Lihat Langsung Markas BAIC di Beijing, Ini Bocoran Model Barunya

Punya line up yang dominan model SUV dan sudah punya sub-brand khusus mobil listrik.

  • 2024/05/Visit-BAIC-Beijing-3.jpg
  • 2024/05/Visit-BAIC-Beijing-4.jpg
  • 2024/05/Visit-BAIC-Beijing-2.jpg
  • 2024/05/Visit-BAIC-Beijing-1.jpg

BEIJING, Carvaganza – Produsen otomotif asal Tiongkok, BAIC Group resmi memasarkan produknya di Tanah Air. Berada di bawah bendera PT JIO Distribusi Indonesia terdapat dua model SUV yang rencananya akan dipasarkan yakni BAIC BJ40 Plus dan X55-II. Selain fokus pada dua kendaraan tersebut, JDI juga berencana untuk memboyong beberapa model terbaru ke Indonesia dalam waktu dekat. Bahkan kami berkesempatan untuk melihat langsung jajaran kendaraan BAIC Group di kantor pusatnya di Beijing, Cina.

Pada kesempatan tersebut, kami melihat tiga model yang berpotensi dipasarkan di Indonesia dalam waktu dekat yakni BAIC BJ60, BJ30 dan BJ40 City Hunter Edition. Namun demikian, JDI memastikan bahwa BJ30 adalah salah satu model yang paling potensial untuk didatangan di tahun depan dan mengisi segmen elektrifikasi. Ia juga menyatakan bahwa BJ30 bisa menjadi salah satu volume maker penjualan BAIC di Indonesia setelah BJ40 Heritage yang mengisi segmen SUV.

“BJ30 adalah salah satu model yang akan kami boyong dalam waktu dekat dan mengisi segmen kendaraan elektrifikasi. Kendaraan ini memiliki teknologi magic hybrid yang dapat berjalan sejauh 1.000km dengan sekali pengisian bensin full tank. Selain itu, kami juga berencana untuk membawa BJ60 yang akan menjadi brand shapper di Tanah Air,” kata Dhani Yahya, Chief Operating Officer PT JDI.

BAIC Models

Sementara untuk model BJ40 City Hunter, belum diketahui apakah akan dipasarkan di Indonesia dalam waktu dekat. Pasalnya model tersebut merupakan keluarga yang sama dengan BJ40 Heritage yang diperkenalkan beberapa waktu lalu oleh JDI, namun di pasar Negeri Tirai Bambu keduanya dijual bersamaan dengan volume penjualan yang seimbang 50:50.

Baca Juga: Indonesia Masih Raja Otomotif ASEAN, Disusul Malaysia

“Kami belum berencana untuk memasarkan BJ40 City Hunter ke Indonesia meskipun di Tiongkok karena secara positioning BJ40 City Hunter ini lebih modern dan ditenagai oleh teknologi hybrid,” jelas Dhani Yahya.

Sementara BAIC Group sendiri merupakan pemain kawakan di industri otomotif Tiongkok bahkan dunia. Jenama BAIC sendiri merupakan singkatan dari Beijing Automotive Group Co., Ltd dan telah eksis sejak 1958. Kami melihat dari dekat sejarah serta model kendaraan yang pernah diproduksi di era 1950-an dan menjadi tonggak perkembangan brand BAIC hingga saat ini. Bahkan BAIC Group membawahi beberapa brand lainnya untuk pasar Tiongkok seperti FOTON, Arcfox, Mercedes-Benz dan Beijing Hyundai.

Visit BAIC Beijing

Histori singkat soal BAIC Group, pada awalnya ditujukan untuk menangani kendaraan perang milik negara. Beberapa tahun setelahnya BAIC memulai produksi secara mandiri kendaraan pertamanya yang disebut Jinggangshan. Kendaraan pertama BAIC Group merupakan sedan saloon dua pintu yang ditenagai oleh mesin 4-silinder berkapasitas 1.2 liter.

Pada masanya, kendaraan tersebut mendapat respon positif dari raykat Tiongkok. Bahkan Mao Zedong, Presiden Tiongkok saat itu mendukung lahirnya Jinggangshan dan mengunjungi proses perakitan demi memastikan kendaraan tersebut lahir sempurna.

BAIC Group saat ini masuk dalam lima pabrikan mobil terbesar di Cina dan telah merambah hingga 110 negara dengan penjualan lebih dari 34 juta unit. Selain memasarkan model kendaraan bermesin pembakaran internal, BAIC Group juga tengah fokus pada pengembangan mobil listrik untuk konsumen di Indonesia. Bahkan JDI memproyeksikan sejumlah kendaraan BAIC yang dipasarkan akan dirakit secara lokal di Tanah Air dalam beberapa tahun ke depan.
(MUNAWAR CHALIL / ALVANDO / WH)
Laporan dari Beijing

Baca Juga: Honda: Hybrid Paling Cocok Untuk Pasar Indonesia, Tapi Perlu Edukasi Masyarakat Lebih Luas

Featured Articles

Read All

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil BAIC Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza