10 Mobil di Video Game yang Diharapkan Terwujud Menjadi Kenyataan

JAKARTA, Carvaganza – Penggemar video game pasti sering menemukan mobil-mobil virtual berwujud keren. Tak sedikit pula yang berharap bagaimana seandainya kalau mobil-mobil itu diwujudkan ke dunia nyata.

Begini, banyak produsen video game yang memilih untuk membuat mobil virtual sendiri ketimbang mengambil mobil betulan yang dijual di pasaran. Alasannya sederhana, karena membayar lisensi kepada produsen mobil aslinya tidak murah. Terlebih lagi, mereka bisa memberikan ruang kreatif kepada desainer mereka untuk mendesain mobil virtual yang sesuai dengan kebutuhan video game.

Video game seperti GTA (Grand Theft Auto) dan Cyberpunk 2077 misalnya. Keduanya menawarkan ragam produk dan jenis kendaraan virtual untuk dibeli para pemain game. Tak sedikit mobil-mobil tersebut justru punya tampilan dan desain yang tak kalah menarik dibanding mobil-mobil di dunia nyata.

Tapi tak sedikit juga perusahaan video game, terutama produsen video game simulasi balap yang memilih untuk membayar lisensi demi mendapatkan hak penggunaan desain dari mobil-mobil milik brand otomotif terkemuka. Tujuannya apalagi kalau bukan untuk mendekatkan para pemain dengan kondisi nyata di dunia sebenarnya. Mereka akan diberikan kesempatan mengemudikan supercar mewah nan kencang di sirkuit internasional secara virtual.

Menariknya, sejumlah video game bahkan meminta beberapa produsen mobil untuk membuat mobil virtual yang khusus didesain untuk video game seperti Gran Turismo. Nah, sekarang yuk kita simak beberapa mobil virtual yang keren-keren menurut kami dan diharapkan dapat terwujud ke dalam versi produksinya di dunia nyata.

Quartz Regalia

Quartz Regalia – Final Fantasy XV

Mobil yang satu ini sangat unik karena tak hanya tampil di satu video game saja. Quartz Regalia pertama kali didciptakan untuk Final Fantasy XV. Tapi mobil ini juga tiba-tiba ada di video game Forza Horizon 3 dan Forza Horizon 4 sebagai mobil hadiah.

Mobil mewah berdimensi besar ini desainnya terinspirasi dari desain Cadillac Ciel dan Maybach Exelero. Di video game Forza mobil ini tercatat menggunakan mesin 7,2 liter V12 yang menghasilkan tenaga 433 hp. Kalau diwujudkan menjadi kenyataan, performa dan ketampanan Quartz Regalia seharusnya mampu berdiri sama tinggi dengan mobil-mobil mewah seperti Rolls-Royce.

Annis S80RR

Annis S80R – GTA Online

Inilah salah satu video game tersukses sepanjang masa. Menariknya, GTA sukses menggunakan mobil virtual orisilnal hasil rancangan sendiri. Walau tak menggunakan mobil-mobil yang ada di dunia nyata, namun GTA tak pernah kehabisan ide dan terus menambahkan lini produk kendaraan virtualnya secara rutin ke dalam permainan. Salah satu mobil yang paling digemari adalah Annis  S80RR.

Tak perlu mencari alasan kuat mengapa para gamer yang tergabung dalam komunitas GTABase di seluruh dunia menempatkan mobil ini di rangking teratas. Dijual dengan harga US$ 2.575.000 di game, Annis S80RR yang desainnya terinspirasi dari Nissan R90C dan Jaguar XJR-9 ini menjanjikan performa yang sangat kencang. Selain itu tampilannya juga sangat mendekati mobil balap ketahanan sungguhan. Sayang mobil ini hanya bisa dikemudikan secara virtual.

VW GTI Roadster VGT

VW GTI Roadster Vision GT – Gran Turismo 6

Inilah karya fiksi terbaik yang bisa ditampilkan oleh Volkswagen di dalam video game. VW Roadster Vision GT mungkin adalah representasi dari VW Golf versi balap yang tak beratap. Mobil ini adalah jawaban dari ide gila para desainer VW untuk menciptakan mobil berperforma tinggi tanpa batasan regulasi yang harus mereka patuhi di dunia nyata.

Dibekali mesin 3,0 liter V6 twin-turbo, mobil ini bisa dibesut hingga kecepatan maksimal 310 km/jam di Gran Turismo. Usai memulihkan diri dari skandal dieselgate beberapa waktu lalu, VW di dunia nyata pun sedang bangkit dengan mengembalikan citranya sebagai produsen kendaraan berperforma tinggi dengan mulai kembali aktif melebarkan sayap di banyak gelaran motorsport internasional.

Carsen Extreme Hot Rod

Carsen Extreme Hot Rod – Burnout Paradise

Burnout Paradise adalah game balapan klasik yang dibuat ulang untuk gamers generasi sekarang. Menurut komunitas penggemar game ini, Carsen Extreme terpilih sebagai mobil tercepat di game ini. Bukan hanya kencang, mobil ini punya tampilan yang sangat gila. Desain hot rod yang biasa ditemui custom shop di Amerika Serikat sering membuat mobil-mobil modifikasi seperti ini.

Memang hampir tak mungkin mewujudkan mobil ini ke dunia nyata. Karena di dalam video game, mobil ini punya sistem nitro boost yang tak habis-habis. Di dunia nyata tak mungkin mewujudkan sistem seperti itu. Jelasnya, Carsen Extreme Hot Rod adalah kreasi terbaik dari Burnout Paradise.

Quadra Turbo R

Quadra Turbo R – Cyberpunk 2077

Inilah mobil pertama yang tampil di video game Cyberpunk 2077. Quadra Turbo R dengan sempurna mengemas tema retro-futuristis dari keseluruhan game. Bodi bergaya supercar era 1980-an tampil retro dengan lampu belakang klasik.

Satu-satunya yang yang tak retro dari mobil ini adalah performanya. Ia sanggup digeber dengan kecepatan maksimal 278 km/jam. Di dunia nyata performanya ini sangat mungkin untuk diwujudkan ke dala versi produksinya. Saat ini mobil dengan mesin yang bertenaga 480 hp dengan mudah dapat mencapai kecepatan maksimal tersebut.

Overflod Entity XXR

Overflod Entity XXR – GTA Online

Satu lagi daya tarik game GTA Online, Overflod Entity XXR. Kalau Anda penggemar supercar, pasti mudah mengenali inspirasi desain mobil ini. Ya, Overflod Entity XXR punya desain yang sangat mirip dengan mobil-mobil buatan Koenigseegg. Untungnya mereka berhasil memberikan pembeda signifikan sehingga tak sama persis dengan mobil-mobil Koenigsegg. Walaupun performanya di video game tak kalah kencang dengan Koenigsegg sungguhan. Menariknya, malah banyak yang berharap kalau Koenigsegg bisa mewujudkan mobil ini menjadi salah satu supercar miliknya di dunia nyata.

BMW Vision GT

BMW Vision GT – Gran Turismo 6

Bukan Cuma VW yang bikin mobil khusus untuk video game. Produsen mobil mewah asal Jerman lainnya, BMW, merancang Vision GT ini untuk Gran Turismo 6. Mobil ini sebetulnya menarik. Karena kalau dilihat-lihat bentuknya sangat mirip dengan BMW M2 yang bisa ditemui di showroom BMW di seluruh dunia. Memang tak sama persis, BMW Vision GT punya sejumlah elemen desain retro yang membedakannya dari M2.

AMG Transport Warthog

AMG Transport Dynamics Warthog – Halo

Kalau mobil ini diwujudkan ke dunia nyata, sudah pasti bukan hanya gamers yang suka. Tapi penggemar mobil berkantong tebal pasti antri untuk memilikinya. Lihat saja desain all-terrain vehicle yang punya konstruksi kokoh dengan ground clearance sangat tinggi ini. Mobil ini pasti dipakai untuk melewati beragam medan dengan mudahnya.

Diciptakan khusus untuk serial video game Halo, inilah salah satu mobil fiksi yang paling populer. Memiliki desain yang ikonik, siapa saja yang mengendarai mobil ini di jalan raya pasti menoleh ke arahnya. Bukan begitu?

Speedbird

Speedbird – Wreckfest

Wreckfest benar-benar game yang bisa melepaskan kepenatan setelah seharian pusing memikirkan pekerjaan. Kenapa, karena pemain bisa seenaknya memporak-porandakan kendaraan mereka dengan menghantamkan kendaraan ke mobil musuh. Makanya biasanya mobil-mobil di video game ini tak didesain dengan bentuk yang menarik dan cantik. Tapi Speedbird adalah pengecualian.

Menjadi mobil termahal di video game ini, desain Speedbird sama seperti mobil virtual lain. Desainnya terinspirasi dari mobil yang bisa ditemukan di dunia nyata. Mobil ini memiliki kesamaan dengan Pontiac Firebird namun juga punya sedikit elemen desain Oldsmobile Toronado. Komniasi yang yang sangat pas hingga melahirkan mobil seharga 25.350 CR di video game.

Dodge Tomahawk VGT

Dodge Tomahawk Vision GT – Gran Turismo 6

Nama Dodge memang kurang populer di Tanah Air. Tapi di Amerika Serikat brand ini dikenal sebagai pembuat muscle car berperforma tinggi. Sebut saja Dodge Viper, Charger, Challenger, hingga Hellcat.

Untuk video game Gran Turismo, Dodge membuat Tomahawk GT. Uniknya mobil ini sangat berbeda dari mobil-mobil yang biasa mereka produksi di dunia nyata. Di video game, Tomahawk dirancang bak mobil balap masa depan dengan desain yang aerodinamis dan tentunya, performa fantastis.
RIZKI SATRIA / WH

Artikel yang direkomendasikan untuk anda