Audi Hadirkan Drift Mode Untuk Tawarkan Kesenangan Mengemudi Hakiki

INGOLSTADT, Carvaganza – Audi populer dengan sistem penggerak empat rodanya yang dikenal dengan nama Quattro. Sebagai pionir kendaraan all-wheel drive di kejuaraan rally, mobil-mobil Quattro Audi sulit ditaklukan oleh pesaingnya ketika itu.

Pada akhirnya, semua mobil rally beralih mengadopsi sistem penggerak all-wheel drive. Ketenaran Audi di kejuaraan Rally pun tersaingi. Sistem penggerak empat roda ‘Quattro’ ini kemudian dibawa dan diterapkan pada mobil produksi masalnya untuk pemakaian di jalan raya. Hasilnya, mobil-mobil berperforma tinggi dengan kemampuan bermanuver yang tiada duanya seperti Audi TT dan R8.

Sistem penggerak Quattro memang menuai banyak pujian terutama lantaran dapat meningkatkan faktor keselamatan di kondisi jalanan yang licin atau basah. Tetapi bukan berarti mobil-mobil Audi berpenggerak Quattro sempurna. Mereka dikritik lantaran mobil-mobil dengan penggerak empat roda kurang menyenangkan dikemudikan bagi mereka yang suka mengemudi.

Drift Mode

Audi RS3

Mobil dengan sistem penggerak empat roda menghasilkan traksi merata di setiap roda. Roda juga jadi minim selip dan mobil jadi lebih mudah dikemudikan arahnya di berbagai kondisi jalan maupun cuaca.

Tetapi sebagian besar penggemar mobil berperforma tinggi, lebih suka dengan mobil yang memakai sistem penggerak roda belakang (RWD). Alasannya karena mobil jenis ini bisa melampiaskan seluruh tenaganya ke roda belakan dan membuat ekornya menari-nari di atas aspal. Contohnya, BMW M5 yang sangat asyik dikemudikan.

Hebatnya, Audi merespons kegelisahan para kritikus dengan cara yang pintar. Alih-alih menyingkirkan sistem penggerak Quattro, mereka mengembangkan sistem penggerak ini dengan fitur baru yang memungkinkan mobil AWD (All-wheel drive) Audi melaju dalam mode RWD.

Audi RS3

Contoh terbarynya, Audi RS3 versi 2021 yang dijual dengan harga US$ 68.400 (sekitar Rp 1 miliar) ini. Audi memerkan RS Torque Rear sebagai fitur unggulan di mobil ini. Produsen mobil mewah asal Jerman ini memasang Torque Splitter yang secara pintar dapat meyalurkan 100 persen tenaga dari mesin ke masing-masing roda secara independen.

Mekanismenya sangat cerdas. Karena biasanya Torque Splitter hanya bisa diatur secara manual untuk mengirim output dari mesin untuk menggerakkan kedua roda belakang (RWD) atau kedua roda depan (FWD) saja. Ini kita bisa mengatur untuk menggelontorkan 100 tenaga mesin ke satu roda yang kita pilih. Luar biasa!

Audi RS3

Secara teori, kalau mode drift diaktifkan, Audi RS3 akan mengirim semua tenaga mesin ke kedua roda belakang menjadikan mobil dengan sistem penggerak empat roda ini bisa dikemudikan secara RWD. Kalau mode drift dinonaktifkan, Audi RS3 akan berperilaku bak mobil Quattro Audi lainnya yang sangat stabil dengan tingkat kelincahan terbaik.

Uniknya, sistem in diterapkan pertama kali pada hatchback ringkas berperform tinggi bukan mobil sport dua pintu bermesin buas. Tujuannya jelas, Audi ingin mobil yang segmennya ditujukan untuk anak muda penggemar drifting ini punya personality berbeda dibanding kompetitor di kelasnya seperti Mercedes-AMG A45.

Audi RS3

Audi RS3

Memang Audi RS3 bukan mobil sport 2-pintu dengan mesin beringas. Tetapi generasi ketiga Audi RS3 tetap menawarkan performa tinggi. Ia dibekali mesin 4-silinder 2,5 liter yang menghasilkan 395 hp tenaga. Akselerasi 0-100 km/jam dapat dituntaskan dalam 3,8 detik saja!

Supaya menunjang performanya, tampilan luarnya pun dipahat secara agresif. Grille baru yang telah direvisi membedakan dirinya dengan Audi A3 yang menjadi basis pengembangannya. Audi A3 saja sudah tampil sporty, jelas versi yag lebih berperforma ini juga tak luput dari sentuhan estetika. Hebatnya lagi, Audi RS3 juga hadir dalam versi sedan.

Bukan hanya hebat dari segi performa dan tampilan luarnya saja, Audi juga memberikan teknologi terpadu di dalam kabinnya. Misalnya, Virtual Cockpit yang telah direvisi dengan tambahan digital tachometer yang hilang di versi sebelumnya. Sedangkan material kulit berkualitas tinggi membalut jok dan interiornya dengan mewah.
RIZKI SATRIA

Artikel yang direkomendasikan untuk anda