif di Indonesia pada semester kedua nanti.
(WAHYU HARIANTONO)
Laporan dari Baoding, Cina

Baca Juga: Kia Sonet Rilis Night Edition, Eksklusif Tampilkan Karakter Agresif

Featured Articles

Read All

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil GWM Pilihan

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza