7 Mobil Ini Dibuat Terlalu Canggih Pada Masanya

Mazda MX-5

JAKARTA, Carvaganza – Ada banyak alasan mengapa seseorang rela merogoh uang lebih untuk membeli kendaraan yang diinginkannya. Salah satunya adalah rancang bangun kendaraan yang pas dan dapat memenuhi kebutuhan pembelinya, mulai dari desain, kemampuan hingga pada kelengkapan fitur di dalamnya. Tapi biasanya dalam memproduksi kendaraan terbaik terdapat beberapa kendala mulai dari biaya produksi, kebutuhan konsumen hingga pada harga yang harus dipatok agar tetap terjangkau bagi pembelinya. 

Namun di samping itu, setiap pabrikan selalu mempunyai keinginan yang tinggi dalam menghadirkan mobil terbaiknya yang tidak terbentur dengan faktor apapun. Tujuannya jelas, agar konsumen dapat merasakan seluruh kemampuan hingga pada kenyamanan dalam satu paket kendaraaan. Berikut ini kami hadirkan tujuh kendaraan yang memiliki rancang bangun lebih dari kendaraan pada umumnya. Mereka menawarkan sebuah kendaraan yang nyaris sempurna dengan tujuan memuaskan hasrat penggunanya saat berada di dalamnya. 

Mitsubishi 3000 GT

1. Mitsubishi GTO / 3000GT

Anda tentu masih ingat dengan Mitsubishi GTO / 3000GT yang dilansir pada 1990 silam. Ini mungkin adalah kendaraan Jepang pertama yang menawarkan fitur-fitur serba elektrik di masa itu, di mana beberapa kendaraan masih menggunakan tuas engkol untuk membuka jendelanya. 

Yang ditawarkan Mitsubishi 3000GT bukan hanya pengaturan jendela yang elektrik, hampir seluruh panel kendaraan dioperasikan dengan melalui tombol elektrik mulai dari sunroof hingga pada membuka atap konvertibelnya juga dilakukan dengan mudah. 

Selain itu seluruh pengaturan di bagian eksterior pun dioperasikan melalui tombol, mulai dari konfigurasi lampu utama, spoiler belakang, hingga pada kit aerodinamika di bawah bumper depan, sistem suspensi atau mungkin aero kit yang terletak di bawah bumper depan.

Ditambah lagi kendaraan ini juga dilengkapi dengan pengaturan Rear-Axle Steering untuk meningkatkan kestabilan saat memacunya di kecepatan tinggi. Fitur ini sudah tersedia di Mitsubishi 3000GT saat mobil sport di masanya belum menggunakan peranti tersebut, mungkin sampai sekarang. 

Beralih ke jantung pacu di balik kap mesinnya, Mitsubishi GTO atau 3000GT ini memiliki paket mesin yang sangat bertenaga. Bersumber dari mesin V6 3.0 liter Turbo yang menghasilkan tenaga maksimal 320 hp dan torsi puncak mencapai 427 Nm. Tenaga dan torsi tersebut dialirkan ke semua roda melalui transmisi manual 6-percepatan, artinya ini adalah sportscar all-wheel drive yang canggih dan lengkap di masanya. 

G-Class

2. Mercedes-Benz G-Class

Siapa yang tak kenal G-Class? Mobil dengan rancang bangun yang paling tangguh di antara kendaraan sekelasnya. Salah satu alasannya mungkin G-Class dibangun sebagai kendaraan tentara yang mampu meladeni berbagai kondisi jalan dan cuaca. Oleh karenanya kendaraan ini memiliki kemampuan yang tidak dimiliki oleh kendaraan SUV lain seperti tiga sistem diferensiasi, struktur sasis yang kuat dan bisa diaplikasikan dengan berbagai jenis bentuk kabin. 

Saat menjadi kendaraan tentara ia bisa digunakan untuk mengangkut penumpang dan juga dapat menggendong senjata serbu otomatis di atasnya. Di samping itu kendaraan ini tetap dilengkapi dengan fitur kenyamanan yang tak kalah lengkap dengan kendaraan premium lainnya. Sejak diproduksi pada 1979 G Wagen dikenal sebagai kendaraan yang tidak hanya tangguh tetapi juga memiliki nilai kemewahan di dalamnya, khususnya untuk konsumen yang menggunakannya sebagai kendaraan harian. 

Kelebihan yang dilirik oleh konsumen kebanyakan adalah soal kemampuannya melahap segala kondisi jalan. G-Class mampu melalui genangan air setinggi 60 cm dan dapat menanjaki jalanan dengan sudut kemiringan 45 derajat. Selain itu dukungan struktur kendaraan dan fitur offroad di dalamnya juga memungkinkan kendaraan ini melaju lurus di atas medan yang memiliki kemiringan hingga 55 derajat. Jika permukaan bannya diganti ke yang lebih berserat, Mercedes-Benz G-Class ini juga dapat dibawa untuk menyusuri ke pegunungan Himalaya hingga ke puncaknya. 

Mazda MX-5

3. Mazda MX-5 Miata

Satu-satunya alasan mengapa kendaraan ini begitu diminati oleh konsumen adalah kenikmatan berkendara yang nyaris sempurna. Alasannya terdapat pada bobot kendaraan yang cukup ringan tanpa mengurangi kelengkapan di dalam kabin bahkan pada hal-hal kecilnya. Pabrikan mengubahnya dengan mengganti bahan material yang terdapat di dalamnya mulai dari yang paling besar hingga pada printilan seperti baut dan mur. 

Pada bagian dalam Mazda menggunakan material plastik untuk bagian yang mungkin tidak terlalu penting seperti spion dalam dan tuas transmisi otomatisnya. Kemudian MX-5 juga menggunakan material aluminium di hampir seluruh bagiannya mulai dari mesin, suspensi hingga pada struktur bodi dengan atap konvertibel. 

Dengan racikan tersebut Mazda MX-5 memiliki distribusi bobot yang sangat seimbang yakni 50:50. Ini lah yang membuatnya masuk ke dalam jajaran kendaraan dengan rancang bangun yang luar biasa. 

Mercedes 600

4. Mercedes-Benz 600 Grosser

Untuk menggambarkan bagaimana kendaraan ini bisa dianggap layak menjadi mobil dengan rancang bangun yang luar biasa karena ini adalah Titanic. Memiliki dimensi yang sangat besar dengan desain premium dan sajian kemewahan yang terdapat di dalamnya yang tentu saja membuatnya dibanderol dengan harga yang sangat mahal. Bahkan ia termasuk ke dalam jajaran kendaraan baru yang paling mahal mengalahkan Ferrari, Aston Martin sampai Rolls-Royce Ghost. 

Ini merupakan kendaraan paling mewah dan tercanggih yang pernah diproduksi oleh Mercedes-Benz pada era 1960-an. Selain Anda akan menemukan material berkelas yang membalut seluruh ruang kabin Anda juga akan disajikan dengan fitur canggih seperti TV, pesawat telfon, hingga terdapat lemari es di konsol tengahnya.

Bahkan seluruh peranti pendukungnya sudah menggunakan sistem hidrolik sehingga tidak membutuhkan tenaga saat mengoperasikannya. Mulai dari mengatur posisi jok, membuka-tutup jendela hingga membuka pintu bagasi belakang yang mirip dengan mobil jaman sekarang. Salah satu faktor pendukung kenyamanannya juga terdapat pada sistem suspensi yang dapat diatur menggunakan tombol di dalam kabin. 

VW XL1

5. Volkswagen XL1

Yang harus Anda tahu tentang Volkswagen XL1 adalah ini mobil paling irit di dunia. Dengan modal satu liter bensin VW XL1 mampu menjelajah hingga 100 km. Untuk mencapai kemampuan tersebut para insinyur VW membuat perhitungan yang sangat matang untuk setiap bagian pada XL1. Desainnya sangat kental dengan aerodinamika, lekuk garisnya dibuat demi menghasilkan aliran udara yang maksimal sehingga mengurangi hambatan saat kendaraan melaju. 

Bahkan desain eksteriornya begitu nyentrik dengan ban belakang yang tertutup cover, kamera belakang dan wiper yang tersembunyi menjadikan alasan untuk membuatnya aerodinamis saat berada di jalan raya. Selain itu meski bukan sebuah supercar namun VW XL1 membuat kendaraan ini mirip dengan supercar di antaranya adalah menggunakan konfigurasi mesin tengah dan material serat karbon untuk struktur bodi monokoknya. 

Di tambah lagi keempat ban yang menggunakan material magnesium dan rem dengan bahan keramik demi menghasilkan bobot yang ringan. Secara keseluruhan VW XL1 hanya menggunakan 23% material baja di dalamnya yang menghasilkan bobotnya bisa lebih ringan dari Lamborghini Gallardo, yang merupakan supercar sesungguhnya. 

Sangking sempurnanya kendaraan ini VW membanderolnya dengan harga yang sangat mahal yakni US$ 135.000 dan diproduksi dengan unit terbatas. 

Lexus LS400

6. Lexus LS400

Kehadiran Lexus LS400 di era 1980-an cukup menggemparkan industri otomotif global khususnya produsen asal Jerman yang terbiasa menghadirkan mobil mewah. Toyota melakukan lompatan yang cukup besar saat menghadirkan kendaraan ini dengan menyatukan semua elemen yang dibutuhkan konsumen. 

Lexus LS400 merupakan kendaraan yang sangat bertenaga dengan bekal mesin V8 4.0 liter yang juga memiliki konsumsi bahan bakar yang sangat efisien. Mesinnya mampu menghasilkan tenaga hingga 250 hp dan tanpa suara raungan yang berarti meski dipacu hingga ke kecepatan maksimal. 

Proses pengembangan Lexus LS400 ini melibatkan lebih dari 4.000 orang dengan biaya yang mencapai US$ 1 Miliar. Belum lagi untuk menghasilkan kendaraan yang nyaman, bertenaga, irit dan sarat akan kemewahan Toyota melakukan pengujian panjang. Terdapat 450 prototipe kendaraan yang diuji untuk melewati 250 juta mil jarak pengujian. 

Selain itu, Lexus LS400 merupakan sebuah kendaraan bespoke yang tidak melakukan sharing platform dan part dengan kendaraan Toyota manapun. Bahkan saat diproduksi penjualannya sangat bagus di negara-negara non-Jepang seperti Amerika dan Eropa. Chief Engineer Lexus LS400 membongkar rahasianya saat mendesainnya yakni “Saya tidak melakukan kompromi apapun untuk mobil ini karena kalau aku melakukannya, LS400 akan menjadi sedan biasa tanpa nilai lebih.”

6Bugatti Veyron 16.4 2007

7. Bugatti Veyron

Ada beberapa fakta yang harus Anda ketahui tentang Bugatti Veyron mengapa masuk ke dalam jajaran kendaraan dengan rancang bangun yang luar biasa. Pertama Bugatti menggunakan komponen yang didesain untuk sebuah pesawat dan bukan untuk mobil atau supercar. Karena tidak ada kendaraan di jalan raya yang memiliki tenaga dan kemampuan seperti Bugatti Veyron. Tenaga maksimalnya mencapai 1.000 hp dan mampu dipacu hingga pada kecepatan 400 km/jam.

Kedua, Bugatti Veyron juga dirancang dengan ketahanan dengan segala kondisi cuaca dan jalan. Paling tidak Veyron dapat dikendarai melalui jalur gurun dan daerah kutub dalam waktu bersamaan. Selain itu Bugatti Veyron juga menawarkan sebuah supercar yang dapat dikendarai dengan santai seperti kendaraan biasa dan dibalut dengan tampilan yang mewah.

Terakhir, Bugatti Veyron membutuhkan biaya produksi sekitar US$ 5 Juta dan menjual kendaraannya dengan banderol US$ 1 Juta. Bisa dibayangkan apa yang ditawarkan Bugatti Veyron lebih dari sebuah mobil, bahkan lebih dari supercar.
ALVANDO NOYA / WH

Baca Juga: Mengenal Arti Dari Nama Mobil Populer di Indonesia, No.5 Pasti Banyak yang Salah Tebak

Sumber: TopCars TV

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Mazda Pilihan

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Review
  • Artikel Feature