Audi R8 LMS GT2 Versi Warna-Warni Ini Lebih Eksklusif, Kok Bisa?

NECKARSULM, Carvagamza – Divisi balap atau motorsport adalah salah satu cara pabrikan dalam memanjakan keinginan dan hobi para konsumen yang gemar kecepatan. Seperti Audi yang menggelar program Audi R8 LMS GT, baik untuk one make race maupun kejuaraan internasional. Sampai-sampai Audi membuat mobil balap edisi sangat terbatas untuk para konsumennya yang beruntung.

Audi baru saja meluncurkan mobil balap terbatas, yaitu R8 LMS GT2, yang hadir dengan pilihan warna eksklusif. Mobil yang disebut sebagai Audi R8 LMS GT2 ‘Color Edition’ ini punya enam pilihan warna khusus, yang masing-masing hanya tersedia satu unit. Karena sudah langkannya balapan kategori GT2 saat ini, maka R8 LMS edisi ini akan lebih banyak digunakan untuk hobi track day.

Enam pilihan warna yang Audi sediakan untuk R8 LMS GT2 limited ini yaitu Kyalami Green, Misano Red, Nogaro Blue, Sebring Black, Tactical Green dan Vegas Yellow. Untuk setiap unitnya, Audi membanderol € 349.000 alias setara dengan Rp 6,073 miliaran. Dari sisi harga mungkin tidak begitu fantastis, namun jumlahnya yang hanya satu unit untuk masing-masing dari enam warna akan menjadi koleksi yang sangat istimewa.

Audi R8 LMS GT2

“Untuk pertama kalinya selama 13 tahun sejarah balapan konsumen Audi Sport kami menawarkan konsep warna yang menari bagi konsumen kami. Dengan satu model per warna, Color Edition kami menjamin individualitas murni dan tidak akan dibuat kedua kalinya seperti ini,” jelas Chris Renke, Head of Audi Sport customer racing.

“Ini unik kalau dibandingkan dengan kompetitor kami dan menarik perhatian – apakah itu sebagai barang koleksi atau sebagai sebuah mobil balap di track day dan kompetisi.”

Masing-masing unit R8 LMS GT2 Color Edition ini akan diproduksi dari fasiltias Audi di Neckarsulm, satu lini bersama model R8 LMS GT2 standar. Begitu juga dengan Audi R8 versi jalan raya. Dibandingkan mobil balap yang umum dipakai di ajang balap GT, R8 LMS GT2 adalah versi satu tingkat lebih kencang daripada R8 LMS GT3.

Audi R8 LMS GT2

Perbedaan utama versi GT2 dari GT3 adalah paket aerodinamika yang lebih agresif dan ekstrem. Salahs atu fitur utama dari aerodinamika yang lebih tinggi adalah hadirnya air scoop di bagian atap, untuk pasok udara lebih banyak ke mesin. Body lebih lebar, diikuti dengan desain sayap belakang yang mengadopsi tiang swan neck terbalik.

Di belakang kokpitnya tertanam mesin V10 5,2 liter naturally aspirated (NA), yang menghasilkan tenaga 630 hp dan torsi 550 Nm. Mengandalkan sistem knalpot bespoke, R8 LMS GT2 menjadi mobil customer racing dengan output mesin paling ganas. Mobil balap berpenggerak roda belakang ini juga memiliki bobot kosong 1.350 kilogram. Yang jelas, spesifikasi mobil ini hanya legal untuk dikendarai di dalam trek.
WAHYU HARIANTONO

Sumber: Audi

Artikel yang direkomendasikan untuk anda